Beranda News 7 Fitur Unggulan Laptop ASUS ExpertBook B5, Cocok Untuk Siapa?

7 Fitur Unggulan Laptop ASUS ExpertBook B5, Cocok Untuk Siapa?

0

7 Fitur Unggulan Laptop ASUS ExpertBook B5, Cocok Untuk Siapa? – Pada 27 Februari 2022, ASUS Indonesia secara resmi menghadirkan laptop terbaru dari lini produk ExpertBook, yaitu ASUS ExpertBook B5 series. Seri laptop yang masuk ke dalam jajaran produk laptop bisnis tersebut hadir dengan dua form factor yang berbeda. Yaitu ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA) dengan form factor clamshell (engsel layar laptop bisa dibuka hingga 180°) dan juga ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) dengan form factor convertible (engsel layar bisa diputar hungga 360° & dukungan layar sentuh).

Kalau dilihat dari segi popularitas, seri laptop ExpertBook dari ASUS ini jelas kalah populer jika dibandingkan dengan seri laptop ZenBook dan juga VivoBook. Dan jika dilihat sepintas dari segi fisik, ASUS ZenBook jelas lebih menarik karena memiliki desain yang lebih atraktif, mewah, serta punya berbagai fitur keren yang terlihat secara kasat mata dan bisa langsung menarik perhatian siapa saja. Yang tentu saja akan terlihat lebih menarik untuk dijadikan pilihan.

Keunggulan ASUS ExpertBook B5 OLED

Padahal kalau dilihat dari segi harga, laptop ASUS ExpertBook B5 series yang kita bahas kali ini dibanderol dengan harga mulai dari 20 jutaan. Alias setara dengan harga beberapa laptop di seri ZenBook. Hal ini kemudian menimbulkan sebuah pertanyaan besar:

“Memangnya, apa keistimewaan ASUS ExpertBook B5 series?”

Wajar rasanya jika sampai berpikiran seperti itu. Karena jika dilihat sepintas, laptop ASUS ExpertBook B5 ini nampak seperti laptop yang sangat biasa. Dalam arti, tidak ada kesan “wah” seperti saat melihat laptop seri ZenBook. Nah di tulisan kali ini, saya akan membahas tentang 7 fitur unggulan dari ASUS ExpertBook B5 series. Untuk memberikan gambaran tentang kesitimewaan dari seri laptop tersebut.

7 Fitur Unggulan Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B5 Series

ASUS ExpertBook B5 series merupakan salah satu jajaran laptop bisnis pertama dari ASUS yang dibekali dengan layar ASUS OLED. Sebenarnya seri laptop ini juga punya varian yang tidak menggunakan layar OLED, dengan banderol harga yang lebih murah. Namun pada tulisan kali ini, saya akan fokus membahas tentang ASUS ExpertBook B5 dan ASUS ExpertBook B5 Flip yang menggunakan layar OLED.

Dan berikut adalah beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh keduanya:

1. Durabilitas Kelas Tinggi

ASUS ExpertBook B5 series dirancang untuk memiliki durabilitas tinggi. Hal ini dilakukan demi memastikan bahwa laptop tersebut cukup tangguh untuk bisa selalu diandalkan dalam berbagai kondisi. Mengingat target dari produk ini sendiri adalah menyasar pada para professional yang aktif.

Durabilitas standar militer yang dimilikinya tersebut sudah dibuktikan dengan sertifikasi MIL-STD 810H. Ia telah melewati berbagai pengujian ekstrim untuk bisa mendapatkan sertifikasi tersebut. Termasuk diantaranya adalah:

  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur tinggi (32°C ~ 49°C) selama 3 hari
  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur rendah (-21°C ~ -32°C) selama 3 hari
  • Pengujian perubahan temperatur ekstrim (-51°C ~ 71°C) dengan waktu transisi perubahan suhu hanya 1 menit
  • Pengujian di lingkungan dengan kelembaban tinggi (30°C ~ 60°C di kelembaban 95%) selama 10 hari
  • Pengujian di ketinggian hingga 15.000 kaki (antara 5°C ~ -40°C)
  • Uji digetarkan selama satu jam ke semua arah dengan frekuensi getaran antara 10 sampai 500Hz
  • Pengujian saat dijatuhkan (drop test) dari ketinggian 120cm dalam keadaan menyala
  • Dan beberapa pengujian lainnya

Ketangguhan dari ASUS ExpertBook B5 tersebut jelas bakal menghilangkan rasa was-was ketika kita harus sering membawanya ke lapangan. Karena dalam keadaan dimana kita harus terburu-buru, terkadang kita tak bisa menghindari insiden tak terduga seperti misalnya laptop terbentur, atau bahkan terjatuh.

Bahkan keyboard dari laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur spill- resistant. Yang memungkinkannya untuk tetap aman walaupun terkena tumpahan cairan hingga 66cc. Sebuah fitur yang melegakan bagi mereka yang gemar bekerja sambil minum kopi.

Segala ketangguhan tersebut bisa dicapai karena ASUS telah memberikan penguatan terhadap sasis laptop ini. Dan penguatan tersebut tidak hanya untuk memperkuat fisik luarnya saja. Tetapi beberapa komponen lain seperti engsel serta port-port yang terdapat pada ASUS ExpertBook B5 juga menjadi bisa memiliki durabilitas yang lebih baik.

ASUS mengklaim bahwa engsel dari laptop ini akan tetap bisa bekerja dengan baik walau ia telah melalui siklus buka-tutup hingga 50.000 kali. Durabilitas port yang dimilikinya pun diklaim akan mampu bertahan hingga 15.000 kali siklus cabut-pasang.

2. Mendukung Mobilitas Tinggi

Fitur ASUS ExpertBook B5 seriesKalau melihat dari sisi durabilitas, seharusnya ASUS ExpertBook B5 series sudah sangat mumpuni untuk mereka yang punya mobilitas tinggi. Tapi ternyata, ada hal lain dari laptop ini yang membuatnya semakin nyaman untuk dibawa-bawa. Yaitu dari segi bobot dan juga dimensi fisik.

ASUS ExpertBook B5 series menggunakan material magnesium-aluminium alloy (MgAl) pada bagian cover dan juga bagian bawahnya. Tidak hanya tangguh, tetapi material yang digunakannya tersebut juga sangat ringan. Hingga membuat bobot keseluruhan dari ASUS ExpertBook B5 series inipun juga sangat ringan. Yaitu hanya sekitar 1.11kg saja. Jelas, bobot ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan bobot laptop biasa yang selisihnya bisa beberapa ratus gram.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, selisih bobot 200 sampai 300 gram pada laptop memang bisa sangat nyata perbedaannya. Khususnya dalam hal kenyamanan pada saat membawanya di dalam ransel. Body dari ASUS ExpertBook B5 series ini juga sangat tipis, yaitu hanya 1.69cm saja. Membuatnya lebih mudah untuk diselipkan ke dalam ransel yang mungkin sudah dalam keadaan padat.

Dukungan untuk mobilitas tinggi juga bisa dirasakan dari sisi daya tahan baterai. ASUS mengklaim bahwa baterai 4-cell berkapasitas 66WH pada laptop ini akan mampu bertahan hingga 14 jam lamanya dalam skenario penggunaan ringan.

Selain itu, fitur dukungan untuk mengisi daya baterai melalui port USB Type-C, membuatnya lebih fleksibel dalam urusan charging. Karena jika seandainya kita lupa untuk membawa charger laptop, maka ia akan tetap bisa diisi ulang baterainya menggunakan charger apapun yang menggunakan kabel USB Type-C. Termasuk juga charger universal untuk smartphone, atau bahkan menggunakan powerbank sekalipun.

3. Dukungan Layar ASUS OLED

Apa keistimewaan ASUS ExpertBook B5 seriesPanel layar berteknologi ASUS OLED pada ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA) dan juga ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) memiliki beberapa keuntungan dari berbagai sisi. Tidak hanya untuk membuat tampilan visual layar jadi terlihat lebih baik, tapi juga bisa mendukung mobilitas, dan juga produktivitas.

Layar kaya warna dengan tingkat reproduksi hingga 100% DCI-P3 pada layar tersebut, sudah mendapatkan berbagai sertifikasi untuk memastikan bahwa ia siap untuk digunakan dalam berbagai skenario penggunaan. Diantaranya adalah:

  • Sertifikasi TÜV Rheinland (low blue-light & anti-flicker) yang membuatnya lebih aman dan nyaman untuk mata, saat harus berlama-lama memandangi layar
  • Pantone Validated, yang memastikan bahwa tampilan layar laptop ini sangat akurat, untuk mempermudah pengguna laptop ini saat harus melakukan review terhadap konten project yang sedang dikerjakan
  • VESA DisplayHDR TrueBlack, yang memastikan bahwa tampilan layar memiliki kontras rasio yang sangat baik, sehingga gambar yang ditampilkan bisa terlihat sangat jelas

Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan lapisan anti-glare. Yang bisa meminimalisir efek silau pada layar dari pantulan cahaya. Segala keunggulan layar yang digunakan pada laptop ini, sudah pernah saya bahas pada posting tentang keunggulan teknologi layar ASUS OLED.

4. Performa Komputasi Bisa Diandalkan

Spesifikasi lengkap ASUS ExpertBook B5 seriesASUS ExpertBook B5 series, merupakan laptop yang sudah tervalidasi Intel EVO. Artinya, laptop ini sudah memenuhi berbagai standarisasi khusus dari Intel®, dalam hal performa. Yang tujuannya adalah untuk memastikan bahwa laptop ini mampu bekerja dengan gesit, punya performa yang tinggi, sekaligus juga efisien dalam penggunaan daya dan baterainya mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama dalam keadaan tidak dicas.

Seri laptop bisnis ini menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-1165G7, dengan clockspeed hingga 2.8GHz. CPU Intel® Core™ generasi ke-11 tersebut sudah dilengkapi dengan Intel Iris Xᵉ Graphics untuk urusan pengolahan grafis. Yang mana, chip grafis terintegrasi dari Intel® tersebut telah terbukti memiliki performa grafis yang sangat mumpuni untuk perangkat laptop tipis.

Ia juga sudah menggunakan RAM 3200Hz DDR4 berkapasitas 16GB. Dan bisa diupgrade hingga kapasitas 48GB. Dengan kapasitas RAM besar tersebut, tentu urusan multitasking bisa berjalan dengan sangat baik. Ditambah lagi, penggunaan jenis penyimpanan M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x4 SSD dengan kapasitas maksimal hingga 2TB (dua keping SSD dengan kapasitas masing-masing 1TB), membuat performa laptop ini semakin gesit.

Storage yang digunakannya tersebut mampu menembus kecepatan hingga sekitar 3500MB per detik. Memungkinkan untuk membuat performa secara keseluruhan menjadi sangat cepat dan tidak menjadi faktor penghambat alias bottleneck bagi CPU-nya yang ngebut.

Selain itu, ASUS ExpertBook B5 series juga sudah mendukung teknologi RAID (Redundant Array of Independent Disks) untuk memaksimalkan potensi storage jika kita memasangkan dua keping SSD sekaligus. Mode RAID yang didukung pada laptop ini adalah:

  • RAID 0 : Menggabungkan kedua kapasitas SSD, dan menyimpan data secara merata diantara keduanya, sehingga kecepatan pengoperasian SSD bisa dua kali lebih cepat
  • RAID 1 : Membuat copy (salinan) secara otomatis pada masing-masing SSD, untuk saling mem-backup jika ternyata salah satu SSD mengalami kegagalan fungsi alias rusak

Dengan adanya fitur RAID pada ASUS ExpertBook B5, kita bisa memilih apakah ingin memaksimalkan kapasitas dan kecepatan penyimpanan, atau memprioritaskan keamanan data.

5. Fitur Pendukung Produktivitas Yang Lengkap

ASUS ExpertBook B5 series IndonesiaSelain penggunaan layar ASUS OLED, ExpertBook B5 juga punya segudang fitur lain yang berguna untuk mendukung produktivitas. Diantaranya ada aplikasi MyASUS. Aplikasi ini bukan hanya untuk mengelola profil performa, baterai, atau sekadar untuk cek garansi, tetapi juga ada beberapa fitur lain di dalamnya yang bisa mempermudah pekerjaan.

Contohnya ada fitur Link to MyASUS yang berguna untuk menghubungkan antara laptop dengan smartphone yang kita gunakan. Dengan fitur ini, kita bisa melihat notifikasi pada smartphone, ataupun mengontrol smartphone yang dihubungkan tersebut, melalui laptop yang kita gunakan. Melakukan file transfer antara kedua perangkat ini pun bisa dilakukan dengan mudah.

