Home Review Review Smartfren Andromax A : Hape Murah Serba Bisa

Review Smartfren Andromax A : Hape Murah Serba Bisa

54421
90
SHARE

Review Smartfren Andromax A : Hape Murah Serba Bisa – Smartfren nampaknya tak main-main untuk meramaikan persaingan smartphone tanah air. Mereka masih terus saja memperbarui lini produk smartphone Andromax series nya untuk beberapa segmen pasar yang berbeda, dan tentunya masih mengandalkan konektivitas 4G LTE Smartfren yang di bundling pada tiap-tiap perangkat.

Review Smartfren Andromax APada awal Juni 2016 lalu misalnya, mereka memperkenalkan 2 produk baru yakni Andromax E2 Plus sebagai penerus dari versi lamanya serta Andromax A yang merupakan pemain baru yang ditempatkan di pasar kelas entry level. Nah kebetulan, mimin berkesempatan untuk coba mencicipi salah satu dari kedua smartphone terbaru tersebut, yakni Andromax A yang ternyata peminatnya memang cukup banyak.

Dengan banderol harga yang jauh dibawah sejutaan, bentang layar 4.5 inch, kamera 5 megapixel, serta dukungan konektivitas 4G LTE yang menjadi andalannya jelas akan membuat konsumen tergiur untuk memilikinya. Awalnya mimin pikir hape ini tuh yaa cuma “segitu-gitu aja”, tapi ternyata Andromax A mampu melebihi apa yang mimin perkirakan sebelumnya. Apa aja sih kelebihan dan kekurangannya? Kita bongkar kotaknya dulu yuk!

Unboxing Smartfren Andromax A

Paket penjualan smartfren andromax ADiluar dugaan, ternyata paket penjualan dari smartphone ini sangat lengkap. Selain unit smartphone, baterai, charger, kabel USB dan buku petunjuk serta garansi, plus tentunya perdana Smartfren 4G LTE, kita juga akan menemukan sebuah hands-free earphone di dalamnya.

FYI, saat ini tak banyak vendor smartphone yang menyertakan earphone dalam paket penjualan smartphone kelas entry level, low end, atau bahkan kelas mid end sekalipun. Sehingga mimin hampir tak percaya ketika menemukan aksesoris tersebut dalam paket penjualan dari hape dengan harga semurah ini. Bagaimana kualitasnya? Nanti kita bahas dibawah yaa.

Tampilan

Tampilan layar Smartfren Andromax ADari sisi tampilan, terlihat tak ada yang istimewa dari smartphone ini. Ia menggunakan UI yang bersih dan hampir sama persis dengan stock Android UI alias tampilan bawaan Android, sehingga ia nampak hampir sama dengan smartphone entry level lain yang beredar di pasaran.

Perbedaan tampilan yang paling mencolok terletak pada menu Quick Panel yang nampak mendapatkan sedikit perubahan tampilan. Selebihnya, hampir tak ada yang membedakannya dengan tampilan murni Android, termasuk juga untuk menu recent apps.

User interface Andromax ASisi positifnya, Andromax A nampak tak memiliki banyak bloatware, dan mimin hanya menemukan bloatware bawaan dari Google saja yang jumlahnya pun tak terlalu banyak. Artinya, kapasitas penyimpanannya yang kecil takkan terlalu terbebani oleh app bawaan yang terinstal.

BACA JUGA : Apa Itu Bloatware?

Fitur

Untuk hape dengan harga dibawah sejuta, dukungan konektivitas 4G LTE tentu sudah merupakan sebuah fitur yang bisa dibanggakan. Apalagi konektivitas tersebut didukung dengan jaringan Smartfren yang juga kuat dan cepat, setidaknya itu berlaku di tempat mimin mengujinya. Asiknya lagi, kita sudah bisa mencicipi kecepatan internet yang dimilikinya sejak pertama kali menyalakannya karena Smartfren memberikan bonus data sebannyak 8 GB (2 GB 24 jam serta 6 GB paket malam), dengan tambahan bonus berupa SMS dan juga panggilan suara yang berlaku selama 7 hari.

Bonus bundling smartfren andromax AOiya, Andromax A juga sudah mendukung fitur VoLTE loh! Jadi kita tetap bisa melakukan panggilan telepon meskipun sedang menggunakan konektivitas 4G LTE.

Meski layar LCD nya tak bisa dibilang istimewa dalam hal kualitas gambar, namun konten didalamnya masih bisa terlihat walau sedang berada dibawah sinar matahari. Ya, mode kecerahan layar otomatis yang dimilikinya akan meningkatkan kecerahan secara drastis saat ia mendeteksi adanya cahaya kuat yang mengarah ke layar. Tapi, kita mesti menunggu beberapa detik sebelum perangkat mulai melakukan perubahan pada kecerahan layarnya.

Sayangnya, layarnya ini tak memiliki sudut pandang yang luas sehingga mempengaruhi visibilitas, khususnya ketika mimin mencobanya untuk memainkan game atau menonton video. Ada kesan silau yang sedikit mengganggu mimin untuk melihat konten di dalam layar. Tapi hal itu masih bisa dimaklumi karena memang itu merupakan “penyakit” umum untuk jenis layar serupa. Yang menarik, layarnya sih memang tak dilapisi perlindungan macam Gorilla Glass, namun ternyata ia sudah dibekali dengan pelindung layar tambahan sejak masih dalam dus nya.

BACA JUGA : Apakah Gorilla Glass Bisa Pecah?

Masih soal layar, smartfren memperkaya perangkat ini dengan fitur smart screen gesture, yang memungkinkan kita untuk menyalakan layar hanya dengan menyentuhnya dua kali (tanpa harus menekan tombol power), atau menjalankan apps tertentu langsung dari layar yang sedang mati dengan menggambar pola huruf “C” untuk membuka dial pad, “O” untuk kontak, “W” untuk membuka chrome, “e” untuk membuka gallery, serta “m” untuk membuka menu musik.

Sayangnya, gesture lain seperti slide down to launch camera dan slide up to unlock nampak tak bekerja dengan baik khususnya ketika keduanya diaktifkan secara bersamaan. Fitur lain yang terdapat pada smartphone ini adalah Snapdragon Audio+ yang akan membantu kinerja keluaran suara ketika sedang menggunakan earphone atau headset. Untuk sensor, ia hanya dibekali dengan beberapa sensor utama saja seperti Proximity, Accelerometer, dan juga sensor cahaya. Yaa tapi mimin rasa sudah cukup lah yaa jika mengingat ia dibanderol dengan harga yang sangat murah.

Sensor yang tersedia pada Andromax ATerus, untuk kamera gimana? Seperti biasa, mimin akan buatkan ulasan khusus untuk itu. Jadi, stay tuned di Techijau yaa 🙂

BACA JUGA : Review Kamera Andromax A Serta Fitur Yang Dimiliki

Performa

Mimin dibuat cukup terkesan dengan performa dari Smartfren Andromax A yang dibuat oleh Haier ini. Perpaduan antara prosesor Qualcomm Snapdragon 210 Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7, RAM 1 GB, serta OS Android versi 5.1.1 mampu menyajikan respon yang cukup baik.

BACA JUGA : Skor AnTuTu Andromax A

Meski CPU yang digunakannya tersebut merupakan versi 32-bit (bukan 64-bit yang sudah diadopsi oleh sebagian besar smartphone yang beredar saat ini), which is masih sangat wajar ditemukan pada perangkat semurah ini, namun nampaknya hal itu tak serta merta membuat performanya jadi terasa buruk, khususnya untuk keseharian. Multitasking masih bisa dijalankan tanpa kendala yang berarti, dan proses untuk berpindah dari satu apps ke apps lain pun masih tergolong cepat untuk perangkat di kelas yang sama.

BACA JUGA : Apa Itu Multitasking?

Kapasitas penyimpanan internal yang bisa digunakan adalah sekitar 4 GB lebih sedikit dari total kapasitas 8 GB yang dimilikinya. Untunglah Smartfren tak menjejalinya dengan bloatware yang terlalu banyak. Butuh ruang lebih untuk menyimpan lebih banyak konten? Tenang, sudah disediakan slot microSD kok.

Memory yang tersisa di Andromax AMeski masih sanggup untuk digunakan bermain beberapa judul game seperti Plant vs Zomblo Zombie 2, namun mimin sangat menyarankan untuk menghindari menggunakannya untuk bermain game kategori berat karena memang ia tak dirancang untuk itu. Namun bukan berarti Andromax A tak bisa digunakan untuk menikmati konten hiburan loh.

Fitur Snapdragon Audio+ yang dimilikinya akan dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan musik ketika kita menggunakan aplikasi Musik bawaannya, yang tentu harus dipadukan dengan earphone / headset. Kita bisa setting equalizer, menambahkan kekuatan Bass, serta menambah efek Surround sound. Sayangnya, earphone bawaan dari paket penjualannya tak mampu menghasilkan keluaran suara yang baik, sehingga fitur tersebut jadi terasa kurang optimal.

Kualitas Audio Andromax AOutput suara baru terasa jauh lebih baik setelah mimin mencoba untuk memadukannya dengan earphone ASUS ZenEar, meskipun mimin merasa efek Surround sound nya masih agak kurang greget.

BACA JUGA : Review ASUS ZenEar

Koneksi Smartfren 4G LTE yang cepat dan stabil juga sangat membantu ketika mimin coba untuk streaming musik online via aplikasi JOOX, ataupun streaming video di Youtube. Dan yap, keduanya berjalan lancar tanpa buffering.

Baterai

Untuk perangkat sekelasnya, sebenarnya daya tahan baterai dari Smartfren Andromax A bisa dibilang sangat baik. Ia mampu bertahan seharian penuh untuk penggunaan normal, termasuk untuk menjawab pertanyaan yang masuk di akun Instagram mimin (@masbocah), scroll ocehan di twitter, main FB, serta streaming musik online via aplikasi JOOX selama hampir sejam (mungkin lebih).

Daya tahan baterai Andromax ANamun rasanya, untuk baterai berkapasitas cukup besar yakni 1950 mAh, screen on time selama 3 setengah jam nampaknya masih terbilang standar. Tapi perkiraan mimin sih daya tahan atau screen on time nya bakal bisa lebih lama jika kamu menggunakan aplikasi FB Lite, karena seperti yang bisa kamu lihat diatas, aplikasi FB ternyata menghabiskan daya paling banyak, padahal mimin hanya menggunakannya sesekali saja. Gila memang itu app 😐

Output charger Andromax APerangkat ini dibekali dengan charger bawaan yang memiliki output 1000 mAh. Menurut percobaan yang mimin lakukan, lama pengisian baterai dari 3% ke 100% membutuhkan waktu kurang lebih 2.5 jam dalam keadaan menyala, namun tak digunakan. Jika di charge dalam keadaan mati, waktu charging menjadi lebih singkat yakni sekitar 2 jam saja.

Lama charging Andromax ACukup cepat juga yaa ternyata.

Akhir Kata . . .

Sebenarnya, hape di kisaran harga ini tuh rata-rata hanya ditujukan untuk keperluan sehari-hari yang biasanya tak terlalu berat. Tapi ternyata, Andromax A mampu memberikan sebuah perangkat yang punya potensi lebih dari sekedar penggunaan sehari-hari dengan banderol harga yang sangat terjangkau, meskipun tetap saja ada keterbatasan tertentu yang tidak memungkinkan kita untuk berbuat banyak dengan perangkat ini, seperti misalnya keterbatasan pada ruang penyimpanan yang mengharuskan kita untuk lebih bijak dalam menginstal aplikasi yang sekiranya diperlukan saja.

Kelebihan dan kekurangan Andromax ADan menurut mimin, perangkat ini masih sangat pantas untuk bersaing bahkan dengan smartphone lain yang dibanderol dengan harga yang lebih mahal, khususnya dari sisi performa yang jelas sangat terbantu oleh spesifikasi yang dimilikinya. Apalagi, saat ini belum banyak smartphone dibawah sejuta yang punya konektivitas 4G LTE, yang membuatnya sangat layak untuk dipertimbangkan. Sebuah paket yang komplit untuk sebuah smartphone murah.

Oke, mungkin segitu aja yaa untuk review kali ini. Mimin juga sudah menyertakan link untuk membeli perangkat ini jika seandainya kamu berminat untuk memilikinya. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

Cek Harga Andromax A

90 COMMENTS

  1. Mohon maaf, Mau tanya, game online sejenis clash royale ataupun gungun online masih kuat ga ya di andromax A ini? Mohon untuk informasinya. Terima kasih.

  2. Masih ragu ane beli nih hp padahal murah harga 500rban, emangnya sih cuma ngandelin jaringan aja jgn berharap spek yg lain bagus hehe
    Rekomendasi agan buat hp di bwh 1jt bgs apa gan? Makasih

    • Kalo mau yang terbilang bagus, minimal 2 jutaan deh Kak. Kalo dibawah sejuta yaa dapetnya yang model-model begini 😀 Ini juga udah lumayan kok. Mau yang sedikit lebih tinggi speknya bisa ambil Andromax E2+

      Agak sulit rekomendasiin hape di harga segitu 🙂

  3. kak knp ya kok hp andromax a ini jadi eror saat di sambungkan pake kabel data yg buat nyambungin lagu hp ke sound itu lo..kok jadi eror kadang buka app google sendiri terus bawaannya kalo aku putar musik pake earphone, volumenya turun2 ga jelas gitu

  4. Lumayan banget buat hp android 500 ribuan…, pernah pakai Smartfren Andromax C cukup kuat dipakai normal bertahan 2 tahun.

    Jangan harap dapat hp branded 500 ribuan spt spek Andromax A ini…, lupakan Sony & Samsung dulu lahh kalau mau dapat hap android 500 ribuan spek lengkap spt ini…, hp android China yang 500 ribuan saja tidak ada yang seperti Andromax A spek gahar…

  5. Pengaruh gak min kalau hp andromax a gak pakai kartu smartfren, ? Soalnya hp ndromax a v12.9 pnya ane gak bisa baca jaringan gsm/sim2. Jaringannya silang mulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here