Beranda News Bagaimana Kriteria Laptop Terbaik Untuk Bisnis & Apa Bedanya Dengan Laptop Biasa?

Bagaimana Kriteria Laptop Terbaik Untuk Bisnis & Apa Bedanya Dengan Laptop Biasa?

7

Bagaimana Kriteria Laptop Terbaik Untuk Bisnis & Apa Bedanya Dengan Laptop Biasa? – Sejauh ini, kita mungkin sudah mengetahui bahwa laptop gaming dengan laptop biasa itu ternyata sangatlah berbeda. Bukan hanya berbeda dari bentuk fisik saja, tapi juga berbeda level untuk urusan performa. Yang mana, laptop gaming memiliki performa yang jauh diatas laptop biasa. Karena memang mereka ditujukan untuk menjalankan berbagai tugas yang sangat berat.

Sementara laptop biasa, umumnya hanya cocok untuk general purpose yang tidak terlalu membutuhkan performa tinggi. Dan kalau kita mau memperhatikan lebih lanjut, laptop biasa pun sebenarnya juga terbagi menjadi beberapa segmentasi khusus. Dengan rentang harga yang tentu juga bervariasi. Ada yang ditujukan untuk pemula dan pelajar, ada yang ditujukan untuk kreator konten, serta ada juga yang ditujukan untuk para profesional.

Laptop-laptop yang saya sebutkan tersebut, masuk dalam kategori laptop consumer. Atau dengan kata lain, laptop tersebut adalah produk yang dibuat untuk kebutuhan konsumen perorangan, dan dijual secara bebas. Lalu, bagaimana dengan laptop untuk kebutuhan bisnis?

Walaupun sebenarnya laptop kelas consumer pun juga bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis, ternyata laptop untuk bisnis sendiri juga punya segmentasi khusus yang cukup jauh berbeda dengan laptop kelas consumer.

Apa Itu Laptop Bisnis?

Laptop bisnis adalah laptop yang ditujukan untuk kebutuhan aktivitas bisnis. Seperti yang kita ketahui, di tahun 2022 ini, peran laptop sudah bukan lagi hanya sekadar untuk menunjang aktivitas ketatausahan seperti misalnya membuat pembukuan, surat-menyurat, ataupun berbagai hal lain yang hanya berkutat dalam hal ketik-mengetik saja. Karena kini, pemanfaatan laptop sudah semakin meluas hingga merambah ke berbagai sektor lain diluar hal administratif.

Hal ini membuat laptop tidak hanya dibutuhkan untuk kegiatan di dalam ruangan kantor saja, tetapi juga bahkan sudah sering digunakan di lapangan. Berbeda dengan laptop biasa, laptop bisnis punya peran yang lebih dari sekadar alat penunjang. Dalam arti, ia juga harus bisa menjadi solusi atas permasalahan yang biasa dihadapi dalam lingkungan kerja. Sekaligus juga menjadi partner terpercaya dan tangguh yang siap untuk menjalankan tugas kapan saja. Sehingga laptop tersebut akan bisa diandalkan untuk memudahkan berbagai urusan.

Permasalahan Yang Bisa Saja Terjadi Dalam Dunia Bisnis

Dalam aktivitas perkantoran sehari-hari, ada saat di mana pekerja harus mondar-mandir membawa laptop agar bisa berkolaborasi dengan pekerja lain di dalam kantor. Tak jarang pula laptop tersebut akan di bawa keluar kantor, agar pekerja bisa melanjutkan pekerjaannya di rumah, atau di mana saja.

Dalam keadaan seperti ini, laptop akan dihadapkan pada kemungkinan terbentur, terguncang, atau terjatuh. Apalagi jika ternyata kantor dalam keadaan hectic. Di mana semua orang harus bekerja lebih cepat hingga membuat mereka bergerak lebih aktif dari biasanya. Resiko laptop terbentur pun akan menjadi semakin besar. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah masalah jika ternyata laptop sampai mengalami kerusakan akibat insiden seperti itu.

Belum lagi soal data, yang terkadang bahkan memiliki “nilai” yang bahkan lebih tinggi daripada laptop itu sendiri. Aktivitas kerja di kantor bisa terhambat atau bahkan berhenti sama sekali, jika hal-hal seperti misalnya data-data klien, berkas atau arsip perusahaan, ternyata hilang, atau tidak bisa diakses. Senada dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh EMC Corporation, yang dikutip oleh oleh bisnis.com.

