Beranda Tips dan Trik Hape Kamu Mendadak Mati Total Dan Tidak Bisa Dicharge / Dinyalakan Lagi?...

Hape Kamu Mendadak Mati Total Dan Tidak Bisa Dicharge / Dinyalakan Lagi? Coba Tips Ini!

142

Hape Kamu Mendadak Mati Total Dan Tidak Bisa Dicharge / Dinyalakan Lagi? Coba Tips Ini! – Beberapa bulan lalu, saya sempat mengalami sebuah masalah pada tablet Android yang saya gunakan. Saat itu saat sedang asik bermain game, tiba-tiba tablet tersebut mati mendadak karena memang saat itu sudah terlalu lama saya menggunakannya, dan temperaturnya pun cukup panas.

BACA JUGA : Apa Penyebab Hape Cepat Panas?

Setelah saya diamkan beberapa menit agar suhunya turun, saya coba untuk menyalakannya kembali, namun ternyata tidak bisa. Oke, saya berusaha untuk tidak panik, dan saya coba untuk melakukan charging. Dengan asumsi, penyebab dari tidak mau menyala tadi karena kehabisan baterai, meskipun saya yakin betul bahwa sebelum mendadak mati tadi, indikator baterainya belum menunjukkan tanda-tanda low battery.

Saya tunggu sedetik, dua detik, sepuluh, sampai satu menit…. Dan ternyata, baterainya tidak mau mengisi. Tak ada tanda-tanda kehidupan, lampu LED-nya pun tidak menyala. Oke, sekarang saya mulai panik! Jelas panik dong! Pemakaiannya belum sampai seminggu, masa sudah mati begini?

BACA JUGA : Penyebab Baterai Lama Mengisi Sewaktu Di Charge

Tapi untungnya, saya ingat sebuah trik dari teman ketika dulu laptop yang saya gunakan mengalami hal serupa. Kemudian saya coba terapkan pada tablet ini, dan ternyata berhasil! Saya pun kemudian bergegas untuk membuatkan tulisan di blog Techijau.com ini, dengan harapan agar bisa membantu mereka yang juga mengalami hal serupa pada tablet, ataupun smartphone miliknya.

Cara Mengatasi Hp Mati Tidak Bisa Dicas & Dinyalakan

Sebelum melanjutkan, perlu saya sampaikan bahwa tips dan cara yang akan saya bagikan di sini HANYA akan bisa bekerja jika:

  • Hp mati mendadak saat digunakan. Entah untuk bermain game, ataupun aktivitas lainnya
  • Hp mati kehabisan baterai

Dan cara ini TIDAK AKAN BISA berhasil jika ternyata:

  • Hp mati karena kesalahan dalam proses flashing atau modding
  • Hp mati karena kemasukan air
  • Hp mati karena terjatuh

Jika sudah, mari kita mulai langkah-langkahnya!

Hp mati tidak bisa dicas atau dinyalakan

1. Biarkan dan diamkan hape atau tablet milikmu selama beberapa waktu untuk mendinginkan temperaturnya. Sudah? Bagi perangkat yang memiliki baterai removable (bisa dilepas), maka cobalah untuk melepas baterai tersebut selama sekitar 60 detik, kemudian pasang kembali dan coba untuk melakukan charging atau cobalah menyalakan kembali hapemu.

Terkadang, kita akan perlu untuk melakukan charging selama beberapa menit setelah melepas baterai tadi, jika ternyata baterai pada hape tersebut dalam keadaan benar-benar habis. Karena memang, baterai berjenis Li-Po yang terdapat pada perangkat smartphone modern itu tidak boleh dibiarkan sampai benar-benar habis.

2. Pada hape atau tablet yang memiliki non-removable battery (baterai tidak bisa dilepas), maka yang harus kamu lakukan adalah menekan dan tahan tombol power di perangkat yang mati itu selama 60 detik. Tidak boleh kurang ya! Minimal harus 60 detik. Setelah itu, cobalah untuk menyalakannya seperti biasa.

