Kini Hadir Dengan Dua Layar! Ini Dia ROG Zephyrus Duo 15!

Kini Hadir Dengan Dua Layar! Ini Dia ROG Zephyrus Duo 15! – Dalam dunia laptop, ASUS sudah dikenal memiliki berbagai inovasi yang out of the box. Pada laptop gaming, jajaran produk yang masuk dalam seri ROG Zephyrus yang mereka miliki membawa inovasi yang disebut sebagai AAS atau Active Aerodynamic System. Fitur ini adalah mekanisme untuk membuat bagian bawah body laptop menjadi terbuka dan terangkat.

Yang tujuannya adalah untuk memberikan aliran udara yang lebih baik. Sehingga proses pembuangan panas dapat lebih optimal. Inovasi tersebut memungkinkan ASUS untuk merancang sebuah laptop gaming yang powerful, namun dengan body yang compact, lebih ringan, dan jauh lebih tipis jika dibandingkan dengan laptop gaming lain yang umumnya punya body yang sangat tebal.

Lalu pada laptop premium di seri Zenbook, ASUS juga menghadirkan inovasi yang diberi nama ScreenPad Plus yang bisa ditemukan pada Zenbook Pro Duo. Fitur ini merupakan sebuah layar sekunder berukuran setengah dari lebar body laptop, yang diletakkan bersandingan dengan keyboard laptop. Fungsinya adalah untuk mempermudah pengguna dalam melakukan multitasking, khususnya saat melakukan proses editing video dan animasi.

Pada tanggal 2 April 2020 kemarin, ASUS Global resmi memperkenalkan ROG Zephyrus Duo 15. Sebuah laptop gaming terbaru yang membawa kedua inovasi fitur yaitu AAS dan juga ScreenPad Plus sekaligus. Hal ini sekaligus juga menjadikan ROG Zephyrus Duo 15 menjadi laptop gaming pertama di dunia yang memiliki layar kedua berukuran 14.1 inch.

Dalam keterangan di press release nya, ASUS menyebutkan bahwa layar sekunder tersebut ditujukan untuk mendukung gamers saat bermain game. Sekaligus juga akan membantu para content creator saat sedang melakukan proses pengolahan video yang terkadang akan membutuhkan dua layar agar lebih mudah dan cepat dalam pengerjaannya.

Fitur yang diberi nama ROG ScreenPad Plus tersebut merupakan fitur utama dari ROG Zephyrus Duo yang saat ini merupakan seri flagship dari jajaran laptop ROG. Mirip seperti ScreenPad Plus yang bisa kita temukan pada seri Zenbook Pro Duo, layar sekunder ini mendukung input sentuh dan memiliki resolusi 4K (3840 x 1100 pixel). Yang membuatnya berbeda dengan ScreenPad Plus milik Zenbook Pro Duo adalah, ia memiliki mekanisme khusus yang akan membuat layar terangkat dengan sudut kemiringan 13 derajat saat laptop digunakan.

ROG Zephyrus Duo 15 Layar GandaHal ini akan membuatnya lebih mudah digunakan serta lebih mudah dilihat oleh para penggunanya. Selain itu, bagian layar yang terangkat ini akan menghadirkan rongga udara ekstra pada ROG Zephyrus Duo 15. Sebuah mekanisme yang sama seperti yang digunakan pada teknologi AAS. Selain soal kenyamanan penggunaan, keuntungan lain yang bisa didapat adalah dari sisi pendinginan laptop yang bisa menjadi lebih optimal.

Sehingga sangat memungkinkan bagi ASUS untuk merancang ROG Zephyrus Duo 15 dengan body yang ringkas, namun tetap dapat dijejali dengan dapur pacu yang sangat powerful. Ia hadir dengan membawa prosesor terbaru Intel Core i9 seri H (high performace) generasi ke-10, serta chip grafis NVIDIA RTX2080 SUPER. Fitur lain yang dibawa oleh laptop gaming terbaru dari ASUS ROG tersebut adalah hadirnya NumberPad yang merupakan sebuah numpad virtual yang bisa diaktifkan pada bagian touchpad nya.

Belum ada keterangan lebih lanjut soal spesifikasi lengkap dari laptop ini. Dan belum ada keterangan soal kapan laptop ini akan resmi dirilis di Indonesia. ASUS hanya menyebutkan bahwa ia akan hadir dalam beberapa varian dengan pilihan layar yang berbeda. Salah satu varian akan menggunakan panel beresolusi Full HD, dengan refresh rate 300Hz. Lalu varian lain akan menggunakan panel layar beresolusi 4K UHD dengan reproduksi warna 100% pada color space Adobe RGB.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P