Laptop bisnis untuk menunjang keamanan data

Data yang hilang atau tidak bisa diakses, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Entah karena kerusakan hardware, diretas, ataupun terkena malware. Yang lebih berbahaya adalah jika data sensitif seperti misalnya rahasia dagang, blueprint, ataupun konsep dari calon produk baru ternyata sampai bocor dan jatuh ke tangan kompetitor. Maka jangan heran jika perusahaan seperti KFC sampai melakukan langkah yang tergolong ekstrim hanya demi menjaga rahasia dagang berupa “resep original”-nya.

Kenapa harus pakai laptop bisnis terbaik

Dan jangan dikira perkara data ini hanya akan berpengaruh pada korporasi besar saja. Karena di level UMKM sekalipun, peranan data bisa sangat penting bagi kelangsungan usaha. Nah, demi meminimalisir resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, maka pelaku usaha akan membutuhkan dukungan laptop bisnis terbaik demi kelancaran usaha.

Bagaimana Kriteria Laptop Bisnis Terbaik?

Berdasarkan sedikit contoh permasalahan tersebut, bisa dikatakan bahwa kriteria laptop bisnis terbaik adalah laptop yang siap digunakan dalam kerasnya lingkungan kerja, mampu mengamankan aset data perusahaan, sekaligus mempercepat alur kerja dengan fitur yang memudahkan dan performa yang gesit. Maka dari itu, kriteria laptop yang sebaiknya terpenuhi agar bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas bisnis adalah sebagai berikut:

  • Memiliki durabilitas yang baik untuk meminimalisir resiko kerusakan akibat benturan
  • Memiliki tingkat keamanan ekstra untuk melindungi data perusahaan
  • Memiliki fitur pendukung produktivitas & komunikasi
  • Mendukung mobilitas tinggi
  • Mudah dalam melakukan manajemen perangkat oleh IT Support
  • Garansi yang panjang karena akan digunakan untuk jangka panjang
  • Layanan service khusus untuk memangkas waktu tunggu saat laptop harus diservice
  • Memiliki bobot yang ringan (opsional)

Biasanya, kriteria-kriteria tersebut hanya akan bisa ditemukan pada laptop kelas bisnis, dan sulit sekali kita temukan pada laptop kelas consumer. Lalu, bagaimana kita bisa membedakan antara laptop consumer dengan laptop bisnis? Contoh yang paling mudah bisa kita lihat pada lini produk laptop dari ASUS. Laptop ASUS di lini produk ROG, TUF Gaming, VivoBook dan ZenBook, adalah laptop yang masuk di kelas consumer. Sedangkan untuk laptop bisnis, ASUS memiliki lini produk ASUS ExpertBook.

Laptop bisnis terbaik ASUS ExpertBook

Jika dilihat sepintas, seri laptop ASUS ExpertBook jelas terlihat seperti layaknya laptop pada umumnya. Tidak terlihat agresif seperti halnya ROG ataupun TUF Gaming. Tidak pula terlihat mewah seperti halnya ZenBook. Hal ini berlaku untuk semua tipe ASUS ExpertBook. Mulai dari ASUS ExpertBook B1, B3, B5, B7, hingga B9.

Padahal jika dilihat dari segi harga, ExpertBook B5, B7 dan B9 sendiri bisa dikatakan setara dengan kisaran harga dari laptop kelas premium seperti ZenBook. Lalu, apa perbedaan yang menjadi poin keistimewaan ASUS ExpertBook jika dibandingkan dengan laptop biasa di kelas consumer? Garis besarnya adalah sebagai berikut:

Fitur

Laptop Bisnis ASUS ExpertBook

Laptop Consumer

Keamanan Data Ada, di tingkat software & optional di tingkat hardware (TPM) Optional di tingkat software
Durabilitas Extra Ada & mendapatkan sertifikasi US Military Grade Optional, untuk tipe tertentu
Pencegahan Pencurian Data Optional Tidak ada
Pengamanan Data Akibat Dari Kerusakan Storage Optional (RAID 1) Optional (RAID 1) untuk tipe tertentu
Request Spesifikasi Khusus Optional untuk pemesanan minimal 1000 unit Tidak bisa
Kemudahan Pemeliharaan oleh IT Support Ada Optional
Layanan Garansi & Service VIP, bisa request pick-up atau on site service Harus datang ke Service Center
Perpanjangan Masa Garansi Optional Tidak ada

 

Tabel yang bisa kita lihat di atas adalah gambaran perbandingan antara laptop bisnis dengan laptop biasa secara garis besarnya saja. Nah, untuk memahami secara lebih detail, saya sudah pernah membahas tentang poin perbedaan antara laptop bisnis ASUS ExpertBook dengan laptop biasa di kelas consumer pada tulisan tentang bedanya ASUS ExpertBook vs ASUS Zenbook.

