Fitur Kamera Pada Andromax A dan Hasil Fotonya

Fitur Kamera Pada Andromax A dan Hasil Fotonya

12974
22
SHARE

Fitur Kamera Pada Andromax A dan Hasil Fotonya – Melanjutkan tulisan soal Review Smartfren Andromax A yang sudah mimin tuliskan sebelumnya, kali ini mimin akan membuat sebuah bahasan khusus mengenai fitur kamera beserta beberapa sample foto yang diambil menggunakan perangkat tersebut. Eits, buat kamu yang belum baca postingan sebelumnya itu, mending kamu baca dulu gih!

Hemm, kenapa sih kok mesti dipisah? Yaa biar bahasannya lebih lengkap dan detail donk, lagian tulisan sebelumnya itu udah panjang juga, kan? Udah yuk, sekarang mending kita langsung masuk ke bahasan utama. Kita mulai dari fitur apa saja yang dimiliki oleh kamera dari Andromax A.

Mode Pemotretan

Mode pemotretan yang dimiliki smartphone dibawah sejutaan ini bisa dibilang standar, tapi bukan berarti sedikit yaa, cuma standar aja. Ada mode auto yang pastinya bakal mendeteksi dan memberikan settingan terbaik (bagi software nya) secara otomatis, lalu disusul dengan beberapa mode lain termasuk mode Potret, Lanskap, Olahraga, Bunga, Lampu latar, Cahaya lilin, (matahari) Terbenam, Malam, Pantai, dan juga Salju.

Masing-masing dari mode ini jelas memiliki keistimewaannya sendiri. Namun mimin tak menemukan perbedaan yang berarti dari mode Potret, Lanskap dan Lampu latar. Ketiganya nampak menghasilkan foto yang serupa dengan settingan ISO, shutter speed dan White balance yang tak jauh beda, sehingga sepertinya pengguna cukup menggunakan mode Auto saja.

BACA JUGA : Apa Itu Shutter Speed Pada Kamera?

Untuk mode Olahraga, seharusnya sih kamera akan melakukan setting shutter speed yang cepat untuk dapat menangkap objek bergerak, tapi entah pada prakteknya bagaimana, mimin belum mencobanya.

  • Mode Bunga : Kamera akan secara otomatis menaikkan tingkat saturasi, sehingga gambar yang diambil akan nampak lebih berwarna.
  • Mode (matahari) Terbenam : Akan menurunkan tingkat kecerahan atau Exposure Value (EV) yang mungkin tujuannya agar dapat menangkap foto yang lebih dramatis.
  • Mode Pantai : Kamera nampak melakukan setting penurunan kontras pada gambar, karena memang pada umumnya suasana di pantai pada siang hari memiliki kontras yang amat tinggi sehingga rasanya settingan yang dilakukannya itu sudah cukup tepat.
  • Mode Cahaya Lilin : White balance di setting menjadi lebih dingin (kebiruan) untuk memberi keseimbangan warna, karena cahaya lilin umumnya akan memberikan efek warna kekuningan.
  • Mode Malam : Kamera akan menaikkan ISO ke tingkat yang paling tinggi dan shutter speed paling lambat (jika diperlukan) untuk memberikan gambar yang lebih cerah, meskipun masih ada keterbatasan pada setting untuk keduanya.
  • Mode Salju : Mode ini juga akan sedikit mengubah white balance menjadi lebih dingin untuk memperkuat kesan dingin pada foto salju.

Fitur Lainnya

UI Kamera Andromax AUI yang sederhana membuatnya nampak terkesan memiliki sedikit sekali pengaturan. Padahal, software kamera bawaannya ini punya berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Selain mode pemotretan yang sudah mimin sebutkan diatas, terdapat beberapa fitur lain termasuk HDR, Panorama, dan juga penambahan efek kamera.

Berikut adalah sample foto dari kamera Smartfren Andromax A yang diambil pada pagi menjelang siang.

Hasil kamera Andromax AJika dilihat sepintas, fotonya kelihatan bagus ya? Iya, terlalu bagus malah. Padahal sebenarnya, foto diatas nampak sedikit over saturasi, dalam arti warna yang dihasilkan agak terlalu nge-jreng sehingga nampak tidak alami, khususnya dari warna langit yang nampak terlalu biru. Tapi meskipun begitu, menurut mimin hal itu masih bisa di toleransi kok. Sekarang, coba kita lihat lebih detail yuk!

Detail foto siang hari Andromax ADari gambar diatas (pada bagian daun) terlihat bahwa kamera ini memproses gambar dengan kontras yang juga sedikit berlebihan. Padahal ini foto di pagi hari loh, tapi ia nampak seperti diambil pada siang hari.

Sekarang mimin coba untuk ambil gambar lain dari jarak dekat, dengan menghindari sinar matahari langsung. Dan hasilnya :

Review kamera Andromax AAperture kamera f/2.4 yang dimilikinya cukup membantu untuk memberikan efek blur pada background dari objek utama. Iya, cukup. Gambar juga terlihat cukup detail, dan mimin rasa tidak ada yang perlu dipermasalahkan pada hasilnya ini. Kalau kamu merasa fotonya agak kebiruan, mungkin itu karena kamera menyesuaikan white balance dengan background yang memang nampak lebih cerah dengan cahaya kekuningan khas mentari pagi.

BACA JUGA : Apa Itu Aperture Pada Kamera?

Terus kamera depannya gimana? Apakah sama seperti kamera belakang mengingat resolusinya yang sama-sama 5 megapixel? Ternyata nggak. Sebelumnya kamu perlu tau bahwa besaran megapixel bukan merupakan tolok ukur dari kualitas foto, dan buat kamu yang belum paham, bisa intip penjelasannya di halaman apa itu megapixel pada kamera. Coba perhatikan hasil fotonya dibawah ini.

Kamera depan Andromax ASebelumnya maaf, nggak ada foto muka disana, karena mimin nggak suka foto selfie 😛 . Coba perhatikan dan bandingkan, dari gambar diatas, terlihat beberapa perbedaan dari hasil foto kamera belakangnya.

Sudut pandang dari kamera depan ini terlihat lebih luas, sehingga cocok banget untuk berfoto selfie agar background nya tetap terlihat. Dan saturasi warna serta kontras yang dihasilkan juga tak terlalu berlebih seperti halnya yang terjadi pada kamera belakang. Namun demikian, detail ketajaman pada gambar pun mimin lihat juga sedikit menurun. Sekarang kita coba ke mode HDR.

BACA JUGA : Apa Itu Fungsi Fitur HDR Pada Kamera Hape?

Mimin rasa, mode HDR yang dimilikinya ini masih kurang optimal untuk memecah perbedaan exposure dari objek di depannya. Jika kita lihat pada gambar dibawah, masih terlihat cukup jelas bahwa kontras atau perbedaan exposure (pencahayaan) masih belum bisa diatasi dengan baik, sehingga masih ada bagian gambar yang mempunyai “sisi gelap”.

HDR mode Andromax ADari gambar diatas bisa dilihat kan, bahwa tak terdapat perbedaan yang berarti antara hasil foto mode HDR (diatas) dengan mode auto yang sebelumnya sudah ditampilkan. Tapi, meski mimin sebut bahwa hasilnya kurang optimal, namun harus diakui bahwa hasil ini masih lebih baik dibandingkan dengan mode auto karena warna pada foto terlihat lebih mendekati aslinya.

By the way, kalau kamu ngerasa hasil foto dari hape ini terlihat over saturasi seperti yang sudah mimin sebutkan sebelumnya, kamu bisa mengatasi hal itu dengan melakukan setting untuk menurunkan tingkat saturasi nya. Iya, sudah disediakan kok.

Settingan kamera Andromax ASecara default, settingan saturasi di atur pada level 5. Jadi, turunkan aja ke level 4 untuk mendapatkan hasil foto dengan warna yang lebih alami. Setting kontras pun demikian. Dan kita juga bisa melakukan setting ISO pada kamera, untuk meminimalisir munculnya noise pada gambar, khususnya ketika kita mengambil foto di area gelap.

BACA JUGA : Apa Itu Noise Pada Kamera?

Sekarang kita coba untuk foto indoor yuk! Ini salah satu contohnya, foto indoor di siang hari menggunakan Andromax A.

Kamera Andromax A indoor siang hariDari foto diatas terlihat bahwa gambar masih terlihat cukup jelas, meskipun mulai muncul sedikit noise, tetapi mimin rasa masih dalam batas kewajaran. Terus, gimana kalo foto indoor pada malam hari?

Hasil foto low light Andromax AFoto diatas diambil dengan penerangan lampu yang ada di ruangan yang mimin rasa cukup terang. Dan ya, noise sudah bermunculan disana sehingga mengurangi detail, meskipun tak terlalu mengganggu dan sekali lagi, masih dalam batas kewajaran.

Akhir Kata . . .

Secara keseluruhan, kamera dari Andromax A ini masih bisa dianggap bagus, jika mengingat dia hanya merupakan smartphone kelas entry level dengan banderol harga yang sangat murah. Mimin tak yakin bahwa akan ada smartphone di kisaran harga yang sama yang mampu menyaingi hasil fotonya. Dan mimin rasa, kameranya ini masih bisa dimanfaatkan untuk kamu yang ingin belajar fotografi menggunakan ponsel.

BACA JUGA : Tips Fotografi Menggunakan Kamera Hape

Tapi ingat, jangan berharap terlalu tinggi yaa. Oke deh, cukup sekian untuk review hasil foto dari kamera Smartfren Andromax A. Kalau ada pertanyaan, tinggalin aja komentar, nggak bayar kok 🙂 . Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

Cek Harga Andromax A

22 COMMENTS

    • Nggak bertahan lama gimana maksudnya, Kak? 😮

      Masa gabisa dibuka? Sepertinya error tuh. Coba masuk ke setting – apps – semua apps – cari app kamera, terus klik hapus data / kelola ruang. Abis itu restart hapenya

  1. Mas mau tanya kenapa kamera depannya hasilnya gak sperti kita ngaca?
    Malah jadi terbalik kayk misalkan aq fotonya di kanan pas ud jadi aq kok malah dikiri ya?
    Itu bawaan hp ato gimana?

    • Kalo untuk hasil foto yang ada disini, itu setting otomatis alias bawaan hapenya aja kok, Kak. Kalo agak pucat, coba di cek lensa kameranya. Biasanya sih penyebabnya itu karena lensanya tergores

    • Duh, udah lama nggak pegang Andromax A. Mungkin bisa coba cari di settingan yang bertuliskan “Flip photo” atau semacamnya, Kak (untuk kamera depan). Kalo nggak ada yaa nggak bisa deh

LEAVE A REPLY