Beranda News Acer Aspire 3 Slim (A314-23M): Laptop Mainstream Untuk Beragam Kebutuhan

Acer Aspire 3 Slim (A314-23M): Laptop Mainstream Untuk Beragam Kebutuhan

0

Acer Aspire 3 Slim (A314-23M): Laptop Mainstream Untuk Beragam Kebutuhan – Biasanya, laptop yang dibutuhkan oleh pelajar ataupun mahasiswa memang tidak wajib memiliki performa yang tinggi. Mengingat kebutuhannya ya paling cuma gitu-gitu aja. Kecuali kalau memang mereka mengikuti kelas atau jurusan tertentu, beda lagi urusannya.

Diluar kebutuhan khusus tersebut, laptop kelas entry level yang bisa dikatakan “bisa nyala aja udah syukur” seharusnya sudah cukup untuk mereka.

Hanya saja, alangkah baiknya jika para orangtua mau untuk membelikan laptop dengan kemampuan yang “cukup”, agar mereka bisa mengeksplor laptopnya, mempelajari hal-hal baru, sehingga mereka dapat memanfaatkan laptopnya dengan lebih leluasa.

Mengingat laptop kelas entry level sendiri biasanya akan sangat menguji kesabaran, bahkan untuk hal-hal yang ringan sekalipun. Dan kemampuannya yang sangat terbatas itu berpotensi menghambat proses belajar hal-hal baru diluar urusan mengetik dan browsing.

BACA JUGA : Belajar Menggunakan Laptop Untuk Pemula

Laptop dengan kemampuan “cukup” yang saya maksud di sini, salah satu contohnya adalah Acer Aspire 3 Slim (A314-23M) yang merupakan sebuah produk baru dari Acer di tahun 2023 ini. Persis seperti judul yang saya tuliskan di atas, laptop yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 7000 series ini merupakan laptop mainstream yang cocok untuk beragam kebutuhan.

Khususnya bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin mencoba skill-skill baru, ataupun pekerja kantoran yang ingin berhijrah dari laptopnya yang lemot. Tak usah berpanjang lebar lagi, mari kita bahas fitur dan keunggulannya!

Fitur & Keunggulan Acer Aspire 3 Slim (A314-23M)

Sebagai laptop mainstream yang dibanderol dengan kisaran harga Rp7.199.000 (saat tulisan ini dipublikasikan), saya melihat bahwa Acer Aspire 3 Slim (A314-23M) memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya sangat layak untuk dipertimbangkan.

Tentu ia juga memiliki kekurangan. Namun saya rasa, kekurangan tersebut tidak akan begitu berarti bagi pengguna laptop yang masih berada di level pemula. Mari kita mulai dari segi fisiknya terlebih dahulu!

Fisik & Desain

Berbeda dengan laptop 7 jutaan yang biasanya masih menggunakan material polikarbonat atau plastik pada bagian covernya, cover body dari Acer Aspire 3 Slim (A314-23M) ini ternyata dibuat dari bahan metal. Yang tentu saja akan menambahkan kesan mahal dan elegan.

Desain dari body-nya ini saya rasa juga cukup menarik. Mengusung konsep desain minimalis, dengan permukaan yang nyaris polos. Hanya ada logo Acer dan ASPIRE berukuran kecil di bagian atas dan bawah covernya.

Acer Aspire 3 Slim A314-23M

Acer Aspire 3 Slim (A314-23M) tersedia dalam dua pilihan warna. Dan yang sedang saya bahas di sini adalah laptop dengan warna Pure Silver. Sedangkan warna lain yang tersedia adalah Rose Sakura, yang sepertinya lebih cocok untuk kaum hawa.

Laptop ini memiliki dimensi fisik yang tergolong ringkas. Dengan ketebalan hanya 18.0mm, serta bobot hanya 1.4kg saja. Hal ini menjadikannya sangat cocok untuk mendukung mobilitas karena nyaman ketika harus dibawa bepergian.

Aspire 3 Slim mempunyai beragam port seperti port HDMI 2.1, USB 3.2 Type C (full function), 2x USB 3.2 Type A Gen1, jack audio 3,5 mm dan Kensington Lock yang terdapat di sisi kanan dan kiri body laptop.

Pengisian daya dari laptop ini menggunakan port USB Type-C. Fitur ini menghadirkan sebuah keunggulan yang menjadikannya dapat dicharge atau diisi ulang baterainya dengan charger yang juga menggunakan USB Type-C.

Skenario terbaik dari keunggulannya ini adalah ketika kita harus melakukan trip singkat ke luar kota. Cukup membawa satu charger dengan USB Type-C saja, yang bisa di-sharing dengan berbagai perangkat lain yang juga menggunakan USB Type-C. Barang bawaan dalam packing pun bisa lebih sedikit dan ringkas.

Selain itu, port Type-C yang ada di laptop ini juga bisa multifungsi. Untuk keperluan share screen ke layar eksternal misalnya. USB Type-C pada laptop ini juga mempermudah untuk keperluan transfer file besar. Karena kecepatan transfernya yang sangat ngebut, yaitu hingga 5 Gbps.

Layar

Ingat soal kekurangan yang saya mention tadi? Ya, di sinilah letak kekurangan dari Acer Aspire 3 Slim (A314-23M). Layar 14 inci dari laptop ini ternyata hanya memiliki resolusi HD saja. Sebagai orang yang sudah terbiasa dengan layar beresolusi Full HD hingga 4K, saya tentu merasa resolusi layarnya ini tergolong kurang tajam.

