Beranda Gadget Pilihan Pengen Main PUBG Mobile? Ini Dia Syarat Minimumnya!

Pengen Main PUBG Mobile? Ini Dia Syarat Minimumnya!

0

Pengen Main PUBG Mobile? Ini Dia Syarat Minimumnya! – Salah satu game yang saat ini sedang sangat populer dan ramai diperbincangkan di kalangan pengguna smartphone adalah PUBG Mobile.

Game yang satu ini memang sangat mengasyikkan. Apalagi jika dimainkan bersama teman. Baik yang jauh maupun dekat. Karena kita tak sekedar bisa main bersama, tapi juga dapat berkomunikasi secara lisan berkat fitur voice chat yang ada di dalamnya.

Sayangnya, game ini termasuk kategori game berat untuk sebuah smartphone. Sehingga tidak semua hape bakal sanggup untuk memainkannya dengan lancar.

Nah kalau misalnya kamu adalah salah satu orang yang ingin beli hape baru demi game ini, maka kamu wajib memperhatikan beberapa hal dibawah ini, yang merupakan rekomendasi syarat spesifikasi minimum untuk dapat memainkan game PUBG mobile dengan baik.

CATATAN: Disini saya tidak akan menyebut tipe atau merk hape apapun. Saya hanya akan menyebutkan syarat minimumnya saja, dan akan di update seiring dengan munculnya hape-hape baru. UPDATE tanggal 19 Februari 2022.

Chipset (Prosesor + GPU)

Hape untuk pubgSyarat utama agar hape bisa memainkan game PUBG dengan baik adalah dari sisi chipset. Disini saya hanya akan menyebutkan seri chipset dari Qualcomm saja ya. Karena saya belum pernah menguji hape budget tipis dengan chipset MediaTek, Exynos atau yang lainnya.

Seri chipset minimum yang bisa kita gunakan adalah Qualcomm Snapdragon 625. Akan lebih baik kalau kamu pakai seri 632, 636, atau diatasnya. Dan beruntunglah kamu karena di tahun 2022 ini, sudah banyak smartphone seri terbaru dengan harga mulai 2 jutaan, yang sudah punya chipset lebih bagus dibandingkan dengan seri chipset minimum yang saya sebutkan itu.

Supaya tidak bingung, carilah smartphone yang minimal menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon dengan awalan angka “6” atau diatasnya. Sementara untuk hape yang pakai chipset MediaTek, sepertinya minimal seri Helio G dengan awalan angka “7” sudah cukup oke.

Keterangan chipset ini biasanya bisa kita baca pada detail spesifikasi di situs resmi brand smartphone. Atau, ia juga bakal ditampilkan pada dibagian belakang dus kemasan hapenya. Jadi kalau misal kamu beli di toko hape dekat rumahmu dan ragu sama sales hape yang kadang memang suka bohong demi komisi besar, lebih baik kamu cek langsung saja kemasannya.

RAM

Spesifikasi minimal hape untuk main pubgOleh karena PUBG mobile adalah game berat, maka sangat disarankan untuk memakai smartphone dengan RAM minimal 3GB. Tentu lebih besar lebih baik.

Tapi bukan berarti RAM makin besar sama dengan performa makin ngebut ya! Itu anggapan yang salah kaprah. Supaya tidak bingung, silakan baca tulisan tentang keuntungan RAM besar pada smartphone.

Sistem Operasi (OS)

Untuk sistem operasi sih rasanya minimal harus menggunakan OS Android versi 7.0 Nougat. Mungkin smartphone dengan versi OS dibawah itu masih ada yang bisa buat main PUBG Mobile. Akan tetapi, rasa-rasanya smartphone dengan versi OS yang sudah ketinggalan pasti bakal punya spek yang ketinggalan juga. Maka, saya sarankan untuk menggunakan smartphone yang minimal menggunakan OS Android versi 7.0.

Yang jelas, semakin tinggi versi OS Android-nya, seharusnya bakal semakin aman. Karena terkadang sebuah apps, termasuk juga games, itu bakal tidak bisa digunakan pada smartphone yang masih menggunakan versi OS yang lawas-lawas.

Fitur Lainnya

Selain spesifikasi hardware yang berkaitan dengan performa, ada beberapa fitur lain yang akan bisa mendukung kenyamanan selama bermain game ini.

Yang pertama adalah kapasitas penyimpanan. Pastikan hapemu punya kapasitas penyimpanan minimal 32GB supaya tidak terlalu sesak dan masih bisa dipakai untuk menyimpan aplikasi atau file-file lain. Sebenernya sih 16GB juga bisa, tapi menurut saya, itu terlalu mepet. Jadi lebih baik 32GB demi kenyamanan. Syukur-syukur kalau pakai yang penyimpanannya 64GB atau 128GB, Itu sudah lebih dari cukup.

Lalu yang kedua adalah soal baterai. Saran saya, carilah hape yang baterainya minimal berkapasitas 4000mAh supaya kamu bisa bermain lebih lama. Karena bermain game PUBG itu sangat menguras baterai. Tapi jika misalnya kamu menggunakan hape yang kapasitas baterainya lebih kecil pun juga sebenarnya tidak masalah sih. Ini cuma opsional saja, alias bukan syarat utama. Syukur-syukur kalau pakai ROG Phone, supaya bisa bermain sambil charging tanpa khawatir.

Ketiga adalah soal layar. Akan lebih baik kalau layar di hapemu mendukung multitouch hingga minimal 5 sentuhan sekaligus. Karena nanti akan berguna kalau kamu berencana bermain menggunakan 4 jari. Nah kalau soal multitouch ini sih rasanya sudah didukung oleh semua smartphone yang menggunakan spek minimal utama yang saya sebutkan diatas tadi ya. Tapi tidak ada salahnya untuk memastikan terlebih dahulu.

Masih dari sisi layar, kalau kamu tidak terlalu mementingkan soal tampilan, maka layar beresolusi HD/HD+ saja udah cukup. Tapi akan lebih baik tampilannya kalau kita pakai yang resolusi layarnya Full HD / Full HD+.

Saran saya, kalau misal kamu memilih smartphone dengan spesifikasi minimal (chipset & RAM)  atau dibawah yang saya rekomendasikan diatas tadi, alangkah baiknya kalau kamu cari smartphone yang resolusi layarnya lebih kecil (HD/HD+) supaya performanya tidak keteteran banget.

Dan yang terakhir adalah soal kelengkapan sensor. Dalam hal ini saya sarankan untuk mencari hape yang sudah mendukung fitur Gyroscope. Gyroscope ini nantinya bakal sangat berguna di game PUBG mobile, untuk mempermudah dalam aim alias membidik musuh.

Syarat hape untuk main pubg

Fitur tambahan lain yang juga akan sangat membantu adalah AirTrigger. Tapi itu sih, cuma ada di ROG Phone series ya. Seperti yang bisa kamu lihat pada video dibawah ini.

Penutup

Nah itulah beberapa syarat minimum untuk dapat memainkan game PUBG di hape Android. Sebenarnya sih kalian masih bisa memainkan game ini dengan spek yang lebih rendah dari yang sudah saya sebutkan tadi.

Misalnya hape dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 (versi downgrade dari 625) dan RAM 2GB saja sebenarnya juga sanggup untuk digunakan bermain PUBG. Tapi ya cuma sekedar sanggup aja. Tidak menjamin jalannya permainan bakal terasa lancar. Jadi, supaya kita tidak terlalu sering merasakan ngelag saat bermain game PUBG Mobile, sebaiknya carilah smartphone dengan spek minimal yang disebutkan di atas. Tentu lebih baik kalau memilih spesifikasi yang lebih tinggi lagi.

Dan kalau sebelumnya kamu belum pernah main game ini, ada baiknya kamu membaca tulisan yang sudah saya buatkan soal tutorial cara bermain PUBG mobile untuk pemula. Semoga bermanfaat!

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini