ASUS Vivobook Flip 14 TP470: Powerful, Bisa Jadi Tablet, Ada Sylus-nya!

ASUS Vivobook Flip 14 TP470: Powerful, Bisa Jadi Tablet, Ada Sylus-nya! – Sebagai orang yang gemar bekerja dengan laptop sambil rebahan, saya pribadi sangat menyukai jenis laptop convertible alias laptop yang layarnya bisa diputar hingga 360 derajat, dan berubah fungsi menjadi layaknya sebuah tablet. Karena saya beranggapan bahwa laptop jenis ini bakal lebih praktis, sekaligus lebih nyaman saat digunakan sambil rebahan.

Dan saya yakin, kaum rebahan pasti akan setuju dengan saya jika sudah mencobanya sendiri. Salah satu contoh laptop yang masuk kategori tersebut adalah ASUS Vivobook Flip 14 TP470. Yang baru-baru ini resmi dirilis ke pasar Indonesia. Kira-kira, apa saja ya kelebihan dari laptop ini?

Kelebihan ASUS Vivobook Flip 14 TP470

Keunggulan ASUS Vivobook Flip 14 TP470Kita mulai dari sisi performanya terlebih dahulu. ASUS Vivobook Flip 14 TP470 bisa dibilang memiliki performa yang menjanjikan. Karena ia sudah menggunakan prosesor Intel Core i7-1165G7, yang merupakan prosesor generasi terbaru (generasi ke-11) dari Intel. Prosesor ini sudah terbukti bisa memberikan performa yang sangat gesit, sekaligus efisien dalam penggunaan daya. Dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta clockspeed maksimal hingga 4.7GHz.

Ditambah lagi, prosesor tersebut dipadukan dengan chip grafis Intel Iris Xe Max Graphics, yang merupakan dedicated graphic card (grafik diskrit) terbaru dari Intel yang punya memory VRAM 4GB DDR4X. Jadi bukan cuma mengandalkan chip grafis terintegrasi saja ya. Hal ini sekaligus menjadikan ASUS Vivobook Flip 14 TP470 sebagai laptop ASUS pertama yang menggunakan Intel Iris Xe Max.

Salah satu teknologi yang dihadirkan pada Intel Iris Xe Max adalah Intel Deep Link Technology. Yang menjanjikan performa serta efisiensi lebih baik saat digunakan untuk content creation, gaming, serta kemampuan encoding di sebuah laptop ultraportable.

Masih dari segi dapur pacu. Pada varian dengan Intel Core i7, ASUS membenamkan RAM berkapasitas 16GB LPDDR4X untuk membuatnya siap diajak multitasking tanpa kendala, ataupun juga untuk diajak melakukan berbagai pekerjaan berat. Ditambah lagi, penyimpanan berjenis SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 berkapasitas 512GB juga bakal semakin mengoptimalkan performa kecepatan dari laptop ini. Memungkinkannya untuk dapat menyelesaikan loading dengan lebih cepat, tanpa harus merasakan gejala bottleneck.

Diatas kertas, ASUS Vivobook Flip 14 TP470 ini seharusnya akan sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi pendukung kreatifitas dan pembuatan konten yang terkenal berat. Seperti misalnya untuk editing video, pengolahan gambar, hingga bahkan pengolahan video tingkat lanjut pada aplikasi seperti Adobe After Effects. Dengan catatan, pengolahan tersebut dilakukan menggunakan software original, dan bukan menggunakan software bajakan yang menyimpan banyak kerugian.

Berikut adalah beberapa hasil benchmark dari ASUS Vivobook Flip 14 TP470:

Bicara soal software original, ASUS juga sudah memberikan sistem operasi Windows 10 Home original, serta aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 original yang berlaku permanen, pada laptop ini. Yang menjadikannya semakin menarik adalah, walau ia punya performa yang sangat mumpuni, ternyata ASUS Vivobook Flip 14 TP470 punya bobot hanya 1.5kg saja. Dimensi fisiknya juga ringkas, dengan bezel tipis yang menghasilkan screen-to-body ratio hingga 82%, dan ketebalan hanya 1.87cm saja. Hal ini membuatnya sangat mudah untuk dibawa-bawa, serta tetap nyaman digunakan sambil rebahan.

Layar Sentuh, Dengan Dukungan Stylus!

Untuk dapat beroperasi layaknya sebuah tablet, sudah pasti ia juga wajib memiliki fitur input berupa layar sentuh alias touchscreen. Fitur touchscreen pada panel layar dari laptop ASUS Vivobook Flip 14 TP470 ini bukan hanya memudahkan kita saat melakukan aktivitas scroll-scroll layar saja, tetapi juga dapat menjadi sebuah fitur tambahan untuk mendukung produktivitas.

Fitur ASUS Vivobook Flip 14 TP470Karena, ia sudah didukung dengan stylus yang sudah memiliki fitur pressure input, yang dapat mensimulasikan tekanan pena saat menggambar, serta sudah kompatibel dengan teknologi Windows Ink. Keunggulannya ini tak hanya memudahkan untuk urusan mencatat ide-ide, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk membuat draft karya yang kita inginkan. Sehingga semakin membebaskan kita untuk melakukan hal-hal kreatif bersama dengan laptop ini. Kabar baiknya, stylus tersebut juga sudah langsung didapat dalam paket penjualannya.

Tampilan layarnya yang menggunakan panel IPS beresolusi Full HD juga akan memastikan tampilan gambar akan terlihat tajam.

Konektivitas Lengkap

Konektivitas ASUS Vivobook Flip 14 TP470Dari segi konektivitas input dan outout, ASUS Vivobook Flip 14 TP470 juga tergolong lengkap sekaligus modern. Termasuk diantaranya ada port USB Type-A, USB Type-C, microSD card reader, 3.5mm combo audio jack, hingga port HDMI 1.4 untuk memudahkannya saat ingin dihubungkan dengan monitor eksternal.

Port USB Type-C pada laptop ini sudah dilengkapi dengan teknologi Thunderbolt 4 yang menawarkan kecepatan transfer data sangat tinggi hingga 40Gbps. Memungkinkannya untuk dapat dijadikan sebagai display output pada monitor dengan resolusi hingga 8K. Selain itu, port ini juga dapat digunakan untuk menghubungkannya dengan GPU eksternal untuk mendongkrak performa grafisnya di level yang bahkan lebih tinggi lagi.

Kelebihan ASUS Vivobook Flip 14 TP470

Hal yang membuatnya semakin menarik adalah, laptop terbaru dari ASUS di pertengahan tahun 2021 ini juga bisa diisi ulang baterainya menggunakan adapter power delivery melalui port USB Type-C. Sehingga akan membuatnya semakin praktis saat harus dibawa bepergian.

Lalu untuk konektivitas nirkabel, ASUS Vivobook Flip 14 TP470 sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.0, dan juga teknologi terbaru Wi-Fi 6. Yang mana teknologi Wi-Fi 6 ini punya keunggulan dari sisi kecepatan transfer data yang lebih tinggi, latensi yang lebih kecil, serta lebih stabil dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini menjadikannya sangat siap digunakan untuk mendukung aktivitas serta keseharian para kreator muda yang dinamis dan mobile.

Akhir Kata …

Harga resmi ASUS Vivobook Flip 14 TP470 IndonesiaDengan berbagai kelebihannya tersebut, laptop ini bisa menjadi pilihan bagi kita yang menginginkan sebuah laptop multifungsi, dengan performa yang cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi pendukung kreatifitas. Sekaligus dapat menjadi partner yang siap untuk diajak beraktivitas kapan saja dan dimana saja.

Fitur tambahan berupa sensor sidik jari alias fingerprint scanner yang terletak pada pojok kanan atas touchpad-nya, membuatnya semakin praktis sekaligus lebih aman pada saat akan login Windows. Berikut adalah harga resmi dan spesifikasi lengkap dari ASUS Vivobook Flip 14 TP470:

Main Spec. VivoBook Flip 14 (TP470)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Operating System Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed
Memory 8GB LPDDR4X RAM

16GB LPDDR4X RAM

Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 14.0″ (16:9) IPS-Level FHD (1920×1080), Touchscreen with stylus input (included)
Graphics Intel® Iris Xᵉ Max Graphics with 4GB DDR4X VRAM

Intel® Iris Xᵉ Graphics

Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in//1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, Micro SD card reader
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension  32.40 x 22.00 x 1.87 ~ 1.87 cm
Weight 1,5 Kg
Colors Transparent Silver, Indie Black
Price Rp13.799.000 (Core i5 / 8GB RAM / 512GB NVMe PCIe SSD)

Rp16.299.000 (Core i7 / 16GB RAM / 512GB NVMe PCIe SSD)

Warranty 2 tahun garansi global
Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P