Fitur Kamera Yang Terdapat Pada ASUS Zenfone Selfie

Fitur Kamera Yang Terdapat Pada ASUS Zenfone Selfie

11674
0
SHARE
Fitur Kamera Yang Terdapat Pada ASUS Zenfone Selfie – Kembali melanjutkan posting soal review ASUS Zenfone Selfie, kali ini kita sampai untuk membahas fitur kamera yang dimiliki oleh smartphone 5.5 inch tersebut. Belum sampai di hasil foto ya, karena mimin bakal fokus untuk bahas fiturnya dulu. Tapi kalo kamu udah penasaran banget, boleh kok intip di Instagram mimin @masbocah dehgan hashtag #MasbocahZenSelfie, jangan lupa follow juga loh :p

Oke kita kembali ke topik yaa. Seperti yang kita tau, fitur kamera adalah kekuatan utama yang menjadi poin plus alias fitur unggulan dari perangkat ini baik untuk bagian depan maupun belakang. Dan sudah sepantasnya memang kalo kameranya itu punya banyak fitur. Emang apa aja sih? Langsung ke TKP yuk!
Fitur kamera yang dimiliki Zenfone Selfie
Fitur pada kamera yang dimiliki oleh perangkat ini gak jauh beda dengan yang dimiliki oleh ASUS Zenfone 2, hanya saja ada beberapa perbedaan kecil yang memberikan efek yang cukup signifikan dan menjadi nilai lebih dari perangkat ini jika dibandingkan dengan saudaranya tersebut di sisi kamera. Selain mode auto, si spesialis selfie ini juga punya fitur seperti HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Night, Depth of Field, Effect, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion dan juga Time Lapse baik di bagian depan maupun belakangnya.Iya, kamera depan beresolusi 13 megapixel dengan aperture f/2.2 ini memang punya fitur-fitur yang sangat lengkap, setara dengan fitur yang diusung oleh kamera belakangnya. Hanya saja kamera belakang yang punya resolusi 13 megapixel dengan aperture f/2.0 di perangkat ini punya beberapa fitur tambahan yang menarik seperti laser autofocus dan juga pengaturan mode manual yang lebih oke.

BACA JUGA : APA ITU APERTURE PADA KAMERA?

Laser Autofocus

Apa sih fungsinya? Jadi sensor laser autofocus ini adalah sensor pengukur jarak yang berfungsi untuk menentukan titik fokus sehingga kamera bisa melakukan fokus dengan lebih cepat dan akurat. Dan memang, fitur ini berfungsi dengan baik dan memang bisa membuat fokus kamera jadi lebih cepat. Sayangnya, menurut mimin fitur ini masih kurang optimal dan harusnya bisa lebih baik lagi.

Waktu mimin coba untuk “memindahkan” fokus ke objek lain dengan menggunakan touch autofocus (menyentuh layar untuk menentukan fokus), kamera dari Zenfone Selfie ini nampak agak sedikit meraba-raba ketika mencari titik fokus meskipun memang sedikit lebih cepat dibanding dengan perangkat pada umumnya. Tapi apa itu berarti fitur ini gak berguna? Yaa nggak gitu juga.

Kekuatan dari fitur ini bakal terasa jelas banget ketika kita membiarkannya untuk melakukan fokus otomatis dengan mengarahkan kamera ke objek yang kita inginkan dan menempatkan objek tersebut di bagian tengah layar. Jadi fitur ini bakal sangat membantu agar dapat mengambil foto dengan cepat di momen yang singkat. Di area pencahayaan seadanya, fitur ini juga sangat membantu untuk melakukan fokus lebih cepat.

HDR Mode

Fitur ini sepertinya adalah fitur wajib bagi kamera smartphone. Fungsinya adalah untuk membuat foto kita menjadi cerah secara keseluruhan atau lebih merata kecerahannya. Seperti yang kita tau, terkadang kita harus dihadapkan pada keadaan dimana objek yang ingin kita foto menjadi nampak gelap karena adanya cahaya dari background (backlight) yang cukup kuat. Nah dengan menggunakan HDR, sisi gelap tersebut akan memiliki kecerahan yang lebih baik. Masih bingung? Mendingan nanti coba cek di hasil fotonya aja yaa 😀

Beautification

Beautification

Fitur ini berfungsi untuk “mendandani” wajah kita pada saat menggunakan kamera depan maupun belakang dari ASUS Zenfone Selfie. Pada kamera depan, fitur ini akan aktif secara otomatis ketika kita menggunakannya. Jadi dengan fitur ini, wajah kita bisa nampak lebih halus, atau kita juga bisa melakukan beberapa pengaturan lain misalnya agar pipi jadi lebih tirus, mata yang lebih besar atau yang lain.

Night & Low Light Mode

Dua fitur andalan untuk fotografi malam hari, serupa tapi tak sama. Night mode lebih ditujukan untuk memotret pemandangan malam dengan sedikit menurunkan (memperlambat) shutter speed sehingga kita harus memegang perangkat dengan stabil agar gambar tidak blur. Sedangkan Low Light mode lebih ditujukan untuk foto jarak dekat karena ia hanya mampu menangkap gambar hingga 3 megapixel saja. Loh kok gitu?

BACA JUGA : APA ITU SHUTTER SPEED PADA KAMERA?

