Home Gadget Pilihan Pengen Main PUBG Mobile? Ini Dia Syarat Minimumnya!

Pengen Main PUBG Mobile? Ini Dia Syarat Minimumnya!

0

Pengen Main PUBG Mobile? Ini Dia Syarat Minimumnya! – Salah satu game yang saat ini sedang sangat populer dan ramai diperbincangkan di kalangan pengguna smartphone adalah PUBG Mobile.

Game yang satu ini memang sangat mengasyikkan, apalagi jika dimainkan bersama teman baik yang jauh maupun dekat. Karena kita tak sekedar bisa main bersama, tapi juga dapat berkomunikasi secara lisan berkat fitur voice chat nya.

Sayangnya, game ini termasuk kategori game berat untuk sebuah smartphone. Sehingga nggak semua hape bakal sanggup untuk memainkannya dengan lancar.

Nah kalau misalnya kamu adalah salah satu orang yang ingin beli hape baru demi game ini, maka kamu wajib memperhatikan beberapa hal dibawah yang merupakan rekomendasi syarat spesifikasi minimum untuk dapat memainkan game PUBG mobile dengan baik.

CATATAN: Disini aku nggak bakal nyebut tipe atau merk hape apapun. Aku hanya akan menyebutkan syarat minimum nya saja, dan akan di update seiring dengan munculnya hape-hape baru. UPDATE tanggal 21 Mei 2019.

Chipset (Prosesor + GPU)

Hape untuk pubgSyarat utama agar hape bisa memainkan game PUBG dengan baik adalah dari sisi chipset. Disini aku hanya akan menyebutkan seri chipset dari Qualcomm aja ya, karena aku belum pernah sekalipun menguji hape budget dengan chipset MediaTek, Exynos atau yang lainnya.

Seri chipset minimum yang bisa kita gunakan adalah Qualcomm Snapdragon 625. Akan lebih baik kalau kamu pakai seri 632, 636, atau diatasnya. Sudah banyak kok hape 2 jutaan atau bahkan dibawah 2 jutaan yang pakai chipset seri tersebut.

Pastikan kamu teliti soal ini sebelum membeli ya. Kalau beli secara online biasanya keterangan chipset bakal dicantumkan dalam keterangan produk.

Keterangan chipset ini juga akan ada dibagian belakang dus kemasan hapenya. Jadi kalau misal kamu beli di toko hape dekat rumahmu dan ragu sama sales hape yang kadang emang suka bohong demi komisi gede, mending kamu cek langsung aja kemasannya.

RAM

Spesifikasi minimal hape untuk main pubgOleh karena PUBG mobile adalah game berat, maka sangat disarankan untuk pakai hape dengan RAM minimal 3GB. Tentu lebih besar lebih baik.

Tapi bukan berarti RAM makin besar sama dengan performa makin kenceng ya! Nggak sama sekali. Kamu mesti baca tulisan soal keuntungan RAM besar pada smartphone.

Sistem Operasi (OS)

Untuk sistem operasi sih aku cuma pernah minimal coba pakai OS Android versi 7.0 Nougat ya. Nggak tau apakah versi OS dibawah itu bakal bisa buat main PUBG Mobile atau nggak.

Yang jelas, semakin tinggi versi OS nya, semakin aman. Karena kadang sebuah apps termasuk game itu bakal nggak bisa dipakai di hape yang masih menggunakan versi OS yang lawas-lawas.

Fitur Lainnya

Selain spesifikasi hardware yang berkaitan dengan performa, ada beberapa fitur lain yang akan bisa mendukung kenyamanan selama bermain game ini.

Yang pertama adalah kapasitas penyimpanan. Pastikan hapemu punya kapasitas penyimpanan minimal 32GB supaya nggak nyesek banget dan masih bisa dipakai buat nyimpen aplikasi atau file-file lain. Sebenernya sih 16GB juga bisa, tapi menurutku terlalu mepet. Jadi lebih baik 32GB demi kenyamananmu juga nanti.

Lalu yang kedua adalah soal baterai. Saranku, carilah hape yang baterainya minimal berkapasitas 4000mAh supaya kamu bisa bermain lebih lama. Tapi kalau misalkan kamu dapet hape yang kapasitas baterainya lebih kecil pun juga nggak masalah. Ini cuma opsional aja, alias bukan syarat utama.

Ketiga adalah soal layar. Akan lebih baik kalau layar di hapemu mendukung multitouch hingga minimal 5 sentuhan sekaligus. Karena nanti akan berguna kalau kamu berencana bermain menggunakan 4 jari.

Nah kalo soal multitouch ini sih sepertinya sudah didukung oleh semua hape yang pakai spek minimal utama diatas ya. Tapi nggak ada salahnya buat kamu untuk memastikan.

Masih dari sisi layar, kalau kamu nggak terlalu mentingin soal tampilan, maka layar beresolusi HD/HD+ aja udah cukup. Tapi akan lebih baik tampilannya kalau kita pakai yang resolusi layarnya Full HD / Full HD+.

Saranku, kalau misal kamu milih hape dengan spesifikasi performa (chipset & RAM) minimal atau dibawah yang aku rekomendasikan tadi, alangkah baiknya kalau kamu cari yang resolusi layarnya lebih kecil (HD/HD+) supaya performanya nggak keteteran banget.

Dan yang terakhir adalah soal kelengkapan sensor, dalam hal ini aku sarankan carilah hape yang sudah mendukung fitur Gyroscope. Gyroscope ini nantinya bakal kepake banget di game PUBG mobile, untuk mempermudah dalam membidik musuh.

Syarat hape untuk main pubgPenutup

Nah itulah beberapa syarat minimum untuk dapat memainkan game PUBG di hape Android. Sebenarnya sih kalian masih bisa memainkan game ini dengan spek yang lebih rendah dari yang kusebutkan tadi ya.

Misalnya hape dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 (versi downgrade dari 625) dan RAM 2GB aja sebenarnya juga sanggup untuk digunakan bermain PUBG. Tapi ya cuma sekedar sanggup aja, nggak jamin bakal lancar. Namanya juga rekomendasi, yakan?

Dan kalau sebelumnya kamu belum pernah main game ini, ada baiknya kamu membaca tulisan yang sudah kubuatkan soal tutorial cara bermain PUBG mobile untuk pemula. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here