Home Perbandingan Gadget Vivo V5 Dengan Vivo V5 Plus, Perbedaannya Dimana Sih?

Vivo V5 Dengan Vivo V5 Plus, Perbedaannya Dimana Sih?

973
0
SHARE

Vivo V5 Dengan Vivo V5 Plus, Perbedaannya Dimana Sih? – Beberapa waktu lalu, Vivo secara resmi memperkenalkan versi update dari perangkat smartphone spesialis selfie mereka yang diberi nama Vivo V5 Plus. Perangkat tersebut juga bakal tersedia di pasar Indonesia pada awal bulan Februari 2017 ini.

Perbedaan Antara Vivo V5 demgam V5 PlusYa, smartphone ini memang mempunyai spesialisasi yang sama dengan produk Vivo sebelumnya yaitu Vivo V5, dimana kedua perangkat ini sama-sama mengandalkan kamera depannya sebagai kekuatan utama untuk dapat menguasai pasar. Namun demikian, mungkin hal ini justru akan membuat beberapa calon konsumen menjadi sedikit kebingungan, mengingat desain yang diusung oleh keduanya pun nampak serupa.

Bahkan, ukuran layar dari keduanya pun nampak sama persis yakni 5.5 inch. Tetapi tentu saja kita akan menemukan perbedaan-perbedaan tertentu yang bisa kita temukan di sisi jeroannya.

Nah di posting kali ini, mimin akan membahas soal perbandingan antara Vivo V5 dengan Vivo V5 Plus dari sisi spesifikasinya agar kamu dapat menentukan sendiri soal seri mana yang lebih bagus diantara keduanya, dan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Sebelum mulai, yuk kita cek dulu chart perbandingan singkat dibawah ini!

NOTE : Gunakan browser Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Browser bawaan di Android mu agar tampilan dapat muncul dengan baik.

Performa: Snapdragon 625, RAM 4GB
Penyimpanan: 64GB
Baterai: 3160 mAh
Ketajaman Layar: 401ppi (5.5 inch, FHD)
Performa: MediaTek MT6750, RAM 4GB
Penyimpanan: 32GB
Baterai: 3000 mAh
Ketajaman Layar: 267ppi (5.5 inch, HD)

Meski sepintas nampak sama persis, namun sejatinya ada sebuah perbedaan mendasar yang membedakan “kelas” dari kedua smartphone dari Vivo ini. Nah sekarang, kita mulai bahas dari segi fisiknya dulu yuk!

Fisik

Layar sama-sama 5.5 inch, sensor sidik jari ada di bagian depan, dan sama-sama punya spesialisasi untuk urusan selfie. Lalu apa bedanya? Kalau kita lihat lebih dekat, sebenarnya perbedaan sudah bisa kita lihat pada bagian depannya, tepatnya pada bagian atas layar dimana Vivo menempatkan kamera depannya.

Perbandingan antara Vivo V5 dengan V5 PlusPada Vivo V5, kita hanya akan menemukan satu kamera depan. Sementara pada Vivo V5 Plus, kita bisa menemukan dua kamera depan sekaligus. Iya, kamu nggak salah baca kok! Vivo V5 Plus memang mempunyai kamera depan ganda yang masing-masing beresolusi 20 megapixel dan 8 megapixel, yang fungsinya adalah untuk memberikan efek blur pada background ketika sedang berfoto selfie.

BACA JUGA : Apa Itu Megapixel Pada Kamera?

Sementara di Vivo V5 sendiri “hanya” mempunyai satu buah kamera depan dengan resolusi yang juga besar yakni 20 megapixel. Lalu kalau kita tengok di bagian layar, perbedaan juga sudah bisa kita rasakan, dimana layar dari Vivo V5 Plus akan nampak lebih tajam berkat resolusi yang lebih baik (Full HD), dibandingkan Vivo V5 yang masih dibekali dengan layar beresolusi HD.

Beralih ke bagian belakang, kita bisa lihat bahwa terdapat pula perbedaan pada desain garis antenna, seperti yang bisa kita lihat pada gambar masing-masing perangkat diatas (klik untuk memperbesar). Pada Vivo V5, garis antenna nya nampak standar, membentang lurus secara horisontal seperti yang biasa ditemukan pada hape dengan body metal pada umumnya. Sementara Vivo V5 Plus memiliki desain antenna yang mengikuti lekuk sudut body nya.

Lalu untuk kamera belakang dari masing-masing hape ini juga memiliki perbedaan dari segi resolusi. Vivo V5 Plus mempunyai kamera belakang beresolusi 16 megapixel, lebih besar dari Vivo V5 yang hanya berbekal kamera belakang 13 megapixel. Tapi perlu diingat yaa, bahwa resolusi kamera yang lebih besar belum tentu bisa menghasilkan gambar yang lebih baik!

BACA JUGA : Faktor Yang Menentukan Bagus Tidaknya Hasil Foto Kamera Hape

Performa

Selain soal kamera, performa dari kedua smartphone ini pun diatas kertas memiliki perbedaan yang mencolok. Vivo V5 Plus memiliki keunggulan di sisi performa berkat penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0GHz Cortex-A53 yang menggunakan teknologi fabrikasi 14nm, sehingga memberikan keunggulan di sisi performa namun tetap memiliki efisiensi daya yang baik.

Sementara Vivo V5 “hanya” dibekali dengan chipset MediaTek MT6750 Octa-core 1.5GHz Cortex-A53 dengan teknologi fabrikasi 28nm. Chipset ini seharusnya dapat beroperasi dengan penggunaan daya yang irit (berkat penggunaan arsitektur Cortex-A53) namun dengan performa yang tak terlalu tinggi, atau masih dibawah dari kemampuan yang dimiliki oleh chipset yang digunakan oleh Vivo V5 Plus.

BACA JUGA : Bagus Mana, Prosesor Quad-core, Octa-core, atau Hexa-core?

Baterai yang diusung keduanya pun terpaut tipis, dimana Vivo V5 Plus membawa baterai berkapasitas 3160 mAh, sementara Vivo V5 hanya membawa kapasitas baterai 3000 mAh. Meski demikian, diatas kertas, seharusnya Vivo V5 tidak lebih boros dari Vivo V5 Plus karena ia hanya membawa layar beresolusi lebih rendah (HD) dibandingkan dengan V5 Plus (FHD).

Fitur Tambahan

Perbedaan dari fitur tambahan yang bisa kita temukan dari kedua andalan Vivo ini mungkin hanya akan kita temukan pada bagian kamera depannya saja, seperti yang sudah mimin sebutkan diatas. Selebihnya, keduanya nampak memiliki kelebihan yang hampir sama persis.

Misalnya penyematan sensor sidik jari di bagian depan, audio Hi-Fi, dan kamera depan dengan softlight untuk membantu pencahayaan. Dan tentu saja, dengan segala perbedaan yang dimilikinya ini pun harganya tentu juga akan berbeda. Nah, itulah beberapa poin utama dari perbedaan antara Vivo V5 dengan Vivo V5 Plus. Mungkin masih ada beberapa perbedaan lain yang tak sempat mimin sebutkan disini, namun mimin rasa ini udah cukup lah yaa.

Oiya, mimin juga tak bisa menyebutkan soal mana yang lebih bagus dari sisi pengalaman penggunaan ataupun kualitas dari masing-masing produk secara keseluruhan, karena memang mimin belum pernah menguji langsung keduanya. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here