Pada Low Light mode, kamera akan menyatukan 4 pixel pada sensor kamera agar dapat menangkap cahaya dengan lebih baik, sehingga resolusi maksimal yang bisa ditangkat adalah 1/4 dari resolusi aslinya. Kalau masih bingung, coba baca disini. Dan memang, Low light mode ini mampu menangkap gambar dengan lebih cerah meskipun ia menggunakan shutter speed yang lebih cepat, sehingga mengurangi resiko blur saat mengambil gambar.

Depth of Field Mode

Fitur depth of field zenfone selfie

Berfungsi untuk memberikan efek blur pada background objek yang kita foto. Setelah mengambil foto dengan mode ini, kita bisa menentukan kekuatan blur yang ingin kita terapkan pada background foto tersebut, seperti yang nampak pada gambar diatas.

Super Resolution

Fitur ini cukup unik, karena perangkat akan mampu menangkap gambar beresolusi 52 megapixel hanya dengan menggunakan kamera yang sebenarnya hanya punya resolusi 13 megapixel. Cara kerjanya adalah, perangkat akan menangkap beberapa foto sekaligus yang kemudian dijadikan satu sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih tajam.

Effect

Efek filter kamera Zenfone Selfie

Memberikan beberapa efek filter secara real time untuk menghasilkan gambar yang unik. Seperti yang bisa kita lihat pada gambar diatas, terdapat beberapa pilihan efek, mulai dari filter “pencil” hingga penambahan border lucu. Sepertinya fitur ini bakal lebih disukai oleh kaum hawa 😀

GIF Animation

Bukan cuma foto, kita juga bisa mengambil gambar bergerak (animasi) dengan kamera Zenfone Selfie. Tentu saja dengan interval / waktu yang terbatas yaa (30 frame). Jadi kita harus menekan dan tahan tombol kamera yang ada di layar untuk mulai menangkap gambar animasi. Kemudian kita bisa menentukan kecepatan gerakan dari gambar animasi yang kita buat tersebut.

Panorama & Miniature

Sepertinya semua orang sudah paham soal foto panorama. Uniknya, kamera depan dari Zenfone Selfie ini juga mampu menangkap gambar panorama dengan mode Selfie Panorama sehingga kita bisa menangkap objek yang lebih luas ketika berfoto selfie.

Sedangkan untuk miniature, kita akan mampu untuk mengambil foto dengan efek yang membuat seolah-olah foto tersebut adalah objek miniatur.

Time Rewind

Fitur time rewind Zenfone Selfie

Kalau kita pakai Time Rewind, perangkat akan mengambil banyak foto sekaligus (2 detik sebelum kita menekan tombol shutter hingga 1 detik setelah kita menekan tombol shutter), lalu kita bisa memilih satu gambar terbaik dari sekian banyak foto yang diambil. Mungkin ini bakal cocok untuk foto levitasi. Kalau sempat, mimin akan coba nanti 😀

Smart Remove & All Smiles

Smart remove Zenfone selfie

Pada dasarnya kedua fitur ini serupa, tapi tak sama. Mereka sama-sama akan mengambil 5 buah foto sekaligus ketika kita menekan tombol shutter dan menggabungkannya menjadi satu. Bedanya, smart remove akan mendeteksi objek lain yang bergerak dan akan dihilangkan, sedangkan all smiles akan mendeteksi senyum, dan akan menggabungkan semua foto hingga semua orang yang ada di objek nampak tersenyum. Semoga bisa dimengerti yaa.. Hihi :p

Slow Motion

Nah kalau yang ini sebenarnya masuk kategori video. Jadi kita bisa mengambil video slow motion alias gerakan lambat dengan menggunakan Zenfone Selfie.

Manual Mode

Fitur manual mode Zenfone Selfie

Nah kalau yang satu ini adalah fitur kamera yang paling mimin favoritkan, dan mimin yakin bagi kamu yang doyan fotografi pun pasti bakal suka! Jadi dengan fitur ini, kita bisa mengatur sendiri settingan ISO, shutter speed, white balance dan juga fokus secara manual. Istimewanya, fitur ini tersedia untuk kamera depan maupun belakang!

Manual mode kamera depan

Bedanya, untuk kamera belakang, kita bisa mengatur shutter speed di kisaran 1/1000 detik hingga 32 detik, sedangkan untuk kamera depan, shutter speed paling lambat hanya mentok di angka 1/2 detik saja.

Time Lapse

Yang ini juga sebenarnya fitur video, kebalikan dari slow motion tadi. Jadi dengan fitur ini kita bisa membuat seperti video yang dipercepat gitu. Pernah lihat video proses pertumbuhan kecambah di National Geographic? Yaa seperti itulah time lapse.

Time lapse

Kamu bisa mengatur interval waktu (per frame) untuk video ini. Tapi ingat, sebelum menggunakan fitur ini, pastikan baterai perangkatmu sudah terisi penuh atau bahkan kamu perlu membawa powerbank karena mengambil video time lapse akan memakan waktu yang sangat lama.

Nah itulah beberapa fitur yang dimiliki oleh kamera Zenfone Selfie. Untuk hasil fotonya, kita lanjut ke posting berikutnya yuk di Part 4!

HALAMAN TERKAIT :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY