Apa Bedanya ASUS Zenfone 3 Dengan Zenfone 3 Deluxe?

Apa Bedanya ASUS Zenfone 3 Dengan Zenfone 3 Deluxe?

2238
0
SHARE

Apa Bedanya ASUS Zenfone 3 Dengan Zenfone 3 Deluxe? – Setelah ASUS memperkenalkan 3 seri Zenfone baru pada event Zenvolution yang berlangsung di Taiwan pada akhir Mei 2016 lalu, beberapa calon konsumen awam mungkin akan sedikit bingung soal perbedaan dari seri-seri yang ada, khususnya untuk seri Zenfone 3 (ZE552KL) dan Zenfone 3 Deluxe (ZS570KL) yang merupakan 2 produk unggulan yang mereka miliki.

Namun berbeda dengan tahun sebelumnya dimana seri Zenfone 2 “Deluxe” hanya memiliki sedikit perbedaan dengan Zenfone 2 (lebih unggul pada penggunaan chipset dan storage yang lebih besar serta back case yang berbeda), kali ini ASUS nampak memisahkan keduanya untuk menarget pasar yang benar-benar berbeda dimana Zenfone 3 lebih ditujukan untuk pasar kelas menengah, sedangkan Zenfone 3 Deluxe merupakan perangkat flagship yang ditempatkan untuk pasar premium.

Nah disini, mimin bermaksud untuk membuatkan perbandingan antara keduanya agar kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhanmu atau mungkin sekedar menghapus rasa penasaranmu terhadapnya.

Perbandingan Zenfone 3 dengan Zenfone 3 DeluxeSebelumnya perlu dicatat yaa, tulisan ini hanya akan membandingkan perbedaan berdasarkan data spesifikasi yang ada dan bukan berdasarkan pengalaman menggunakannya secara langsung seperti halnya ketika mimin membandingkan Zenfone 2 dengan Zenfone Selfie. Tapi doain aja yaa, semoga mimin bisa icip-icip kedua hape ini secara langsung supaya bisa memberikan data yang lebih detail buat kamu semua. Hehehe 😀 Oke deh, kita mulai aja yuk!

Fisik

Dari segi fisik saja, sudah bisa dilihat perbedaannya dengan cukup jelas, dimana Zenfone 3 Deluxe memiliki dimensi yang lebih besar karena memang ia mengusung layar 5.7 inch, lebih besar dibandingkan Zenfone 3 yang “hanya” mempunyai layar 5.5 inch. Tak hanya ukuran, dari sisi desain pun keduanya nampak sedikit berbeda, dan perbedaan akan makin jelas jika kita melihatnya pada bagian belakang.

Bedanya Zenfone 3 dengan Zenfone 3 DeluxeZenfone 3 memiliki body dengan frame metal berlapis kaca 2.5D di bagian depan dan belakangnnya. Bagian belakang dari perangkat ini juga nampak khas dengan pola melingkar yang semakin memberikan kesan premium. Sedangkan Zenfone 3 Deluxe nampak memiliki bagian belakang yang polos dengan mengusung body full metal sehingga tak mengurangi kesan premiumnya. Uniknya, ASUS berhasil “menyembunyikan” garis antenna yang pada umumnya nampak sangat jelas pada perangkat ber-body metal lainnya.

Layar

Selain beda ukuran, jenis layar yang digunakan oleh kedua smartphone ini juga berbeda. Zenfone 3 menggunakan panel IPS, sedangkan Zenfone 3 Deluxe menggunakan panel Super AMOLED.

Kamera

Zenfone 3 Deluxe dibekali dengan kamera belakang beresolusi 23 megapixel, sedangkan Zenfone 3 “hanya” memiliki kamera belakang beresolusi 16 megapixel. Tapi, tentu sebagian dari kamu sudah paham bahwa besaran megapixel bukanlah tolok ukur utama untuk menghasilkan foto yang baik, bukan?

BACA JUGA : Apa Itu Megapixel Pada Kamera?

Yap, ada hal yang lebih penting dari itu, yaitu sensor yang digunakannya. Zenfone 3 menggunakan sensor dari Sony dengan seri IMX 298, yang juga digunakan pada sebagian smartphone flagship (kelas premium) termasuk Vivo XPlay 5 dan Oppo R9 Plus. Sedangkan Zenfone 3 Deluxe menggunakan sensor Sony dengan seri IMX 318 yang merupakan versi update dari sensor yang digunakan pada kamera Sony Xperia Z5.

Terlepas dari sisi sensor, keduanya memiliki beberapa fitur pendukung kamera yang sama, termasuk OIS (Optical Image Stabilization) 4-axis, EIS (Electronic Image Stabilization) 3-axis, serta gabungan antara teknologi Phase Detection Auto Focus (PDAF) plus Laser autofocus untuk memberikan performa fokus kamera yang lebih cepat.

Dapur Pacu

Segmen pasar yang berbeda tentu juga akan membawa perbedaan dari sisi performa yang dipengaruhi oleh “dapur pacu” dari masing-masing perangkat. Zenfone 3 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, RAM 3 GB atau 4 GB, kapasitas penyimpanan 32 sampai 64 GB, baterai 3000 mAh, serta berjalan dengan OS Android Marshmallow.

BACA JUGA : Bagusan Mana Prosesor Octa-core, Quad-core atau Hexa-core?

Sementara itu, Zenfone 3 Deluxe yang ditujukan untuk segmen premium didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820 Quad-core 2.15 GHz Kryo, RAM 6 GB, kapasitas penyimpanan 64, 128 hingga 256 GB, baterai 3000 mAh, serta berjalan dengan OS Android Marshmallow. Penggunaan chipsetnya ini sama dengan chipset perangkat premium lain termasuk Samsung Galaxy S7, LG G5, dan juga Sony Xperia X Performance. Tak lupa, kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk menambah keamanan perangkat.

Kesimpulan

Jadi, sudah cukup jelas bukan perbedaan antara Zenfone 3 dengan Zenfone 3 Deluxe? Zenfone 3 menawarkan sebuah smartphone dengan fitur super lengkap dalam paket yang lebih hemat, sedangkan Zenfone 3 Deluxe menawarkan segala keunggulan smartphone yang siap bersaing dengan perangkat flagship yang sudah beredar saat ini.

Nah, itulah beberapa poin perbedaan utama antara dua smartphone baru andalah ASUS tersebut. Semoga bisa menghapus rasa penasaranmu yaa. Kamu bisa jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY