Home Tutorial Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti”

Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti”

42402
103
SHARE

Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti” – Sepertinya semua pengguna ASUS Zenfone sudah tau bahwa perangkat yang digunakannya tersebut menggunakan tampilan antarmuka yang diberi nama ZenUI. Apaaaa, kamu belum tau? Coba kamu baca dulu deh soal apa itu ZenUI.

Beberapa hari lalu, mimin menemukan sebuah masalah pada ASUS Zenfone 2 yang mimin gunakan. Setelah melakukan update system (update firmware), smartphone ini mendadak rewel. Ia terus saja menampilkan pesan error yang bertuliskan “Unfortunately ZenUI Launcher has stopped” atau kalau dalam Bahasa Indonesia kurang lebih artinya “Sayangnya pengaktif ZenUI telah berhenti”. Setelah pesan itu muncul, layar perangkat mendadak menjadi gelap/hitam, dan tampilan home screen tidak nampak seperti sebagaimana mestinya.

BACA JUGA : Kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 2

Sayangnya pengaktif ZenUI telah berhentiApakah kamu juga mengalami masalah yang sama pada Zenfone milikmu? Tenang, kamu tak perlu panik karena disini mimin akan memberikan trik sederhana sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Gampang aja kok, mending langsung ke TKP yuk!

1. Pertama, kamu masuk ke menu Setting pada smartphone mu. Kalau misalnya kamu tidak bisa mengakses menu/aplikasi setting melalui App drawer, kamu bisa mengaksesnya melalui Quick Panel yang terletak di bagian paling atas layar (pilih icon gear yang terdapat di sebelah kanan atas). Setelah masuk ke setting, cari menu Apps seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Mengatasi pengaktif ZenUI yang berhenti2. Setelah itu akan muncul daftar apps apa saja yang terinstal pada perangkat kita. Sekarang, swipe / geser layar ke kiri untuk mencari tab “All” (semua aplikasi). Scroll terus ke bawah hingga kamu menemukan ZenUI Launcher (Pengaktif ZenUI).

ZenUI Launcher3. Setelah menemukan dan membukanya, maka kamu akan menemukan tampilan seperti pada gambar dibawah ini (sebelah kiri). Sekarang klik tombol Manage space (kelola ruang) seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini. Namun sebelum mengklik “OK” ada beberapa hal yang harus kamu tau yaitu:

Semua pengaturan pada ZenUI launcher termasuk Home screen, tata letak aplikasi dan folder, widget, lock apps, dan juga wallpaper akan dikembalikan seperti pengaturan awal (seperti baru beli), sehingga nantinya kamu perlu mengatur kembali peletakan icon apps, folder, widget dll.

Cara mengatasi ZenUI has stopped4. Jika sudah, mimin sarankan untuk langsung menekan tombol power untuk melakukan restart (nyalakan ulang) pada perangkat. Dan ketika sudah menyala kembali, kamu akan menemukan tampilan seperti ini ketika kamu membuka lockscreen:

ZenUI pada ASUS ZenfoneKlik Next untuk melanjutkan. Dan sekarang, seharusnya perangkatmu tidak mengalami masalah yang sebelumnya dialami. Nah, itulah cara untuk mengatasi “Unfortunately, ZenUI Launcher has stopped” pada perangkat Zenfone. Cara ini bisa diterapkan untuk semua perangkat ASUS Zenfone termasuk Zenfone 2, 4, 5, 6, Zenfone Selfie, Max, dll. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

103 COMMENTS

  1. Apakah untuk asus zenfone max 16gb cara mengatasi zenui juga seperti diatas? Seperti zenfone laser dan lainnya?
    Soalnya susah banget buat foto,, peluncur zenui telah berhenti melulu,, jd malu sama handphone yg lebih jadul

  2. Boss ane minta tolong gmn caranya dan solusinya hp zenfone 2 lanser ane error selalu tampil masala UI telah berhenti.dan setting jg berhenti .

  3. Mau nanya ni om
    Master
    Ane punya zenfoene 2 ram 4
    Ga bisa double tap om
    Bisa nya hanya di saat pas di charger dan di saat download om minta solusi nya om plis
    Udah di stelan pabrik tapi tetep aja om ga bisa
    Di fast rebboot lewat tombol volume dan tombol power ga ngerespon om
    Maaakasih om

  4. wah info nya sangat bermanfaat mas, berhasil mengatasi masalah tersebut, tadi hampir saja saya khawatir gadget saya bermasalah, tetapi dengan mengikuti saran mas nya masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah, sangat bermanfaat

    titip link ya mas , saling membantu saja sesama blogger Temakita ,terimakasih

  5. Kenapa ga nemu ini dari dulu. Saking kesalnya dapat pesan pop-up launcher berhenti sama black screen keseringan, jadi sering getokin hp ke meja 🙁 untung ga rusak. caranya berhasil, terus leletnya berkurang, makasih buat tutorialnya, semoga semakin banyak yg terbantu.

  6. gan, aku mengalami seperti ini tiap detik trus aku coba matiin , trus pas di hidupin kok yg nongol cmn logo asus nya aja , nggak ke home scree, udh dicoba berkali kali ttp gabisa… solusinya gmn ya gan?

  7. Bang hp saya asus zenfone 5 habis saya hard riset masih aja launchernya tidak menanggapi terus menerus,ada tulisanaya menyelesaikan boot,layarnya gelap,launchernya tidak menanggapi layarnya gelap

    Tolong pencerahanya bang

    • Wait, itu aplikasinya disimpen di sd card bukan? Kalo iya, bisa jadi ada masalah di microSD nya. Kalo ternyata simpennya di hape, yaa software nya ada masalah. Mesti coba factory reset kalo begitu (semua data bakal ilang)

  8. Kak mau nanya nih kan aku lagi mainin hape terus tiba tiba si toolbar itu ilang gabisa di pencet apa apa pas aku restart sayang nya launcher berhenti apa bisa pake cara ini juga atau engga?makasi mohon reply kak

    • Ada crash itu sepertinya. Mungkin bisa coba factory reset aja Kak. Tapi, semua data hilang. Dan kalo udah pake OS Marshmallow, akun google yang ke simpen di hape wajib di inget karena nanti bakal diminta lagi

    • Kalo gitu terpaksa di factory reset Kak. Masuk ke setting – backup & reset – factory data reset.

      Note: Semua data bakal hilang. Pastikan baterai diatas 50% sebelum eksekusi, karena bakal makan waktu lama dan menguras baterai. Pastikan Kakak inget password akun gmail yang tersimpan di hape itu, karena nanti passwordnya bakal diminta lagi (untuk yang sudah upgrade ke marshmallow)

  9. Sudah dikerjakan semua step di atas termasuk restart, tapi tetap muncul ‘unfortunately, asus launcher has stopped
    Ohya, di hape saya tidak ada pilihan report, hanya ok
    Langkah apalagi yang harus saya kerjakan?

    • Terpaksa di factory reset Kak..

      Tapi, semua data bakal hilang, jadi silakan di copy dulu file-file penting di hape ke tempat lain (laptop misalnya) sebagai backup. Sebelum reset, pastikan baterai diatas 50% karena bakal menguras baterai dan makan waktu lama. Dan pastikan juga Kakak masih ingat password akun gmail yang tersimpan di hape itu, karena nanti bakal diminta lagi.

      Cara reset nya : Masuk ke setting – backup & reset – factory reset (kembali ke pengaturan pabrik)

  10. Misi gan, hape saya asus Z00VD sering banget asus launchernya terhenti, setelah itu hapenya ngelek gabisa diapa-apain. udah saya hard reset tetep aja begitu, sangat resah dengan hape yang setiap hari bgini. mohon solusinya jika agan tau..
    makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here