Lalu, jika ditanya soal rekomendasi laptop bisnis, sebenarnya harus dikembalikan lagi pada soal kebutuhan. Karena pada seri ASUS ExpertBook sendiri juga memiliki beberapa produk dengan kelebihannya masing-masing yang dikategorikan berdasarkan fitur dan juga harganya. Adapun pilihan laptop bisnis terbaik dari ASUS yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut:

Nama Laptop Bisnis

Fitur & Keunggulan

ExpertBook B1 (B1400) Laptop bisnis terjangkau, dengan pilihan chip GPU diskrit
ExpertBook B3 Flip (B3402) Laptop bisnis convertible terjangkau, dengan konektivitas 4G LTE
ExpertBook B5 Flip (B5302) Laptop bisnis convertible yang ringan, memiliki fitur keamanan lengkap, dengan pilihan untuk menggunakan layar ASUS OLED
ExpertBook B7 Flip (B7402F) Laptop bisnis convertible dengan fitur keamanan lebih lengkap dan konektivitas 5G
ExpertBook B9 (B9450) Laptop bisnis yang ringan dengan fitur keamanan sangat lengkap

 

Jika ditanya soal pendapat saya secara pribadi, saya akan lebih condong untuk memilih ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) yang dirilis pada awal tahun 2022 lalu. Laptop ini saya rasa merupakan pilihan yang ideal jika perusahaan tidak memerlukan suatu fitur yang spesifik seperti yang terdapat pada seri ExpertBook B3, ExpertBook B7, ataupun ExpertBook B9. Terlebih lagi, laptop ini saya rasa memiliki fitur yang sudah mencakup banyak hal yang dibutuhkan oleh perusahaan pada umumnya.

Keunggulan ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) Untuk Menunjang Kelangsungan Bisnis

Saya melihat bahwa setidaknya ada 7 hal utama yang terdapat pada ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA), yang menjadikannya layak untuk dijadikan pilihan laptop bisnis terbaik. Ketujuh hal itu adalah:

1. Durabilitas Standar Militer

Dalam dunia bisnis, laptop bukan saja menjadi alat penunjang. Tetapi juga harus bisa diandalkan dalam berbagai kondisi. Inilah alasan mengapa di atas tadi, saya menyebutkan bahwa laptop bisnis harus memiliki durabilitas yang baik. Karena selain rawan digunakan secara serampangan, terkadang laptop akan dibawa ke dalam kondisi lingkungan yang tidak selayaknya.

Jawaban dari ASUS adalah dengan mendesain ASUS ExpertBook series menjadi lebih kuat dibandingkan dengan laptop biasa. Mulai dari penguatan dari segi chasis, engsel, hingga penguatan semua port, agar tak mudah tergoyahkan saat harus sering-sering dihubungkan dengan berbagai perangkat eksternal lain.

Bahkan, demi memastikan bahwa fisik dari laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) ini cukup kuat, ia pun sudah melalui berbagai tes standar militer hingga mendapatkan sertifikasi MIL-STD810H. Pengujian yang sudah dilalui oleh ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) adalah sebagai berikut:

  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur tinggi (32°C ~ 49°C) selama 3 hari
  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur rendah (-21°C ~ -32°C) selama 3 hari
  • Pengujian perubahan temperatur ekstrim (-51°C ~ 71°C) dengan waktu transisi perubahan suhu hanya 1 menit
  • Pengujian di lingkungan dengan kelembaban tinggi (30°C ~ 60°C di kelembaban 95%) selama 10 hari
  • Pengujian di ketinggian hingga 15.000 kaki (antara 5°C ~ -40°C)
  • Uji digetarkan selama satu jam ke semua arah dengan frekuensi getaran antara 10 sampai 500Hz
  • Pengujian saat dijatuhkan (drop test) dari ketinggian 120cm dalam keadaan menyala
  • Dan beberapa pengujian lainnya

