Home Tutorial Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti”

Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti”

54308
126

Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti” – Sepertinya semua pengguna ASUS Zenfone sudah tau bahwa perangkat yang digunakannya tersebut menggunakan tampilan antarmuka yang diberi nama ZenUI. Apaaaa, kamu belum tau? Coba kamu baca dulu deh soal apa itu ZenUI.

Beberapa hari lalu, mimin menemukan sebuah masalah pada ASUS Zenfone 2 yang mimin gunakan. Setelah melakukan update system (update firmware), smartphone ini mendadak rewel. Ia terus saja menampilkan pesan error yang bertuliskan “Unfortunately ZenUI Launcher has stopped” atau kalau dalam Bahasa Indonesia kurang lebih artinya “Sayangnya pengaktif ZenUI telah berhenti”. Setelah pesan itu muncul, layar perangkat mendadak menjadi gelap/hitam, dan tampilan home screen tidak nampak seperti sebagaimana mestinya.

BACA JUGA : Kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 2

Sayangnya pengaktif ZenUI telah berhentiApakah kamu juga mengalami masalah yang sama pada Zenfone milikmu? Tenang, kamu tak perlu panik karena disini mimin akan memberikan trik sederhana sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Gampang aja kok, mending langsung ke TKP yuk!

1. Pertama, kamu masuk ke menu Setting pada smartphone mu. Kalau misalnya kamu tidak bisa mengakses menu/aplikasi setting melalui App drawer, kamu bisa mengaksesnya melalui Quick Panel yang terletak di bagian paling atas layar (pilih icon gear yang terdapat di sebelah kanan atas). Setelah masuk ke setting, cari menu Apps seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Mengatasi pengaktif ZenUI yang berhenti2. Setelah itu akan muncul daftar apps apa saja yang terinstal pada perangkat kita. Sekarang, swipe / geser layar ke kiri untuk mencari tab “All” (semua aplikasi). Scroll terus ke bawah hingga kamu menemukan ZenUI Launcher (Pengaktif ZenUI).

ZenUI Launcher3. Setelah menemukan dan membukanya, maka kamu akan menemukan tampilan seperti pada gambar dibawah ini (sebelah kiri). Sekarang klik tombol Manage space (kelola ruang) seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini. Namun sebelum mengklik “OK” ada beberapa hal yang harus kamu tau yaitu:

Semua pengaturan pada ZenUI launcher termasuk Home screen, tata letak aplikasi dan folder, widget, lock apps, dan juga wallpaper akan dikembalikan seperti pengaturan awal (seperti baru beli), sehingga nantinya kamu perlu mengatur kembali peletakan icon apps, folder, widget dll.

Cara mengatasi ZenUI has stopped4. Jika sudah, mimin sarankan untuk langsung menekan tombol power untuk melakukan restart (nyalakan ulang) pada perangkat. Dan ketika sudah menyala kembali, kamu akan menemukan tampilan seperti ini ketika kamu membuka lockscreen:

ZenUI pada ASUS ZenfoneKlik Next untuk melanjutkan. Dan sekarang, seharusnya perangkatmu tidak mengalami masalah yang sebelumnya dialami. Nah, itulah cara untuk mengatasi “Unfortunately, ZenUI Launcher has stopped” pada perangkat Zenfone. Cara ini bisa diterapkan untuk semua perangkat ASUS Zenfone termasuk Zenfone 2, 4, 5, 6, Zenfone Selfie, Max, dll. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

126 COMMENTS

  1. saran saya untuk memperbaikinya pake pc, tutor di ataskan untuk android yang masih berfungsi,kalo systemuinya keluar terus, trus layar gelap gulita, kan repot

  2. Gan kalo sudah di lakukan seperti petunjuk tapi masalahnya ga kelar juga gimana gan??
    apa ada solusi lain ?
    Moohon bantuannya ya gan
    Thanks

  3. Gan kalau hpnya tidak bisa nyala bagaimana?. Awalnya saya dapat notif ZEN UI itu cuma saya coba langsung Reset hpnya tapi pas mencoba kembali menyala malah stuck di proses akhir yang ada tulisan Asus dan dibawahnya itu ada lingkaran.

  4. Gan saya pake zenfone 6, awalnya mucul notif ZEN UI itu cuma saya langsung restart HP saya entah kenapa pas proses menyalakan malah stuck yang ada tulisan Asus dan bawahnya ada lingkaran itu. Solusinya apa ya. Mohon pencerahannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here