Tapi seperti yang sudah saya jelaskan, bahwa seharusnya kekurangannya ini tidaklah terlalu berarti bagi pengguna yang masih di tahap pemula. Karena dulu sewaktu saya masih pemula pun, saya juga pernah menggunakan laptop dengan layar HD sebagai daily driver. Dan ya waktu itu sih terasa oke-oke saja.

Sempat timbul tanda tanya di benak saya. Kenapa Acer terkesan nanggung untuk memberikan layar HD di laptop ini? Kenapa tidak Full HD saja? Tapi setelah saya telaah, mungkin hal ini adalah konsekuensi dari penggunaan cover berbahan metal tadi. Jadi harus ada bagian lain yang dikorbankan demi tetap menekan harga. Ya bisa jadi sih.

Performa

Untuk urusan performa, Acer mengandalkan prosesor AMD Ryzen 3 7320U. Prosesor besutan AMD ini memiliki total 4 cores dan 8 thread, dengan clockspeed mencapai 4.1GHz. Prosesor yang dibangun dengan arsitektur terbaru ini juga sudah menggunakan teknologi fabrikasi TMSC 6nm FinFET. Yang membuatnya lebih efisien dalam penggunaan daya, sekaligus menjadikan performanya semakin baik.

Prosesor tersebut juga sudah terintegrasi dengan GPU terintegrasi (iGPU) AMD Radeon untuk mendukung pengolahan grafis. Laptop ini juga sudah didukung dengan RAM dual-channel LPDDR5 berkapasitas 8GB. Penggunaan RAM dual-channel tersebut memungkinkannya untuk dapat mengeluarkan potensi yang dimiliki oleh prosesornya. Apalagi RAM berjenis LPDDR5 tersebut tentu akan lebih baik dari sisi performa, jika dibandingkan dengan LPDDR4.

Dan untuk membuat performanya semakin optimal, Acer Aspire 3 Slim (A314-23M) juga sudah menggunakan penyimpanan berjenis SSD NVMe berkapasitas 512GB.

Skenario penggunaan yang paling cocok untuk dapur pacu yang dimilikinya tersebut adalah mulai dari penggunaan ringan, multitasking ringan, hingga pengolahan grafis ringan. Sangat cocok buat mereka yang ingin mulai belajar pengeditan gambar atau foto, maupun pembuatan video ringan.

Artinya, Acer Aspire 3 Slim (A314-23M) sudah cukup untuk memenuhi beragam kebutuhan komputasi. Karena kemampuannya itu sudah mencakup berbagai kebutuhan dasar agar bisa memanfaatkan laptop di level yang lebih tinggi.

Fitur Lainnya

Acer Aspire 3 Slim (A314-23M) ternyata juga memiliki beberapa fitur tambahan yang saya rasa cukup berfaedah. Diantaranya adalah hadirnya teknologi Acer PurifiedVoice™ dengan AI Noise Cancellation generasi terbaru.

Fitur ini dikatakan mampu mengurangi noise alias suara bising di latar belakang. Sehingga bakal memudahkan ketika harus melakukan meeting secara online menggunakan laptop. Menariknya, fitur ini juga kompatibel dengan headphone, maupun mikrofon eksternal.

Fitur lain yang disematkan pada Acer Aspire 3 Slim (A314-23M) adalah teknologi Acer Temporal Noise Reduction (TNR) terbaru. Gunanya adalah agar tampilan video yang diambil selama meeting online menggunakan kameranya, dapat tampil lebih baik. Karena ia bakal mendeteksi noise pada gambar, kemudian memproses dan menghilangkan noise tersebut.

Sehingga, tampilan wajah kita akan terlihat lebih jelas dan minim noise selama melakukan meeting online di area dengan pencahayaan kurang.

BACA JUGA : Apa Itu Noise Pada Kamera?

Kesimpulan

Memiliki sebuah laptop dengan kemampuan yang cukup, bisa dikatakan adalah sebuah investasi jangka panjang. Khususnya bagi mereka yang masih pemula, agar bisa lebih mudah dalam mempelajari skill baru dengan memanfaatkan berbagai software yang ada.

Dan Acer Aspire 3 Slim (A314-23M) saya rasa sudah mampu untuk mencukupi beragam kebutuhan tersebut. Namun saya tidak mengatakan bahwa ia akan cocok untuk penggunaan kelas berat. Karena kan memang bukan ditujukan untuk itu. Jadi tentu ia akan kewalahan saat dipaksa untuk menjalankan pengeditan video yang kompleks.

Acer sudah melengkapi laptop ini dengan sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021 original yang bisa kamu gunakan secara gratis, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

BACA JUGA : Kerugian Menggunakan Software Bajakan

Dan ya, dengan banderol harga Rp7.199.000, laptop ini layak untuk dipertimbangkan. Sebagai tambahan, Acer juga menyertakan garansi selama 1 tahun servis dan 3 tahun spare part untuk pembelian Acer Aspire 3 Slim (A314-23M).

Artikel sebelumnyaBacklink Masih Jadi Faktor Pendongkrak Ranking Website
Artikel selanjutnyaKomponen Yang Dibutuhkan Untuk Rakit PC (KHUSUS PEMULA)
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini