Home Review Review Lengkap Samsung Galaxy J2 Prime

Review Lengkap Samsung Galaxy J2 Prime

13415
36
SHARE

Kelebihan dan Kekurangan

Nah, setelah menguji pakai hape Samsung Galaxy J2 Prime selama kurang lebih 10 hari dan sudah menjelaskan berbagai fitur yang dimilikinya pada halaman-halaman sebelumnya, di bagian yang terakhir dari review ini mimin akan membuatkan kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy J2 Prime.

Kelebihan

1. Baterai

Yaps, tak perlu banyak pertimbangan untuk menempatkan fitur baterai dibagian kelebihan bagi hape ini. Perpaduan antara kapasitasnya yang tergolong besar untuk hape 5 inch, resolusi layar yang tak terlalu tajam, plus penggunaan prosesor hemat daya, mampu memberikan daya tahan baterai yang amat baik.

Sangat cocok bagi kamu yang sangat aktif di media social, yang mana kamu tak perlu khawatir untuk ketinggalan update dari temanmu, dan ketika bepergian pun tak perlu repot membawa powerbank karena kamu akan tetap dapat update sepanjang hari dengan hape ini tanpa takut lowbat.

2. Performa

Meski tak ditujukan untuk penggunaan berat seperti bermain game, namun ternyata hape ini tetap mampu menjalankan aktivitas tersebut dengan lancar. Respon dan kinerja buka tutup apps yang lancar juga menjadi poin lebih bagi para penggila socmed karena tak perlu membawa stok sabar yang terlalu banyak hanya untuk bisa membuka aplikasi.

3. Kamera

Di area pencahayaan bagus, kamera belakangnya memang nggak istimewa banget, khususnya ketika pakai mode auto. Tapi mode HDR di kamera hape ini bener-bener bisa ngasih hasil yang menurut mimin sangat bagus untuk hape sekelasnya karena mampu memproses gambar dan menghasilkan dynamic range yang luas, namun tak terkesan dipaksakan seperti hubungan antara kamu dengan dia #eh.

Mode HDR Kamera Samsung Galaxy J2 Prime
HDR mode, tanpa tripod

Apalagi ketika digunakan di area low light. Memang sih, detailnya jadi nggak bagus, tapi mungkin yang lebih penting bagi kebanyakan orang adalah minimnya noise yang dihasilkan. Meskipun tetep yaa, kamera belakangnya ini punya kekurangan lain yakni masih agak kacau untuk menentukan white balance. Tapi kalo itu sih cuma masalah software aja sih sepertinya, yang kemungkinan bisa mendapatkan perbaikan melalui update system.

Kamera depan dari hape ini juga tergolong bagus karena mampu memberikan detail yang baik (yaiyalah, resolusi 5MP) meskipun warna yang dihasilkan menurut mimin agak pudar. Tapi, yang namanya kamera depan sih sepertinya yaa cuma soal detail dan yang lebih penting adalah bisa bikin muka keliatan lebih cakep dari aslinya 😛 Ditambah lagi, kamera depannya sudah didukung dengan LED flash, yang bikin selfie mu jadi anti gelap. Link untuk hasil fotonya bisa kamu lihat di akhir tulisan ini yaa.

4. Adem

Selama pake hape ini, mimin nyaris tak merasakan gejala panas apalagi kepanasan. Saat main game pun panasnya nggak kebangetan kok, masih tergolong adem sih kalo menurut mimin.

Kekurangan

1. (Layar) Tak Ada Oleophobic Coating

Layarnya nggak pakai Gorilla Glass? Ah kalo itu sih mimin masih maklum. Tapi kok ternyata nggak ada lapisan Oleophobic coating juga? Hemm.. Ketidakhadiran proteksi layar yang satu itu membuat hape ini jadi mudah sekali kotor di bagian layarnya, sidik jari dan minyak mudah menempel dan layarnya pun terkesan terlalu licin ketika jari mulai berkeringat, sehingga akan mengganggu navigasi khususnya ketika sedang bermain game.

Dan ini juga membuat hape ini jadi terkesan lebih murah dari harga yang dibanderolnya.

2. (Layar) Resolusi

Resolusi layar yang tak terlalu tajam juga makin membuatnya terkesan lebih murah dari harga yang dibanderol. Menurut mimin, mestinya hape ini sudah menggunakan resolusi HD pada layarnya agar lebih enak dilihat.

Tapi, justru karena kekurangannya ini ia jadi memiliki keuntungan di sisi baterai dan juga performa ketika bermain game jadi lebih ringan karena GPU tak terlalu terbebani untuk melakukan pengolahan grafis pada layar yang tak terlalu tajam ini.

3. Penyimpanan Minim

Dan yang terakhir sekaligus menjadi kekurangan terbesar dari hape ini adalah penyimpanannya yang minim sekali. Saking minimnya, kita jadi tak bisa memanfaatkan fitur bawaan yang ada, seperti contohnya aplikasi Folder aman yang sudah mimin bahas pada halaman sebelumnya. Iya sih, smartphone ini memang sudah mendukung slot microSD.

Masalah pada Galaxy J2 PrimeTapi biar bagaimanapun, penyimpanan internal yang cukup juga sangat penting untuk menjaga performa dan kenyamanan karena aplikasi yang terpasang pasti bakal menggunakan penyimpanan internal. Dan microSD hanya akan membantu untuk menyimpan file-file multimedia seperti foto dan video.

Kesimpulan

Asik buat pemakaian ringan, nggak cocok buat kerja

Skor benchmark Samsung Galaxy J2 PrimeJadi, sebenernya Samsung Galaxy J2 Prime itu bagus apa nggak sih? Layak beli nggak? Jawabannya sih, tergantung. Kalau kamu cuma pengen hape yang cuma bakal dipake buat selfie, yang cuma bakal buat socmed, dan “yang penting hapenya dari Samsung”, rasanya hape ini masih layak untuk dimiliki.

Tapiiiiii, kalo misalnya kamu butuh hape buat mendukung aktivitas kerjaanmu seperti misalnya untuk toko online, atau untuk urusan lain yang mengharuskan kamu ikut grup chat yang banyak serta menginstal lumayan banyak apps pendukung, rasanya kamu perlu ngelirik brand lain karena di kisaran harga yang sama, sudah ada beberapa brand lain yang menawarkan hape dengan kapasitas penyimpanan lebih besar yang bakal lebih menjamin kenyamanan penggunaannya.

Dan hape ini bakal lebih nggak cocok lagi buat kamu yang doyan main game. Percaya deh. Meskipun memang performanya oke, tapi yaa itu tadi, kapasitas penyimpanan yang imut-imut bener-bener membatasi penggunaannya.

Oke deh, mungkin sekian dulu yaa untuk review kali ini. Kalau misalnya ada yang mau ditanyakan, boleh kok ninggalin komentar. Mimin bakal bantu jawab sebisanya. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Jangan lupa follow dan like fanpage kita yaa! Semoga bermanfaat! 😀

Tulisan Terkait :

36 COMMENTS

  1. make ap mngr buat mindah app ke sdcard, sisain internl buat app bawaan ama dikurangin app ga penting,.. hehhe , ga ada trouble gan,. dan smooth, emang kalo merk brand samsung itu ok kog

    • Hahahah, aku bukan tipe yang suka pindahin app ke sd card, Kak. Soalnya kalo SD card nya error, app nya bakal ikutan error juga. Dan bisa sedikit bikin performa turun juga, meskipun nggak signifikan banget.

  2. j2 prime sy kok cpat habis yah…pling nympe 9 jamn az
    trs kalo dh d mtiin, pas idupin suka blank hitam dl itu knpa yah ?? pdhl umur hp br 2 mnggu…

  3. Kak, mau tanya j2 prime. Bisa ngatur jadi mode praktis gak kak?
    Ada di pengaturan untuk mode praktis (di beberapa hp) . Mintol yang punya j2 primw bisa dibantuin lht di pengaturannya ya. Makasih

  4. J2 prime saya udah dapet pembaruan sistem sekali. Sekarang agak lemot sih. Pemakaian Baterainya sekarang udah gak nyampe 6 jam. Jam 7 pagi full, jam setengah 1 siang aja dah 10%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here