Kita bahkan bisa memanfaatkan smartphone ataupun tablet yang kita punya sebagai layar tambahan untuk laptop, dengan fitur screen expander. Terdapat pula fitur remote file access, yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses file kerja dari jarak jauh menggunakan smartphone, jika ternyata kita tidak membawa laptop. Sehingga, bisa dikatakan bahwa aplikasi MyASUS pada ASUS ExpertBook B5 bukanlah sekadar bloatware semata.

Ia juga sudah didukung dengan fitur two way AI noise-canceling. Sebuah fitur yang akan menyaring suara bising atau suara lain yang tak diinginkan di background, agar suara kita bisa terdengar lebih jelas pada saat melakukan video conference call. Dan oleh karena fitur ini bisa bekerja dua arah, maka suara bising di lingkungan lawan bicara pun juga akan disaring dengan fitur ini.

Berbagai fitur pendukung produktivitas lain yang sifatnya esensial seperti lampu LED backlit pada keyboard, port konektivitas yang lengkap, serta dukungan untuk terhubung dengan tiga monitor eksternal dengan resolusi layar 4K melalui dua port Thunderbolt 4 dan sebuah port HDMI 2.0, juga sudah ada di laptop ini. Bahkan ia juga punya fitur NumberPad 2.0, yang akan memunculkan keypad numerik secara virtual pada panel touchpad.

ASUS ExpertBook B5 NumberPad

Tenang saja, fungsi touchpad akan tetap berjalan sebagaimana mestinya walaupun NumberPad ini diaktifkan. Dan menurut pengalaman saya pribadi saat mencoba fitur ini di berbagai laptop ASUS lainnya, ternyata ia cukup pintar untuk bisa membedakan mana input yang dimaksudkan untuk menekan tombol, dan mana input yang dimaksudkan untuk menggeser kursor.

6. Tingkat Keamanan Tinggi

Fitur keamanan merupakan salah satu fokus yang diberikan oleh ASUS ExpertBook series. Termasuk juga pada ExpertBook B5 series. Karena seperti yang kita tau, laptop di seri ExpertBook merupakan laptop yang ditujukan untuk kebutuhan bisnis di level korporasi.

Salah satu fitur keamanan unggulan yang ada pada laptop ini adalah dengan ditanamkannya chip TPM (Trusted Platform Module) yang berguna untuk melindungi berbagai data dan informasi penting lainnya. TPM 2.0 tersebut bakal membuat berbagai data yang disimpan dalam laptop, serta berbagai aktivitas data lainnya akan diproses menggunakan sistem enkripsi.

Sederhananya, dengan adanya chip tersebut, seluruh data yang ada pada ASUS ExpertBook B5 bakal terenkripsi. Dan membuat semua data yang tersimpan pada laptop tersebut, hanya akan bisa digunakan pada satu perangkat itu saja. Dengan kata lain, jika misalnya laptop hilang karena dicuri, lalu kepingan penyimpanan SSD dibongkar dan coba untuk dibaca isinya oleh perangkat komputer lain, maka data yang ada di dalamnya tidak akan bisa terbaca.

Hal ini akan membuat semua data yang tersimpan di ASUS ExpertBook B5 menjadi lebih aman dari resiko pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Resiko kebocoran data akibat peretasan pun bisa diminimalisir dengan adanya chip tersebut. Hadirnya fitur TPM pada laptop ini, juga bakal memaksimalkan kinerja keamanan laptop yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello.

Jika pada laptop biasa, password untuk login Windows akan tersimpan pada perangkat storage seperti HDD dan SSD. Yang mana hal ini akan membuat password menjadi rawan untuk diintip oleh peretas. Sedangkan di ASUS ExpertBook B5, password tersebut akan disimpan oleh TPM, dan juga diberi lapisan keamanan ekstra dengan sistem enkripsi. Demi meminimalisir resiko dibobolnya password tersebut.

Dan untuk mempermudah proses login Windows sekaligus menghindarkan kita dari resiko agar password tidak diintip oleh orang disekitar kita, terdapat pula fitur fingerprint sensor yang menjadi satu dengan tombol power. Terdapat pula fitur webcam shield untuk menutup webcam secara fisik untuk menjamin privasi pengguna. Kita juga bisa mengunci laptop dengan slot Kensington Lock, agar laptop tidak mudah dicuri secara fisik.

7. Layanan Garansi Khusus

Seperti halnya laptop lainnya, setiap pembelian ASUS ExpertBook B5 series tentu juga dilengkapi dengan layanan garansi. Bedanya, tawaran garansi yang diberikan oleh laptop bisnis ASUS ExpertBook series akan berbeda dengan laptop consumer lainnya.

Tidak hanya memberikan garansi 2 tahun, tetapi ASUS juga memberikan penawaran bagi perusahaan untuk bisa mengajukan perpanjangan garansi agar sesuai dengan masa yang diharapkan. Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan layanan ADP (Accidental Damage Protection) yang berlaku selama satu tahun.

ADP ini adalah semacam asuransi, yang bisa diklaim oleh pengguna ASUS ExpertBook B5 series, jika ternyata laptop mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau sesuatu yang tidak diduga. Sehingga, laptop bisa diperbaiki tanpa dikenakan biaya tambahan. Layanan ADP ini sendiri bisa diklaim sebanyak 1 kali selama masa layanan masih berlaku.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan pelayanan premium untuk soal garansi. Dimana kita bisa meminta agar unit laptop yang akan diservis untuk bisa dijemput oleh tim teknisi. Hal yang sama juga berlaku pada saat unit laptop sudah selesai diservis.

Ditambah lagi, kita juga bisa meminta untuk tidak menyertakan storage (SSD/HDD) pada saat service akan dilakukan. Sehingga, keamanan data yang terdapat pada storage laptop tersebut akan lebih terjamin. Karena kita sendiri yang akan menjaga storage tersebut agar tidak dibuka oleh orang lain.

Jadi, ASUS ExpertBook B5 Cocok Untuk Siapa?

Berdasarkan ketujuh fitur unggulan yang sudah disebutkan di atas, terlihat jelas bahwa ASUS ExpertBook B5 series akan sangat cocok untuk digunakan sebagai laptop perusahaan. Fitur keamanan data yang dimilikinya, jelas amat sangat penting agar data-data sensitif milik perusahaan bisa lebih terjamin keamanannya.

Pekerja yang sering turun ke lapangan pun bisa lebih terhindar dari rasa was-was, karena ketangguhan dari laptop ini akan siap menemani di segala kondisi. Lalu berbagai fitur lain baik dari sisi performa, ataupun produktivitas, memungkinkan semua pekerja untuk bisa menyelesaikan tugas dengan baik cepat. Namun jangan dikira bahwa ia hanya cocok untuk perusahaan besar saja. Karena bagi UMKM sekalipun, ASUS ExpertBook B5 juga bisa dijadikan sebagai pilihan yang masuk akal.

Selain lebih aman dari resiko data yang “disandera” oleh peretas, para pelaku UMKM juga bisa terhindar dari resiko pencurian data berupa rahasia dagang, ataupun data-data pribadi lain yang tidak ingin kita perlihatkan kepada orang lain. Yang sangat mungkin bisa terjadi jika laptop diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dapatkan Kesempatan Memenangkan ASUS ExpertBook B5!

Dalam rangka peluncuran ASUS ExpertBook B5 series di Indonesia, ASUS bekerjasama dengan Techijau.com untuk menyelenggarakan kompetisi menulis blog dengan tema bagaimana laptop ASUS ExpertBook B5 series cocok digunakan untuk menopang produktivitas dan bisnis.

Kamu bisa mendapat kesempatan untuk memenangkan total 3 unit laptop, dan juga 5 voucher OVO senilai total 10 juta rupiah. Syarat dan ketentuannya bisa dibaca di halaman pengumuman ASUS ExpertBook B5 blog competition. Kompetisi ini tidak dipungut biaya alias gratis, dan berlaku sampai 31 Maret 2022.

Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B5

Main Spec. ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 11 Pro
Memory Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM
Storage Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support
Display 13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio
Graphics Intel Iris X Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported
Battery 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.11kg
Colors Black
Price Start from Rp22.XXX.XXX
Warranty 2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B5 Flip

Main Spec. ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 11 Pro
Memory Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM
Storage Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support
Display 13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio, touchscreen with pen support
Graphics Intel Iris X Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported
Battery 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.11kg
Colors Black
Price Start from Rp21.XXX.XXX
Warranty 2 tahun garansi global with optional warranty upgrades
Artikel sebelumnyaMau Laptop atau OVO? Yuk Ikutan ASUS ExpertBook B5 Blog Competition!
Artikel selanjutnyaApa Itu Widget Pada Android?
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini