Beranda News Acer Swift 5 Aerospace SF514-56T: Laptop Tipis, Ringan, Kokoh & Gesit!

Acer Swift 5 Aerospace SF514-56T: Laptop Tipis, Ringan, Kokoh & Gesit!

0

Acer Swift 5 Aerospace SF514-56T: Laptop Tipis, Ringan, Kokoh & Gesit! – Taukah kamu laptop apa yang pertama kali menggunakan prosesor Intel generasi ke-12 di Indonesia? Yap, ia adalah Acer Swift 5 Aerospace (SF514-56T)! Yang sekaligus juga menjadi pembahasan kita pada tulisan kali ini.

Laptop ini merupakan salah satu laptop dari Acer yang terbilang sangat cocok untuk kita yang harus sering membawa laptop sambil mobiling. Kenapa bisa demikian? Oke, daripada penasaran, langsung saja kita bahas apa saja fitur yang dimiliki oleh Acer Swift 5 Aerospace ini!

Keunggulan Acer Swift 5 Aerospace (SF514-56T)

Acer Swift 5 Aerospace Intel Core 12th Gen

Secara garis besar, laptop yang masuk dalam kategori ultrabook ini menawarkan perpaduan antara gaya, kenyamanan, dan juga performa. Dan didesain khusus untuk dapat menemani keseharian kita yang aktif mobiling.

Fisik & Desain

Sepintas, desain dari Acer Swift 5 Aerospace ini memang terlihat minimalis dengan logo Acer berukuran kecil pada bagian tepian atas cover. Namun jika dilihat lebih dekat, kita akan melihat kesan mewah pada sekeliling body-nya.

Disebutkan bahwa Acer memanfaatkan pemrosesan Anodic Luxury Gold treatment, untuk memberikan sentuhan berwarna emas yang mewah di bagian luar. Dan untuk membuatnya terlihat lebih menarik, bagian tepinya diproses menggunakan metode finishing diamond cut.

Nama “Aerospace” yang dipakai pada Acer Swift 5 Aerospace ini, kemungkinan mengacu pada material yang digunakannya. Yaitu material aluminium 6063. Yang merupakan sebuah material aluminum alloy yang biasa digunakan pada industri penerbangan (aerospace-grade). Material tersebut diketahui memiliki karakteristik berupa bobot yang ringan, sekaligus kokoh. Dengan tingkat kekerasan hingga 75HV. Ia juga diklaim memiliki daya tahan terbaik terhadap korosi.

Penggunaan material tersebut membuat bobot keseluruhan dari Acer Swift 5 Aerospace menjadi sangat ringan, yaitu hanya sekitar 1.2kg saja. Ketebalan body dari laptop inipun juga bisa dibuat lebih tipis, yaitu hanya 14.95mm. Perpaduan antara body yang tipis, ringan, sekaligus kokoh ini, jelas sangat cocok untuk diandalkan saat harus membawanya ke mana saja.

Masih dari segi material, bagian touchpad dari ultrabook yang satu ini disebut-sebut menggunakan bahan ocean-glass. Material tersebut merupakan campuran antara kaca dengan sampah laut yang didaur ulang. Sebagai salah satu simbol yang menunjukkan bahwa ia tetap memiliki unsur ramah lingkungan. Hal ini mengingatkan saya pada Acer Aspire Vero National Geographic Edition yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.

Pada sisi di sebelah kanan dan kiri sudah terpasang beragam port yang siap untuk dimanfaatkan. Mulai dari port HDMI 2.1, port USB Type C yang mendukung Thunderbolt 4, port USB 3.2 Gen 1 hingga Jack Audio 3.5mm.

Acer menawarkan kenyamanan pada bagian keyboard dari laptop ini. Dan untuk membuatnya terasa lebih baik di segala kondisi, ia juga sudah didukung dengan lampu LED backlit. Fitur tersebut memungkinkan kita untuk bisa tetap mengetik dengan nyaman, walau ia digunakan pada ruangan gelap atau minim pencahayaan.

Bergeser ke bagian pojok kanan atas keyboard, terdapat sebuah tombol power yang sudah terintegrasi dengan fitur pemindai sidik jari alias fingerprint scanner. Sebuah fitur yang berguna untuk memudahkan kita pada saat menyalakan dan melakukan login Windows dengan cepat.

Layar

Beralih ke bagian layar. Acer Swift 5 Aerospace ini menggunakan panel IPS dengan bentang 14 inci, dan memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada laptop pada umumnya. Yaitu 2450 x 1600 pixel (QHD / WQXGA). Agak aneh dengan resolusi layarnya? Jangan kaget, karena ternyata, layar dari laptop tipis dan ringan ini menggunakan aspect ratio layar 16:10.

Saya sendiri merasakan bagaimana aspect ratio 16:10 ini cukup mempengaruhi produktifitas dalam pekerjaan. Karena luas layarnya yang lebih meninggi, membuatnya mampu menampilkan lebih banyak konten jika dibandingkan dengan laptop standar yang umumnya menggunakan layar dengan aspect ratio 16:9.

Yang membuatnya lebih menarik adalah, layar yang mampu menampilkan reproduksi warna hingga 100% sRGB tersebut ternyata juga sudah mendukung input berupa sentuhan di layar alias touchscreen. Dan sudah dilapisi dengan Antimicrobal Corning Gorilla Glass.

Performa

Melengkapi desainnya yang elegan, Acer juga menawarkan sektor dapur pacu mumpuni yang membuatnya semakin istimewa. Acer Swift 5 Aerospace menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-1260P yang memiliki 12 core dan 16 thread. Prosesor generasi ke-12 dari Intel ini memiliki clockspeed maksimal hingga 4.7 GHz.

CPU tersebut merupakan prosesor yang berada di kelas performa yang lebih tinggi daripada laptop pada umumnya, namun tetap bisa efisien dalam konsumsi daya. CPU tersebut didukung dengan chip grafis terintegrasi berupa Intel® Iris® Xe.

Walau hanya mengandalkan chip grafis terintegrasi, nyatanya kita tidak boleh meremehkan kemampuan dari Intel® Iris® Xe. Karena saya sendiri sudah membuktikan bahwa ia sudah cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai aktivitas dengan baik. Mulai dari pengeditan foto, hingga pengeditan video.

Dan sebagai pelengkap, prosesor tersebut dipadukan dengan memory RAM berkapasitas 16GB, serta storage alias penyimpanan berkapasitas 1TB. Tak perlu khawatir soal bottleneck, karena storage yang digunakannya tersebut berjenis SSD NVMe PCIe Gen4.

Kehandalan performa dari laptop ini juga sudah terjamin. Karena ia sudah mengantongi sertifikat Intel Evo Platform. Sehingga sudah dipastikan bahwa ia telah lulus dalam melewati serangkaian persyaratan khusus dari sisi performa.

Dengan demikian, sudah dipastikan bahwa ia akan mampu untuk menjalankan berbagai kegiatan dengan gesit dan lancar. Mulai dari loading yang cepat pada saat baru dinyalakan, hingga melakukan multitasking dengan lancar.

Selain itu, terdapat beberapa fitur pendukung lain yang membuatnya terasa lebih nyaman untuk berbagai kegiatan lain. Termasuk diantaranya adalah untuk urusan seperti meeting online yang biasa dilakukan oleh para profesional.

Salah satu fitur yang saya maksud adalah dari sisi webcam, yang ternyata memilki resolusi Full HD. Yang mana pada kamera tersebut terdapat sebuah fitur pendukung berupa Temporal Noise Reduction. Yang berguna untuk menghilangkan noise pada gambar. Hasilnya, tampilan wajah kita akan terlihat lebih jernih pada saat menggunakan kamera pada laptop ini.

Dari sisi audio pun tak ketinggalan. Karena ia juga sudah mendukung fitur semacam noise cancelling, yang diberi nama PurifiedVoice (AI Noise Reduction) untuk membuat suara terdengar lebih jernih.

Terdapat pula sebuah fitur yang diberi nama Intelligent Collaboration yang menjamin Acer Swift 5 Aerospace memiliki komunikasi yang lancar ketika menggunakan aplikasi untuk meeting online, semisal Zoom atau Microsoft Teams.

Sistem Pendinginan

Dari sisi pendinginan, Acer menyertakan dukungan sistem pendingin TwinAir. Yang mana sistem pendinginan yang menggunakan dua kipas dan dua buah heatpipe tersebut diklaim mampu membuang panas dengan lebih maksimal, hingga 10% lebih baik.

Yang mana, hal ini sangatlah penting untuk mencegah terjadinya overheat, yang bisa menyebabkan penurunan performa pada laptop. Seperti yang sudah pernah kita bahas pada tulsan tentang kenapa laptop turun performanya saat overheat.

Secara keseluruhan, bisa dikatakan bahwa Acer Swift 5 Aerospace ini mampu menyajikan performa yang memuaskan untuk berbagai urusan.

Kesimpulan

Walau mengusung nama dengan embel-embel “aerospace”, nyatanya, Acer Swift 5 Aerospace ini tidak hanya mengandalkan material aerospace grade sebagai satu-satunya keunggulan utamanya. Melainkan, ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh laptop ini, yang membuatnya layak untuk dipertimbangkan.

Mulai dari desain fisiknya yang ramping, ringan dan kokoh, lalu juga mumpuni dari segi performa, membuatnya sangat cocok untuk menjadi andalan pada saat kita harus melakukan work from anywhere (WFA). Belum lagi ditambah dengan dukungan fitur yang membuat meeting online atau conference call jadi lebih optimal. Yang semakin memantapkan posisinya sebagai laptop yang cocok untuk mereka yang aktif mobiling.

Harga resmi Acer Swift 5 Aerospace dibanderol dengan harga Rp 21 jutaan. Dan kita juga akan mendapatkan OS (sistem operasi) Windows 11 original yang sudah terinstal di dalamnya. Acer juga memberikan bonus tambahan berupa aplikasi Office Home & Student 2021 yang bisa digunakan secara gratis.

Artikel sebelumnyaInilah Beberapa Penyebab Baterai Hape Malah Berkurang Saat Dicharge
Artikel selanjutnyaMelihat Langsung Peluncuran ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition, Apa Keunggulannya?
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini