Home Perbandingan Gadget Zenfone 3 ZE552KL dengan Zenfone 3 Max ZC553KL, Perbedaannya Apa?

Zenfone 3 ZE552KL dengan Zenfone 3 Max ZC553KL, Perbedaannya Apa?

3501
0
SHARE

Zenfone 3 ZE552KL dengan Zenfone 3 Max ZC553KL, Bedanya Apa? – ASUS baru saja meresmikan kehadiran salah satu smartphone nya yaitu Zenfone 3 Max seri ZC553KL. Perangkat ini menyusul beberapa lini produk Zenfone 3 series lainnya yang sudah masuk terlebih dahulu ke pasar Indonesia.

Bagus mana Zenfone 3 Max ZC553KL atau ZE552KLZenfone 3 Max memiliki bentang layar 5.5 inch atau sama dengan saudaranya yaitu Zenfone 3 seri ZE552KL. Namun keduanya tentu saja memiliki perbedaan dari beberapa sisi karena memang ditujukan untuk kebutuhan yang berbeda pula.

Dan mungkin sebagian dari kamu bakal bertanya, kira-kira lebih bagus mana yaa antara seri ZC553KL (Zenfone 3 Max) dengan ZE552KL (Zenfone 3)? Nah, untuk sedikit mengobati rasa penasaran itu, di posting kali ini mimin akan membuatkan beberapa poin penting yang menjadi fitur utama dari masing-masing perangkat, yang sekaligus juga menjadi faktor pembeda antara keduanya.

Namun perlu dicatat yaa, bahwa disini mimin bukan akan melakukan review perbandingan karena mimin belum pernah menguji head-to-head kedua perangkat ini secara langsung, tapi lebih ke soal perbandingan berdasarkan data spesifikasi yang ada. Nah sebelum kita mulai, mending intip dulu yuk soal grafik perbandingan singkatnya dibawah ini!

NOTE : Gunakan browser Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Browser bawaan di Android mu agar tampilan dapat muncul dengan baik.

Performa: Snapdragon 625, RAM 4GB
Penyimpanan: 64GB
Baterai: 3000 mAh
Ketajaman Layar: 401ppi (5.5 inch, FHD)
Performa: Snapdragon 430, RAM 3GB
Penyimpanan: 32GB
Baterai: 4100 mAh
Ketajaman Layar: 401ppi (5.5 inch, FHD)

Kedua smartphone ini sejatinya berada di kelas yang sedikit berbeda. Dan ya, masing-masing membawa fitur unggulan yang tak dimiliki satu sama lain, sehingga tentu akan sulit untuk menentukan mana yang lebih bagus diantara keduanya karena hal itu akan bergantung pada kebutuhan kita sendiri.

Fisik

Kalau dilihat sepintas dari bagian depannya saja, sepertinya kita sudah bisa menemukan perbedaannya secara fisik. Dan perbedaan fisik tersebut akan semakin jelas terlihat ketika kita mengintip ke bagian belakang dari masing-masing hape andalan ASUS ini. ASUS Zenfone 3 ZE552KL nampak lebih mewah (menurut mimin) dengan lapisan kaca dibagian belakangnya. Sementara Zenfone 3 Max ZC553KL menggunakan material logam pada cover belakangnya.

Perbedaan antara Zenfone 3 Max ZC553KL dengan ZE552KLDesain dari kamera, serta sensor sidik jari dari kedua smartphone ini pun juga nampak sangat berbeda. Ya, kamera belakang dari Zenfone 3 (ZE552KL) lebih menonjol keluar dibandingkan dengan Zenfone 3 Max. Hal itu karena Zenfone 3 memiliki body yang tipis, serta penambahan fitur OIS yang akan menambah ketebalan dari modul kameranya.

BACA JUGA : Apa Fungsi OIS Pada Kamera Hape?

Performa

Nah, perbedaan akan semakin terasa ketika kita mencoba untuk mengoperasikannya secara langsung. Zenfone 3 ZE552KL membawa chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan CPU Octa-core 2.0GHz Cortex-A53 (64-bit) yang menggunakan teknologi fabrikasi 14nm FinFET, dipadukan dengan RAM sebesar 4GB. Chipset ini tergolong unik karena meskipun ia menggunakan arsitektur Cortex-A53 yang hemat daya, tetapi ia juga mampu memberikan performa tinggi.

Mimin sendiri juga sudah pernah mencicipi chipset ini melalui Zenfone 3 ZE520KL (5.2 inch), yang merupakan saudara kembar dengan ukuran layar lebih kecil dari Zenfone 3 ZE552KL. Dan yap, sangat terasa bahwa ia mampu memberikan performa yang responsif, namun tetap efisien dalam menggunakan daya dari baterai.

BACA JUGA : Review Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Sementara itu, Zenfone 3 Max “hanya” didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 430 yang punya CPU Octa-core 1.4GHz Cortex-A53 (64-bit) dengan proses fabrikasi 28nm LP, serta dukungan RAM 3GB. Akan tetapi, untuk urusan baterai, nampaknya jelas Zenfone 3 Max bakal mengungguli Zenfone 3.

Pasalnya, ia telah dibekali dengan baterai yang sangat besar yaitu 4100 mAh yang jelas bakal sangat mendukung untuk penggunaan yang lebih lama dalam satu kali charge. Sementara Zenfone 3 hanya membawa baterai berkapasitas standar yaitu 3000 mAh.

BACA JUGA : Review Lengkap ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL

Fitur Tambahan

Selain dapat bertahan lebih lama berkat baterainya yang besar itu, Zenfone 3 Max juga dapat kita manfaatkan untuk mengisi daya untuk perangkat lain layaknya sebuah powerbank. Sementara untuk Zenfone 3 ZE552KL lebih mengandalkan fitur untuk urusan fotografi.

Memang, keduanya sama-sama dibekali dengan kamera belakang beresolusi 16 megapixel, aperture f/2.0. Akan tetapi, diatas kertas, Zenfone 3 jelas lebih unggul karena sensor kamera yang digunakan adalah Sony IMX298, sementara untuk Zenfone 3 Max masih belum diketahui untuk jenis sensor apa yang digunakan. Tapi kalau perkiraan mimin sih yaa nggak bakal lebih bagus lah dari Zenfone 3, untuk tetap menjaga agar harganya bisa lebih terjangkau.

Ditambah lagi, kamera dari Zenfone 3 sudah dilengkapi dengan OIS, seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, yang fungsi dasarnya adalah untuk mencegah efek blur akibat goncangan saat mengambil foto. Selain kedua poin tersebut, dua smartphone ini nampak memiliki fitur yang serupa dari sisi kameranya.

Mereka sama-sama mempunyai fitur fokus ganda yang disebut TriTech AF (gabungan antara Laser-autofocus & Phase Detection autofocus untuk membantu kamera dalam menentukan fokus dengan cepat, serta Continuous autofocus), serta menggunakan software PixelMaster yang punya segudang mode pemotretan, termasuk mode Super resolution (mengambil gambar 64 megapixel) dan juga Manual mode.

Kesimpulan

Nah, jadi menurutmu, lebih bagus yang mana? Zenfone 3 Max ZC553KL atau Zenfone 3 ZE552KL? Jelas, itu tergantung pada kebutuhanmu yaa. Kalau kamu menginginkan hape dengan performa yang mantab, desain yang mewah, serta doyan foto-foto, Zenfone 3 ZE552KL jelas bisa menjadi pilihan mutlak. Sementara Zenfone 3 Max lebih cocok untuk kamu yang mencari hape dengan harga yang lebih terjangkau, namun punya performa yang “cukup” serta daya tahan baterai yang maksimal.

Mau cari alternatif dari Zenfone 3 ZE552KL dengan harga lebih murah? Kamu bisa lirik saudara kembarnya yang lebih kecil yaitu ZE520KL. Meskipun tetep yaa, Zenfone 3 Max mempunyai harga yang lebih terjangkau dibandingkan seri Zenfone 3 “standar”. Nah, mungkin cukup segini aja yaa postingan kali ini. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Sekedar ngasih tau aja sih :P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here