Mau Ambil Screenshot di Laptop? Gampang Kok!

Mau Ambil Screenshot di Laptop? Gampang Kok! – Setelah kemarin membahas soal apa itu screenshot, kali ini kita akan lanjut untuk membahas tentang tutorial cara mengambil screenshot. Tapi tutorial ini ditujukan khusus untuk perangkat laptop dengan sistem operasi Windows ya. Karena untuk smartphone Android, caranya beda lagi.

Cara yang bakal aku bahas di sini bisa dilakukan pada semua merk laptop, termasuk diantaranya adalah ASUS, Dell, Acer, Lenovo, HP, Toshiba, Zyrex, dan lain sebagainya. Yang penting adalah, sistem operasinya pakai Windows 10 atau Windows 7. Kalau di Windows 8, belum pernah coba. Jadi nggak bisa jamin ya.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengambil dan menyimpan screenshot di laptop. Cara pertama adalah tanpa harus menggunakan atau mendownload aplikasi khusus, dan cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi khusus yang bikin prosesnya jadi lebih simple. Oke, kita langsung aja bahas cara yang pertama terlebih dahulu:

Cara Ribet

1. Pertama-tama, kamu harus buka dulu tampilan layar yang ingin kamu capture. Misalnya, kamu ingin meng-capture / screenshot salah satu bagian dari sebuah video. Maka, kamu buka dulu videonya, sampai pada bagian yang dimaksud.

2. Jika sudah, tekan tombol “prt sc” atau “prnt scrn” pada laptop milikmu.

3. Setelah menekannya, laptop akan menyimpan sementara tampilan gambar tersebut dalam clipboard. Tapi belum selesai! Karena gambar tersebut belum benar-benar bisa kita lihat. Nah, agar dapat menampilkannya, bukalah aplikasi “paint” pada laptopmu.

4. Setelah terbuka, tekan tombol “ctrl” dan “V” agar gambar yang disimpan sementara tadi, dapat ditampilkan pada aplikasi. Ingat, tombol “ctrl” nya harus ditahan dulu ya, baru kemudian tekan tombol “V” secara bersamaan.

5. Sebelum menyimpannya sebagai screenshot, kamu bisa melakukan cropping terlebih dahulu jika kamu mau (tidak wajib). Jika sudah, tekan icon save, atau tekan tombol “ctrl” dan “s”, atau klik menu “File” dan kemudian klik “Save”.

6. Beri nama file screenshot tersebut, dan pilih pada direktori mana kamu akan menyimpannya. Kemudian klik “Save”.

Selesai! Kalau kamu merasa cara tersebut agak ribet, maka kamu bisa mencoba cara alternatif yang lebih simple. Cara simple ini akan membutuhkan sebuah aplikasi khusus screenshot. Dan saya biasa menggunakan aplikasi Lightshot, yang bisa kamu download di sini. Tenang, aplikasinya nggak besar kok. Dan enteng banget.

Setelah download, jangan lupa install ya! Kalau sudah, sekarang kamu bisa melakukan screenshot layar laptop dengan cara yang lebih simple!

Cara Simple

1. Ikutilah langkah nomor 1 dan 2 pada cara ribet diatas.

2. Setelah menekan tombol “prt sc” atau “prnt scrn”, aplikasi lightshot akan langsung aktif. Klik dan tahan bagian yang ingin kamu crop dan screenshot.

3. Terdapat berbagai menu yang bisa kamu gunakan untuk menambah detail. Misalnya, kita bisa menambahkan tanda panah, garis, kotak, hingga tulisan. Jika sudah, klik icon save.

4. Beri nama pada file screenshot tersebut, dan pilih pada direktori mana kamu ingin menyimpannya.

5. Jika ternyata kamu ingin mengambil screenshot pada seluruh bagian layar tanpa ingin melakukan penambahan detail (memberi tulisan, icon panah, dll), maka kamu bisa melakukan screenshot cepat dengan cara menekan tombol “shift” dan “prt sc”. Screenshot akan langsung tersimpan pada laptop. Klik tanda pemberitahuan yang muncul pada sisi kanan bawah laptop untuk melihat di mana file tersebut disimpan.

Cara screenshot laptop

Nah, itulah dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot pada laptop milikmu. Jika kamu bingung dengan istilah-istilah yang disebutkan pada artikel ini, sebaiknya kamu membaca tulisan tentang pengenalan istilah dan bagian pada laptop yang sudah saya bahas sebelumnya.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P