Laptop bisnis standar militer

Dengan demikian, laptop ini akan lebih siap untuk dioperasikan dan diandalkan dalam berbagai kondisi lingkungan kerja. Entah itu dalam lingkungan kantor yang hectic, hingga lingkungan di lapangan yang ekstrim. Karena dengan daya tahannya tersebut, kerusakan yang ditimbulkan akibat benturan, goncangan, ataupun akibat kondisi lainnya, bisa diminimalisir.

2. Performa Bisa Diandalkan

Performa ExpertBook B5 Flip laptop bisnis terbaik

ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) dibekali dengan prosesor hingga Intel® Core™ i7-1165G7. Chip CPU terbaru generasi ke-11 dari Intel® tersebut akan memastikan bahwa ia akan sanggup untuk menjalankan berbagai tugas dengan cepat. Untuk memastikan pengoptimalan performanya, ia juga sudah menggunakan penyimpanan berjenis SSD M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 dengan kapasitas hingga 1 TB.

Kapasitas penyimpanan tersebut masih bisa ditingkatkan dengan menambahkan satu keping SSD M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 hingga 1 TB, agar ia memiliki total kapasitas penyimpanan sebesar 2 TB. Dan jika kita memasangkan dua keping SSD M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 tersebut, maka kita bahkan bisa lebih memaksimalkan lagi kecepatannya. Karena ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) sudah mendukung konfigurasi RAID 0.

Fitur konfigurasi RAID 0 sendiri merupakan sebuah metode yang akan menggabungkan kedua kapasitas SSD, dan akan menyimpan data secara merata pada kedua keping SSD tersebut. Sehingga, kecepatan pengoperasian SSD bisa dua kali lebih cepat.

Ilustrasi RAID 0

Pengalaman multitasking pun bisa berjalan dengan lancar berkat dukungan RAM besar berkapaistas 16 GB DDR4, dan bisa di-upgrade hingga 48 GB.

3. Mendukung Mobilitas Tinggi

Body yang kokoh tidak serta merta membuat laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) menjadi bongsor dan berat. Faktanya malah kebalikannya. Laptop yang ditujukan untuk kebutuhan bisnis ini justru memiliki dimensi body yang sangat ramping, sekaligus juga sangat ringan.

Dengan ketebalan hanya 1.69 cm saja, serta bobot hanya 1.3kg, membuatnya jauh dari kata repot saat harus membawanya ke mana saja. Tidak saja menghilangkan rasa enggan untuk membawanya, tapi juga meminimalisir beban agar kita bisa bergerak lebih lincah.

Laptop ini juga memiliki fitur yang memungkinkan untuk bisa dicharge menggunakan charger apapun yang menggunakan kabel USB Type-C. Dengan dukungan fitur Power Delivery yang memungkinkannya untuk diisi secara cepat dengan menggunakan charger yang juga sudah memiliki fitur Power Delivery. Hal ini membuatnya sangat fleksibel. Karena kita tidak lagi terbebani saat harus membawa charger khusus untuk laptop ASUS ExpertBook tersebut. Bahkan baterainya itu bisa diisi ulang dengan menggunakan powerbank!

Laptop bisnis terbaik ExpertBook B5 Flip mudah dibawa

Hal ini jelas sangat memudahkan jika seandainya kita lupa atau sengaja tidak membawa charger laptop saat bepergian. Karena kalaupun ternyata laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) ini kehabisan baterai, maka kita bisa mengisi ulang baterainya dengan menggunakan powerbank atau charger smartphone saja.

4. Memiliki Fitur Pendukung Produktivitas & Komunikasi

Selain poin nomor 2 dan 3 yang sudah disebutkan di atas, terdapat beberapa fitur lain yang dimiliki oleh ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA), untuk menunjang produktivitas. Semua lini produk laptop ASUS ExpertBook, termasuk juga ExpertBook B5 Flip (B5302FEA), sudah dilengkapi dengan aplikasi MyASUS. Aplikasi bawaan ini bukanlah sekadar bloatware, tetapi memiliki berbagai fitur yang bermanfaat untuk urusan produktivitas. Mulai dari fitur Link to MyASUS yang punya berbagai fungsi untuk memudahkan komunikasi serta kolaborasi antara perangkat laptop dengan smartphone secara wireless. Berbagai fungsi tersebut diantaranya adalah:

  • File Transfer. Melalui Link to MyASUS, kita bisa saling bertukar data antara laptop ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) dengan smartphone yang kita gunakan.
  • URL Transfer. Saat melakukan browsing di laptop, kita bisa memilih untuk share ke Link to MyASUS. Agar kemudian, tautan dari halaman yang kita lihat di laptop tersebut akan langsung terkirim dan terbuka pada layar smartphone.
  • Phone Call. Melalui Link to MyASUS, kita bisa melakukan panggilan ataupun mengangkat telpon masuk, langsung dari laptop ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA). Sehingga, kita tidak perlu repot untuk meraih dan membuka smartphone yang mungkin sedang berada jauh dari jangkauan tangan. Entah karena smartphone sedang di-charge, ataupun di dalam tas.
  • Remote File Access. Saat sedang berada jauh dari kantor dan meninggalkan laptop di sana, kita tetap bisa mengakses file kerja yang tersimpan pada laptop ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) dari perangkat smartphone.
  • Screen Mirroring. Melalui Link to MyASUS, kita bisa melihat dan mengontrol smartphone dari laptop ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA). Dengan demikian, kita bisa langsung membaca notifikasi, ataupun membalas pesan chat yang masuk di smartphone kita, melalui laptop.
  • Screen Extender. Kita bahkan bisa memanfaatkan layar smartphone ataupun tablet sebagai layar tambahan untuk laptop dengan memanfaatkan fitur screen extender yang terdapat pada Link to MyASUS. Dengan demikian, kita menjadi punya ruang kerja extra saat mengerjakan tugas bersama laptop.

Selain itu, dari aplikasi MyASUS ini juga, kita bisa memilih untuk mengaktifkan fitur Two Way AI noise canceling. Fitur tersebut akan berguna untuk menyaring suara bising atau suara lain yang tak diinginkan di background pada saat kita melakukan conference call. Sehingga, apa yang kita ucapkan bakal terdengar jelas oleh lawan bicara, tanpa terganggu oleh suara bising tersebut.

Link to My ASUS laptop bisnis ExpertBook B5 Flip

Dan oleh karena fitur ini bisa bekerja dua arah, maka suara bising di background dari lawan bicara kita juga bakal disaring. Hasilnya, kita pun dapat mendengar apa yang diucapkan lawan bicara dengan jelas. Walau terkesan sepele, nyatanya hal ini punya peranan besar untuk menghindari miskomunikasi. Mengingat dalam dunia bisnis, komunikasi adalah sebuah hal yang sangat penting, bukan?

5. Memudahkan IT Support Dalam Melakukan Manajemen Perangkat

Dengan menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro atau Windows 11 Pro original, akan memungkinkan bagi tim IT support untuk melakukan manajemen pada semua laptop karyawan dengan lebih mudah, cepat, dan efisien. Apalagi pada laptop bisnis ASUS ExpertBook series, tersedia pula pilihan aplikasi ASUS control center yang memungkinkan untuk menjalankan manajemen perangkat jarak jauh melalui antarmuka berbasis web.

Dengan demikian, tim IT bisa melakukan pemeliharaan perangkat laptop karyawan secara remote, tanpa harus repot untuk mendatangi karyawan satu persatu, atau memegang langsung laptop tersebut secara fisik. Manajemen pemeliharaan yang dimaksud di sini termasuk diantaranya adalah untuk menginstal aplikasi, melakukan update, hingga dapat segera menyelesaikan masalah pada laptop karyawan tanpa perlu saling bertatap muka.

Karena bagi sebuah korporasi besar dengan ribuan karyawan, pastinya akan sangat banyak waktu yang harus terbuang jika tim IT tidak bisa melakukan manajemen secara massal. Kinerja tim IT pun bisa lebih efisien, serta sangat menghemat waktu. Dan jika urusan pemeliharaan ini bisa dilakukan dengan cepat, otomatis produktivitas karyawan tidak akan terganggu.

6. Tingkat Keamanan Ekstra

Keamanan data adalah hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Tak hanya di level korporasi, tapi di level UMKM sekalipun, data bisa menjadi aset berharga. Bagi pelaku usaha, kebocoran data bisa berakibat pada berkurangnya daya saing. Karena bisa jadi, rahasia dagang yang selama ini menjadi senjata utama untuk melawan kompetitor menjadi tidak lagi efektif.

Demi mencegah terjadinya berbagai kemungkinan pencurian data, laptop bisnis ASUS ExpertBook juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Salah satunya adalah dengan menggunakan chip TPM 2.0. Chip ini bertugas untuk mengenkripsi semua data yang tersimpan pada laptop ASUS ExpertBook.

Sehingga, jika seandainya laptop ini dicuri dan diambil SSD (penyimpanan)-nya, maka SSD tersebut tidak akan bisa terbaca oleh perangkat lain. Chip TPM 2.0 pada laptop ASUS ExpertBook juga berperan untuk menyimpan password login Windows dengan aman. Sehingga, kemungkinan untuk bisa mengakses laptop pun akan semakin kecil.

Selain itu, ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) juga memiliki opsi untuk mengaktifkan mode RAID 1. Yang mana ketika kita menambahkan satu keping SSD lagi, maka sistem akan secara otomatis membuat salinan file di masing-masing SSD yang terpasang, agar bisa saling mem-backup. Jadi, jika seandainya salah satu SSD mengalami kegagalan fungsi alias rusak, maka kita masih akan memiliki cadangan data pada SSD yang satunya lagi. Dengan demikian, resiko kehilangan data pun bisa terhindarkan.

Ilustrasi RAID 1

7. Layanan Garansi dan Service VIP

Sebagai laptop bisnis, ASUS ExpertBook series memiliki layanan khusus untuk urusan garansi dan juga service. Yang mana jika terjadi kerusakan pada laptop, maka kita bisa meminta tim service center dari ASUS untuk menjemput laptop yang ingin diservice. Bahkan jika memungkinkan, ASUS menyediakan layanan on site service alias langsung melakukan service di lokasi, tanpa harus dibawa ke service center.

Hal ini akan memberikan efisiensi waktu karena kita tidak harus mengantri berlama-lama, hanya untuk urusan service. Menariknya, kita bisa meminta teknisi untuk tidak membawa serta storage (SSD) laptop jika ternyata laptop harus dibawa ke service center. Dengan tujuan, agar kita bisa memastikan sendiri keamanan data yang tersimpan di dalam storage tersebut. Menghindarkannya dari resiko kerusakan, kehilangan, ataupun pencurian data.

Selain itu, kita juga bisa memilih untuk memperpanjang masa garansi jika memang berencana untuk menggunakan laptop bisnis ASUS ExpertBook dalam jangka waktu yang lama.

Akhir Kata …

Perpaduan antara performa yang ngebut, fitur keamanan mumpuni, durabilitas tinggi, serta sangat mendukung mobilitas tinggi, adalah alasan mengapa ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) disebut sebagai laptop bisnis all rounder alias serba bisa. Apalagi dengan dukungan fitur touhcscreen dan layar yang bisa diposisikan layaknya sebuah tablet, membuat laptop bisnis ini sangat fleksibel untuk berbagai skenario penggunaan.

Laptop bisnis touchscreen ExpertBook B5 Flip

Dan tentu, ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) ini hanyalah satu dari beberapa lini produk ASUS ExpertBook yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada ExpertBook B1 dan B3 yang lebih terjangkau, ada pula ExpertBook B7 dan B9 yang lebih kaya fitur.

Maka, tak berlebihan rasanya jika menyebut ASUS ExpertBook series sebagai laptop bisnis terbaik. Karena dengan segala apa yang dimiliki oleh ASUS ExpertBook series, khususnya dari segi keamanan, ketahanan dan pelayanan, membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai sebuah perangkat pendukung yang bisa diandalkan di segala kondisi sekaligus menjadi perangkat yang bisa dipercaya bagi para pelaku usaha.

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA):

Main Spec. ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 11 Pro
Memory Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM
Storage Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support
Display 13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio, touchscreen with pen support
Graphics Intel Iris X Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported
Battery 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.3kg
Colors Black
Price Start from Rp18.XXX.XXX
Warranty 2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Artikel sebelumnyaKipas di Laptop Berputar Sangat Kencang? Mungkin Ini Sebabnya!
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)

7 KOMENTAR

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini