Home Review Review Lengkap Samsung Galaxy J2 Prime

Review Lengkap Samsung Galaxy J2 Prime

13415
36
SHARE

Performa dan Baterai

Samsung Galaxy J2 Prime dibekali dengan chipset MediaTek MT6737T yang punya CPU Quad-core 1.4GHz Cortex-A53 64-bit, GPU Mali-T720MP2, serta dukungan RAM 1.5GB. Awalnya mimin sempat meremehkan kemampuan dari hape ini karena memang spesifikasi yang diberikan oleh Samsung untuk hape ini tergolong biasa aja dan tak terlalu istimewa untuk hape di kisaran harga yang sama.

Tapi setelah mimin coba sendiri, mimin cukup terkesan karena ternyata ia mampu memberikan performa yang responsif. Sebelum lanjut, sebagian dari kamu mungkin juga penasaran kan soal berapa sih sisa memory (penyimpanan) internal dan berapa sisa RAM yang bisa digunakan pada hape ini? Oke, langsung intip di gambar ini aja yaa!

BACA JUGA : Apa Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa Hape?

Sisa memory internal Samsung Galaxy J2 PrimeScreenshot diatas diambil setelah mimin melakukan factory reset, yang artinya, hape dalam keadaan seperti baru dan belum terinstal aplikasi pihak ketiga.

Multitasking

Menurut penilaian mimin, performa multitasking dari hape ini terbilang bagus, meskipun nggak istimewa yaa. RAM nya memang tergolong tanggung yakni 1.5GB, akan tetapi ia dapat bekerja dengan baik dan mampu memberikan pengalaman berpindah apps yang mulus.

Tapi… Karena keterbatasan kapasitasnya itu, terkadang beberapa aplikasi harus dibuka atau dimuat ulang khususnya ketika mimin coba untuk membuka dan me-minimize lebih dari 4 aplikasi, sehingga akan mengurangi pengalaman bermultitasking nya. Sekali lagi, harap maklum yaa. Meski demikian, gejala lemot ketika mimin coba gunakan untuk ber-multitasking hampir tidak terasa. Jadi yaa, masih tergolong bagus.

BACA JUGA : Manfaat RAM Besar Pada Hape

Game

Seperti yang sudah mimin sebutkan sebelumnya, awalnya mimin agak meremehkan kemampuan dari hape ini dan iya, mimin tak berharap banyak ketika akan mencoba untuk memainkan game 3D bergenre FPS yang mimin uji pada hape ini, yakni N.O.V.A 3.

Tapi ternyata, hape ini mampu memberikan performa yang baik ketika mimin memainkannya. Semua berjalan lancar nyaris tanpa lag. Suhu perangkat ketika digunakan untuk bermain game pun masih terasa nyaman meski sudah digunakan selama sejam lebih. Tapi bukan berarti tanpa masalah loh yaa. Masih ingat soal ketiadaan Oleophobic coating yang sempat mimin sebutkan di halaman 1 review hape ini? Yaps, ternyata itu membawa sedikit masalah ketika digunakan bermain game, khususnya untuk urusan kenyamanan.

BACA JUGA : Skor Benchmark & Kelengkapan Sensor Samsung Galaxy J2 Prime

Ketiadaan lapisan anti minyak / anti sidik jari itu membuat layarnya terasa terlalu licin khususnya ketika jari mulai berkeringat. Dan kalau sudah demikian, terkadang layar menjadi tidak responsif sehingga membuat kita agak sulit untuk menggerakkan karakter dalam game. Tapi diluar masalah layar itu, selebihnya mimin rasa tak ada masalah.

Oke, di tes awal ini mimin anggap Samsung Galaxy J2 Prime sudah lulus! Mimin pun mulai berharap lebih pada hape ini, dan coba menginstal game lain yakni Real Racing 3 untuk mencoba kemampuannya. Tapi yaa gitu, menaruh harapan berlebih tuh emang nggak baik ya, karena kalo harapannya nggak tercapai tuh bikin kecewa dan rasanya sakiiit banget. Ibarat punya gebetan, terus ngerasa cocok dan pengen dia jadi pasangan idup, eh ternyata doi udah punya cowok. Yakan pedih 🙁 #IniMalahCurcol #Skip

Belum sempat mencoba Real Racing 3 di hape ini, pada saat proses download ternyata muncul pesan horor yang memberitahukan bahwa “Penyimpanan hape tidak cukup” 😐

Masalah pada Galaxy J2 PrimeYaudah, akhirnya nggak jadi deh. Sayang banget yaa.

Baterai

Hal yang paling bisa dibanggakan dari hape ini selain tentunya brand “Samsung” nya adalah bagian baterai. Yaps, untuk hape dengan layar 5.0 inch, kapasitas baterai 2600 mAh memang tergolong besar banget. Apalagi resolusi layarnya cuma qHD, plus menggunakan prosesor hemat daya. Diatas kertas, harusnya sih baterainya ini bakal awet banget. Dan ternyata…

Screen on time Galaxy J2 PrimeBener banget! Mimin agak kesulitan untuk menghabiskan baterainya ini dalam sehari. Untuk pemakaian normal (kartu SIM 1 terpasang dan aktif jaringan 4G, tanpa SIM 2 tanpa microSD, kecerahan layar mendekati minimal) hape ini bisa bertahan lebih dari sehari. Sehingga di kesempatan berikutnya, mimin coba mengakalinya.

Hape mulai mimin nyalakan sekitar jam 5 pagi, baterai 100%. Lalu mimin mulai aktif menggunakannya untuk menjalankan apps standar seperti FB, IG, YouTube dan sesekali membuka aplikasi Twitter. Dan untuk bantu “menguras” baterainya, mimin setting hape ini agar layarnya tidak mati. Dan hasilnya yaa seperti diatas itu! Baterai mulai kehabisan daya sekitar jam 11 malam dengan total Screen on Time hampir 10 jam!

Output charger Galaxy J2 PrimeSementara untuk pengisian daya baterainya, Samsung membekali hape ini dengan adapter daya dengan output 5.0V – 1A. Terus, berapa lama pengisian baterainya? Berdasarkan pengujian yang mimin lakukan, pengisian daya dari sekitar 10% ke 100% dalam keadaan hape dimatikan atau dinyalakan sama-sama membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 40 menit.

Nggak terlalu lama lah yaa. Oke, next, mimin bakal bahas soal kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari hape ini.

36 COMMENTS

  1. make ap mngr buat mindah app ke sdcard, sisain internl buat app bawaan ama dikurangin app ga penting,.. hehhe , ga ada trouble gan,. dan smooth, emang kalo merk brand samsung itu ok kog

    • Hahahah, aku bukan tipe yang suka pindahin app ke sd card, Kak. Soalnya kalo SD card nya error, app nya bakal ikutan error juga. Dan bisa sedikit bikin performa turun juga, meskipun nggak signifikan banget.

  2. j2 prime sy kok cpat habis yah…pling nympe 9 jamn az
    trs kalo dh d mtiin, pas idupin suka blank hitam dl itu knpa yah ?? pdhl umur hp br 2 mnggu…

  3. Kak, mau tanya j2 prime. Bisa ngatur jadi mode praktis gak kak?
    Ada di pengaturan untuk mode praktis (di beberapa hp) . Mintol yang punya j2 primw bisa dibantuin lht di pengaturannya ya. Makasih

  4. J2 prime saya udah dapet pembaruan sistem sekali. Sekarang agak lemot sih. Pemakaian Baterainya sekarang udah gak nyampe 6 jam. Jam 7 pagi full, jam setengah 1 siang aja dah 10%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here