Hape tidak bisa menyala3. Jika tidak mau menyala, terlebih jika ternyata hape tersebut mati karena kehabisan baterai, maka cobalah untuk melakukan charging selama kurang lebih selama 30 menit. Masih belum ada tanda kehidupan / tidak mau dicas? Tekan dan tahan kembali tombol power nya selama 60 detik dalam keadaan hape masih dicharge.

4. Masih tak mau menyala juga? Cabut charger, dan coba tekan dan tahan kembali tombol power seperti sebelumnya, lalu coba untuk melakukan charging kembali selama 30 menit. Lakukan langkah ini terus menerus jika perangkatmu masih tak mau menyala.

5. Masih tidak mau menyala juga? Cobalah untuk mencabut charger, lalu tekan dan tahan tombol power, volume atas dan volume bawah secara bersamaan, selama kurang lebih 60 detik, atau hingga ia memunculkan tanda kehidupan.

6. Masih tidak mau menyala juga? Cobalah untuk mencabut kartu microSD card yang terpasang di hape atau tabletmu, lalu cobalah untuk menyalakannya seperti biasa.

Seharusnya sih sekarang hape atau tablet milikmu sudah bisa beroperasi dengan normal alias menyala kembali. Tapi kalau ternyata masih tidak bisa menyala, dengan berat hati saya sarankan untuk membawa perangkat tersebut ke service center terdekat untuk diperiksa, karena bisa jadi ada kerusakan di sisi hardware.

Oke, sekian dulu tips yang bisa saya berikan kali ini. Ada yang sudah coba dan berhasil? Coba absen dulu di kolom komentar! Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! πŸ™‚

Artikel sebelumnyaLaptop Gaming & Laptop Biasa: Apa Sih Bedanya?
Artikel selanjutnyaKeuntungan RAM Besar Serta Fungsinya Pada Smartphone & Laptop
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

142 KOMENTAR

  1. Sblmnya mau cerita dulu bang…Hp lenovo udah ganti batere selama 2 tahun..Umur hp 4 tahun..2minggu lalu hp mati entah karena batre habis atw gmn..Soalnya pas malem masih nonton video karena ketiduran baru ngehnya pagi dan lgsg cas..Tp ga mau nyala..Cm lampu nya aja merah tanpa ada gambar pengisian batre..Ada getaran pas di tekan tombol power( oh iya 3 tombol itu emang pada rusak )..Smp saat mati hp pun blm sempet di betulin..Dan udah ikutin tips nya yg di atas tetep ga bisa cm getar dan lampu merah aja..Apa karena pengaruh tombol yg rusak dan kurang tekan atw emang batrenya yg bermasalah atw ada hal lain bang?

    • Agak susah kalo tombol-tombol itu sampe rusak, khususnya tombol power. Soalnya kalo rusak kan kita nggak bisa pastikan apakah tombol powernya beneran kena tekan selama 60 detik nonstop atau nggak. Tapi kalopun seandainya bisa “kena tekan” selama 60 detik dan tetep begitu, ada kemungkinan baterai sudah nggak sanggup, atau bisa juga kena komponen lain yang berhubungan dengan power. Buat memastikan, ya terpaksa bawa ke tempat service untuk diperiksa.

  2. Kak hp saya infinix di pake YouTube anak sampe low, saya cas dr magrib sampe pagi , tp pas pagi mau di nyalain ngga bisa. Mati total ngga mau nyala, padahal klo di cas lampu nya nyala putih itu tanda nya batre msh ada. Gmna ya kak ? Help me πŸ™
    Kejadian matot mlm Minggu, sampe skrg Senin 9/1/2023 blm nyala πŸ™

  3. alhamdulillah, kebetulan hp ny sama persis jd lngsung praktek n langsung berhasil,, trmksh banyak ilmunya
    dilangkah ke3 pencet power n volume ats bwh bersamaan semuanya lngsng bangkit tablet saya, alhamdulillah

  4. kak, hp saya jatuh ketinggiannya cukup jauh dari posisi berdiri. sudah saaya coba pakai cara diatas belum bisa hidup. apakah harus dibawa ke konter ya ka? :'((

    • Seperti yang sudah ditulis di atas, cara ini memang nggak bisa untuk hape yang mati karena terjatuh Kak. Itu jelas hardware nya yang kena. Dan iya, wajib banget diperiksa secara langsung ke konter atau service center

  5. Terima kasih kakak..atas tipsnya…saya tekan tombol power bersamaan dengan tombol volumenya..dan ternyata jadii…makasih kakzz…the bestt

  6. Kaka…hpki vivo.pas tekan tombol power bersamaan dgn tombol volme bawah yg muncul malah senter..itu knp ya kaka?? Hpku mati sndri soalnya

  7. Alhamdulilah makasih banget kak pencerahannya..awalnya saya sudah frustasi karena hp matot dan ga bisa di charger.. tp setelah membaca tulisan ini akhirnya hp saya bisa hidup kembali..sekali lagi makasih ya kak infonya semoga menjadi ladang pahala buat kakaknya..aamiin..

  8. Halo kak, mau nanya kalo hp mati total terus coba dicas lampu indikator nya gak nyala. Sudah coba semua cara diatas juga ga bisa itu solusinya gimana ya kak? terimakasih

  9. alhamdulilah terimakasih bro… sangat membantu,saya gunakan tombol power plus tombol volume sesuai langkah2 yg dijelaskan berhasil.heran juga dan terkejut kok bisa ya, bersyukur kali lah nemu artikel ini.mksh bro panjang umur, murah rejeki,sehat selalu,aamiin

      • JENIS HP : LENOVO S5
        kronologis, hp saya restart (bukan reset pabrik) dan tiba2 tidak bisa menyala lagi. bahkan saat di cas tidak muncul logo charge, tapi indikator (lampu merah) menyala kedap kedip.
        kemudian indikator tidak menyala lagi saat di charge untuk waktu tertentu.
        hp saya biarkan kembali lebih dari seminggu, dan saya charge ulang, dan indikator menyala lagi kedap kedip.
        kira2 ada solusinya kah, tanpa service ke counter ?
        atau memang ada kerusakan di hardware nya ?

        terima kasih semoga lekas dapat jawaban.

        • Kemungkinan besar baterainya mati / nggak kuat kak. Itu dibiarkan seminggu dalam keadaan mati & tanpa dicas, atau dalam keadaan dicas terus?

          Kalo misal dalam keadaan mati & tanpa dicas, sekarang coba dulu dicas yang lama. Kira-kira 3 sampai 8 jam. Terus coba cabut & cas ulang selama beberapa menit. Kalo nggak bisa, coba ikutin trik lain yang ada di tulisan di atas.

          Tapi kalo misal selama seminggu itu dibiarin dalam keadaan dicas & sudah coba semua trik di atas tapi masih nggak nyala juga, terpaksa bawa ke tempat service buat diperiksa dan memastikan hardware mana yang rusak.

  10. Aaaaaaa akhirnya bisa lagi kak, mkasih banget tips2 nya kak, udah mau nangis, udah sedih. Tapi akhir nya setelah mengikuti langkah2 nya, hp adek ku bisa kembali lagi seperti semula. Mkasih banget kak. Moga kkak panjang umur, sehat selalu, rezeki nya murah.

  11. aaaaaa pen nangisss akhirnya bisa nyala jugaaaa setelah panikk gabisa dinyalain dan dicharge sama sekaliii asli buat kalian yang punya masalah sama (hp mati total dan tidak bisa dicharge sama sekali) jangan ragu buat cobain cara ini guysss… ini review asli dari aku yang 8 menit sebelum nulis ini sempet panik gara2 hpnya mati totalll. thanks banget banggg seriusan deh ini bermanfaat bangettt asliii!!!!!!!! semoga lancar selalu rezekinya bangggg

  12. hape saya kondisi batre kosong gan

    tidak mau ngisi lampu indikator mentok merah tidak meneruskan ke animasi ngisi batre

    ada tips buat benahin?

      • Halo Kak saya boleh tanya kaka Gini kaka masalah saya itu daya kan baru ganti batre trus saya gk mainin tuh saya cas eh tiba tiba hp saya mati trus pas saya kau nyalain tapi kok lama banget kak gk muncul muncul loading mulu kak tolong bantu saya kak

        • Berarti maksudnya itu, hapenya cuma nampilin loading / logo terus terusan gitu ya kak?

          Kalo iya, bisa coba dimatikan paksa dengan menekan tombol power sampe hapenya mati. Terus nyalain dengan cara menekan dan TAHAN tombol power + volume atas bersamaan, sampe hapenya bergetar, terus lepas kedua tombolnya. Terus ikutin langkah seperti di video ini https://youtu.be/46A7EfKjcaA

          CATATAN: Cara di video itu bakal ngehapus SEMUA data yang ada di hape. Termasuk aplikasi, foto, video, dll

  13. kaaaa makasi banget jujur awalnya ga percaya trs udah hopeless gttt berbagai cara ternyata hidup huaaaa makasi banyak kaaaaa pjg umur ya!!!

  14. Gan hp saya kalo dimatikan dalam keadaan batre tersisa sekita 30-50% gamau hidup sebelum waktu 24jam , setelah lewat kurleb 24jam baru masuk ketikan di cas dan batre berada di 0 % ini sudah ke tiga kalinya gan

  15. btw, aku mau nambahin tips sih. kalau misal dengan mencet tombol power belum berhasil, bisa dicoba dengan memencet tombol power + tombol volume (seperti sedang mengambil screenshoot). semoga berhasil πŸ™‚

  16. Sebelumnya saya pikir, “lah masa cuman dipencet aja? Ini kondisinya dicharge aja nggak bisa loh”, setelah dicoba pencet selama kurang dari 1 menit. Ternyata benar alhamdulillah nyala. Makasih bro saran yang biasa namun sarat dengan manfast

  17. Bner bener sangat membantu membantu, awalnya. Aku udah stresss tapi. Ikut cara. Mimin alhamdulillah. Hp ku udah. Bisa kembali
    Makasih min

  18. Bang hape w sony x perform, pas di cas lampu diatas nyala kadang merah, oren atau hijau.. tapi nggak bisa nyala, di tekan tombol power, cuma geter doank. solusinya mastah

  19. Kak ini hp ku mati cuma geter aja pas di pencΓ¨t tombol power nya . Di CES cuma nyala lampu led tp gk kedip”. Trs di nyalain lagi gak bisa hidup knpa itu kak? Kasih solusi dong

  20. ka mau tanya td kan saya habis bersihin galeri saya nah ada 4000++ foto yang saya hapus nah ketika saya putuskan untuk berhenti menghapus tiba2 saja hp saya ngelag lalu saya coba restart namun setelah direstart malah tidak mau nyala dan dicas pun ga ada tanda2 masuk tlg bantuanny ka terima kasih

  21. bagaimana kak cara saya sudah dicas hp saya selama 30 menit tapi tidak mau nyala dan tekan tombol power selama 3 menit masih tidak nyala
    jelaskan kak biar hp saya nyala lagi

    • Sya kemaren sempet hp g mau nyala trus sy panik dan sy bawa ke conter service hp akhirnya d bongkar dan d cas pke casan husus mau nyala , stlh it mti lg karna hbs batre 2 hr stlh service, sy bingung sy coba baca google cr info tp g mau jg dan akhirnya ini siatip cr charger lain sy nemu charger yg trnyata bs masuj , chargernya merek watta coba aj ya dia charger satuan gt harga nya jg g mahal

  22. Kak ga bisa nyala hapenya:( super panik ini:( Jadi udah ketanggung low, dan susah nyala, di charge ga bisa, cuma geter2 berulang kali aja, tapi ga masuk sama sekali:( Can anyone help me? πŸ™

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini