Hape Kamu Mendadak Mati Total Dan Tidak Bisa Dicharge / Dinyalakan Lagi? Coba Tips Ini!

Hape Kamu Mendadak Mati Total Dan Tidak Bisa Dicharge / Dinyalakan Lagi? Coba Tips Ini! – Beberapa bulan lalu, saya sempat mengalami sebuah masalah pada tablet Android yang saya gunakan. Saat itu saat sedang asik bermain game, tiba-tiba tablet tersebut mati mendadak karena memang saat itu sudah terlalu lama saya menggunakannya, dan temperaturnya pun cukup panas.

BACA JUGA : Apa Penyebab Hape Cepat Panas?

Setelah saya diamkan beberapa menit agar suhunya turun, saya coba untuk menyalakannya kembali, namun ternyata tidak bisa. Oke, saya berusaha untuk tidak panik, dan saya coba untuk melakukan charging. Dengan asumsi, penyebab dari tidak mau menyala tadi karena kehabisan baterai, meskipun saya yakin betul bahwa sebelum mendadak mati tadi, indikator baterainya belum menunjukkan tanda-tanda low battery.

Saya tunggu sedetik, dua detik, sepuluh, sampai satu menit…. Dan ternyata, baterainya tidak mau mengisi. Tak ada tanda-tanda kehidupan, lampu LED-nya pun tidak menyala. Oke, sekarang saya mulai panik! Jelas panik dong! Pemakaiannya belum sampai seminggu, masa sudah mati begini?

BACA JUGA : Penyebab Baterai Lama Mengisi Sewaktu Di Charge

Tapi untungnya, saya ingat sebuah trik dari teman ketika dulu laptop yang saya gunakan mengalami hal serupa. Kemudian saya coba terapkan pada tablet ini, dan ternyata berhasil! Saya pun kemudian bergegas untuk membuatkan tulisan di blog Techijau.com ini, dengan harapan agar bisa membantu mereka yang juga mengalami hal serupa pada tablet, ataupun smartphone miliknya.

Cara Mengatasi Hp Mati Tidak Bisa Dicas & Dinyalakan

Sebelum melanjutkan, perlu saya sampaikan bahwa tips dan cara yang akan saya bagikan di sini HANYA akan bisa bekerja jika:

  • Hp mati mendadak saat digunakan. Entah untuk bermain game, ataupun aktivitas lainnya
  • Hp mati kehabisan baterai

Dan cara ini TIDAK AKAN BISA berhasil jika ternyata:

  • Hp mati karena kesalahan dalam proses flashing atau modding
  • Hp mati karena kemasukan air
  • Hp mati karena terjatuh

Jika sudah, mari kita mulai langkah-langkahnya!

Hp mati tidak bisa dicas atau dinyalakan

1. Biarkan dan diamkan hape atau tablet milikmu selama beberapa waktu untuk mendinginkan temperaturnya. Sudah? Bagi perangkat yang memiliki baterai removable (bisa dilepas), maka cobalah untuk melepas baterai tersebut selama sekitar 60 detik, kemudian pasang kembali dan coba untuk melakukan charging atau cobalah menyalakan kembali hapemu.

Terkadang, kita akan perlu untuk melakukan charging selama beberapa menit setelah melepas baterai tadi, jika ternyata baterai pada hape tersebut dalam keadaan benar-benar habis. Karena memang, baterai berjenis Li-Po yang terdapat pada perangkat smartphone modern itu tidak boleh dibiarkan sampai benar-benar habis.

2. Pada hape atau tablet yang memiliki non-removable battery (baterai tidak bisa dilepas), maka yang harus kamu lakukan adalah menekan dan tahan tombol power di perangkat yang mati itu selama 60 detik. Tidak boleh kurang ya! Minimal harus 60 detik. Setelah itu, cobalah untuk menyalakannya seperti biasa.

Hape tidak bisa menyala3. Jika tidak mau menyala, terlebih jika ternyata hape tersebut mati karena kehabisan baterai, maka cobalah untuk melakukan charging selama kurang lebih selama 30 menit. Masih belum ada tanda kehidupan / tidak mau dicas? Tekan dan tahan kembali tombol power nya selama 60 detik dalam keadaan hape masih dicharge.

4. Masih tak mau menyala juga? Cabut charger, dan coba tekan dan tahan kembali tombol power seperti sebelumnya, lalu coba untuk melakukan charging kembali selama 30 menit. Lakukan langkah ini terus menerus jika perangkatmu masih tak mau menyala.

5. Masih tidak mau menyala juga? Cobalah untuk mencabut charger, lalu tekan dan tahan tombol power, volume atas dan volume bawah secara bersamaan, selama kurang lebih 60 detik, atau hingga ia memunculkan tanda kehidupan.

6. Masih tidak mau menyala juga? Cobalah untuk mencabut kartu microSD card yang terpasang di hape atau tabletmu, lalu cobalah untuk menyalakannya seperti biasa.

Seharusnya sih sekarang hape atau tablet milikmu sudah bisa beroperasi dengan normal alias menyala kembali. Tapi kalau ternyata masih tidak bisa menyala, dengan berat hati saya sarankan untuk membawa perangkat tersebut ke service center terdekat untuk diperiksa, karena bisa jadi ada kerusakan di sisi hardware.

Oke, sekian dulu tips yang bisa saya berikan kali ini. Ada yang sudah coba dan berhasil? Coba absen dulu di kolom komentar! Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 🙂

Pandu Dryad
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)