Review Hasil Kamera (Foto) ASUS Zenfone Selfie

Review Hasil Kamera (Foto) ASUS Zenfone Selfie

40357
34
SHARE

Review Hasil Kamera (Foto) ASUS Zenfone Selfie – Nahh sekarang kita sampai di review hasil foto yang diambil menggunakan kamera depan dan juga belakang dari ASUS Zenfone Selfie. Oia, kalau misalnya kamu belum sempat membaca tulisan sebelumnya, kamu boleh kok mampir ke link yang mimin cantumkan di bagian bawah posting nanti 😀

Oke, kita mulai dari foto di pagi dan sore hari ya! Monggo langsung di cek!

  • NOTE : File foto yang ter-upload disini secara otomatis di kompres, sehingga akan menurunkan kualitas foto itu sendiri. Mohon maaf ya gaes. Kalau mau lihat hasil foto lainnya, bisa intip akun Instagram mimin @masbocah dengan hashtag #MasbocahZenSelfie. Jangan lupa di follow juga yaa 😀

Foto landscape dibawah ini diambil dengan kamera belakang, mode Auto pada waktu sore hari, dibawah cuaca yang cukup cerah. Tanpa crop dengan setting resolusi 10 megapixel.

Contoh hasil kamera Zenfone SelfieSekarang coba kita crop (zoom) yuk untuk lihat detailnya!

Kualitas foto ASUS Zenfone SelfieGambar diatas menunjukkan bahwa gambar masih terlihat jelas meskipun gambar sudah di crop. Silakhan bandingkan dengan foto aslinya. Sekarang kita beralih ke foto close up alias jarak dekat. Mimin mengambil bunga sebagai objek utama untuk sample (tanpa dipetik loh yaa), pagi hari dan cuaca cukup cerah. Tanpa crop dengan setting resolusi 10 megapixel.

Contoh foto bunga Zenfone SelfieDari sana kita bisa lihat efek DOF (depth of field / blur) terlihat cukup kuat. Hal itu berkat aperture atau bukaan lensa yang besar pada kamera belakang dari Zenfone Selfie yakni f/2.0. Warna yang ditampilkan pun hampir sesuai dengan aslinya.

BACA JUGA : Apa itu aperture pada kamera?

Masih belum puas untuk foto jarak dekatnya? Oke, sekarang mimin kasih foto si Zenny yang lagi senam pagi. Say hello dulu yuk!

Efek bokeh kamera Zenfone SelfieDisini nampak lebih jelas bahwa kamera ini juga dapat memberikan detail yang baik pada pengambilan foto jarak dekat, dibawah mentari pagi yang cerah dan ditutupi oleh pepohonan. Dan lagi, terima kasih untuk aperture besar yang diusung kamera belakangnya sehingga mampu memberikan efek DOF yang lebih dramatis.

Nah ngomong-ngomong soal DOF, perangkat smartphone ini juga satu fitur yang diberi nama Depth of Field yang akan memberikan efek blur buatan ketika mengambil foto, dan hasilnya :

Fitur depth of field Zenfone SelfieOke, sebagian dari kamu mungkin akan suka dengan hasilnya, karena ia mampu memberikan efek blur yang lebih kuat, tapi menurut mimin fitur ini masih kurang bagus karena nampak tidak alami. Ya jelas lah ya, dimana-mana pasti yang alami yang lebih bagus. Coba perhatikan beberapa bagian di sekeliling bunga tersebut, nampak terdapat beberapa bagian yang terlihat sedikit aneh karena dipaksakan untuk blur.

Memang, kelemahan dari mode ini adalah masih kurang mampu membuat efek blur yang baik ketika diarahkan ke objek yang memiliki detail yang kompleks, seperti misalnya bunga yang memiliki daun yang kecil-kecil seperti pada gambar diatas. Jadi saran mimin, jika ingin menggunakan fitur ini agar mendapat hasil yang optimal, pastikan bahwa objek utama tidak memiliki detail pinggiran yang kompleks serta jangan sampai ada objek lain yang berada terlalu dekat.

Sekarang kita coba untuk menggunakan fitur HDR.

Foto tanpa HDRFoto diatas adalah gambar yang diambil tanpa HDR, yang nanti akan menjadi pembanding. Fitur HDR dari Zenfone Selfie ini menurut mimin sudah lebih baik dari fitur HDR yang diusung oleh Zenfone 2 (waktu awal-awal rilis, sebelum menerima update). Lebih baik dari sisi apa? Oke, mending kita lihat fotonya dulu deh.

Foto dengan HDR Zenfone SelfieTerlihat jelas perbedaan antara foto yang diambil tanpa HDR dan foto yang diambil menggunakan HDR mode. Foto tanpa HDR nampak memiliki sisi gelap karena cahaya di background (backlight) yang cukup kuat, sedangkan foto dengan HDR akan membuat sisi gelap dari foto tersebut menjadi nampak lebih terang dan bisa dilihat dengan baik.

Proses pengeditan otomatis yang dilakukan oleh perangkat ini nampak sangat “halus” sehingga gambar yang dihasilkan pun terlihat lebih alami. Dan sebagai penutup untuk uji kamera belakang di siang hari, mimin akan memberikan sample foto perbandingan antara mode normal dengan mode Super Resolution. Silahkan perhatikan dulu gambar dibawah ini, foto awal yang belum di crop.

Contoh hasil foto Zenfone SelfieNah pada fitur Super Resolution, kamera dari perangkat ini akan mampu menangkap gambar hingga 4x lebih tajam (maximal 52 megapixel). Gambar dibawah adalah hasil crop dari gambar utuh yang ada di atas. Sebelah kiri adalah mode auto (10 megapixel) sedangkan sebelah kanan adalah mode Super Resolution (38 megapixel).

Mimin rasa kalian bisa lihat sendiri perbedaannya, kan? Pada mode Super Resolution, garis-garis pinggiran atau outline masih terlihat jelas dan lebih detail, sedangkan pada mode auto terlihat agak sedikit lebih buram meskipun objek masih bisa dilihat dengan jelas.

Contoh super resolution Zenfone SelfieBACA JUGA : Apa itu megapixel pada kamera?

Sekarang kita beralih ke sample foto yang diambil pada malam hari, kita mulai dari mode Auto yaa..

Contoh foto malam hari Zenfone SelfieSebelumnya mohon maaf kalau sudut pengambilan gambarnya kurang bagus, karena di spot untuk mengambil sudut yang lebih baik waktu itu sudah dipenuhi oleh segerombolan fotografer lain. Penerangan bisa dibilang cukup baik pada saat itu, dan lampu yang ada membuat jalan nampak lebih cerah dibandingkan objek utama yang dibidik (patung).

Terlepas dari keadaaan itu, foto yang dihasilkan ternyata sudah sangat baik meski mimin hanya menggunakan mode Auto. Warna yang ditampilkan nampak seperti aslinya meskipun setelah mimin cek, ternyata kamera menaikkan ISO hingga di angka 750. Sekarang, mari kita crop (zoom) untuk melihat lebih detail.

Hasil foto malam hari Zenfone SelfieMeskipun menggunakan ISO di angka yang cukup tinggi (untuk ukuran smartphone), ternyata noise yang ditimbulkan tidak sebanyak yang mimin kira. Well, mimin rasa ini cukup baik. Sekarang kita beralih menggunakan Night Mode.

BACA JUGA : Apa itu noise?

Review kamera Zenfone Selfie malam hariGambar nampak lebih cerah ketika menggunakan mode ini. Tapi bagaimana dengan detailnya? Oke, mari kita zoom!

Foto malam hari menggunakan Zenfone SelfieKecerahan yang lebih baik ternyata harus sedikit megorbankan kualitas warna. Meskipun settingan ISO untuk mode ini di angka yang lebih kecil dari mode auto, namun mungkin shutter speed yang dipaksa untuk diperlambat akan membuat objek jadi nampak sedikit terlalu cerah sehingga akan membuat warnanya sedikit lebih pudar. Tapi meski demikian hasil ini pun tak begitu mengecewakan.

Sekarang kita coba untuk menggunakan mode Low Light, salah satu fitur andalan dari kamera perangkat Zenfone.

Mode low lightPerlu diketahui bahwa ketika kita menggunakan Low Light mode, kamera hanya akan mampu menangkap foto dengan ukuran maksimal 3 megapixel saja. Hal itu karena pada mode ini, perangkat akan menggabungkan 4 buah pixel menjadi satu untuk dapat menangkap cahaya lebih banyak, sehingga ukuran maksimal dari gambar yang ditangkap hanya 1/4 dari 13 megapixel. Mari kita cek lebih detail.

Foto menggunakan mode low light Zenfone SelfieDisini mungkin tidak terlalu terlihat perbedaannya selain dari segi ukuran gambar yang akan membuatnya nampak “pecah” ketika di zoom karena sejatinya memang mode ini lebih ditujukan untuk foto jarak dekat. Pada mode ini, settingan otomatis dari ISO dan shutter speed pada kamera nampak tak jauh beda dengan mode Auto, namun ia memiliki warna yang lebih cerah. Untuk membuktikan keunggulan dari mode ini, mimin sudah mencoba untuk mengambil foto di keadaan yang sangat gelap dan hampir tidak ada penerangan, dan hasilnya :

Foto di area sangat gelapBisa melihat sesuatu dari foto yang sangat gelap diatas? Kalau kamu perhatikan dengan lebih detail, disana akan nampak sepasang mata milik Zenny. Pada semua mode (kecuali mode manual) yang mimin coba pada keadaan hampir tidak ada pencahayaan itu, hanya mode Low Light saja yang mampu menangkap gambar sepasang mata milik Zenny (meskipun gambar itu juga masih kurang jelas). Sedangkan yang lain hanya menampilkan warna hitam alias tak mampu melihat apapun.

Oke, sekarang kita coba fitur manual mode dari kamera belakang Zenfone Selfie. Foto ini diambil dengan settingan ISO 50 dan shutter speed 1 detik.

Manual mode ASUS Zenfone SelfieHarus diakui, sebenarnya foto diatas itu agak under exposure alias kurang cerah ya. Mimin baru menyadari hal itu setelah sampai di rumah dan membandingkannya dengan foto lain yang diambil dengan shutter speed 2 detik yang nampak lebih baik. Namun sayangnya pada foto tersebut terdapat objek yang tidak diinginkan, sehingga mimin memutuskan untuk tidak menampilkannya disini.

Contoh mode manualSetelah di zoom, maka akan terlihat jelas bahwa foto ini terlihat lebih bersih (minim noise) karena memang menggunakan ISO yang sangat kecil. Oleh karena mimin rasa foto diatas kurang sip, maka mimin akan memberikan contoh foto tambahan yang juga diambil dengan mode manual.

Hasil foto mode manual Zenfone SelfieISO 50, shutter speed 4 detik. Mimin gak mau memuji diri sendiri ah, jadi silahkan dinilai sendiri yaa :p

Zenfone Selfie menggunakan mode manualUntuk manual mode ini, kualitas dari foto lebih ditentukan oleh settingan kita sendiri. Oke, cukup untuk kamera belakang. Sekarang saatnya kita beralih ke kamera depan yuk! Mimin yakin, pasti kamu sudah menunggunya sedari tadi, kan? Kita mulai dari foto mimin yang mencoba kamera depan ini secara sembunyi-sembunyi. Maklum, masih malu-malu, soalnya hampir gapernah foto selfie.. Kecuali buat review doank.. Hihihi :p

Hasil kamera depan Zenfone SelfieSepertinya kurang lengkap yaa kalau mimin hanya memberikan 1 contoh foto saja? Maka mimin coba untuk mencari beberapa orang untuk mencoba kamera depan dari perangkat ini sekaligus juga untuk meminta pendapat mereka.

Review kamera depan“Wiiihh jernih sekali..!” kata mas-mas yang mimin minta untuk mencoba kamera depan dari Zenfone Selfie itu. Yup, selain karena memang mengusung resolusi yang besar (13 megapixel), kamera depan ini juga dilengkapi dengan fitur Beautification yang akan membuat wajah kita jadi terlihat lebih cerah, halus dan bersih. Dan mimin sangat yakin, kamera depan ini akan sangat disukai oleh mereka yang gemar berfoto selfie.

Contoh foto kamera depan siang hariKetiga mbak-mbak diatas agak malu-malu ketika mimin minta untuk mencoba kamera depan dari perangkat 5.5 inch ini. Tapi untungnya mereka bersedia untuk mencobanya. Sayang, pada saat percobaan di malam hari, mimin tidak menemukan mangsa yang tepat untuk mencoba kamera depannya, sehingga mimin hanya akan memberikan foto potrait menggunakan kamera depan ini.

Contoh foto malam hari kamera depanDari yang bisa kita lihat diatas, gambar yang dihasilkan bisa dibilang sangat cerah meskipun kamera harus memaksa untuk menaikkan ISO di angka tertinggi (1600) sehingga agak menimbulkan noise. Fitur dual LED flash yang terletak di depan juga bisa membantu agar foto tampak lebih terang jika kita membutuhkan pencahayaan yang lebih baik ketika berfoto selfie. Disana juga terlihat bahwa kamera depan ini memiliki jangkauan sudut pandang yang lebih luas dibandingkan dengan kamera belakang, sehingga dapat menangkap lebih banyak objek dalam satu frame foto.

Dan jika kamu merasa kurang puas dengan sudut tersebut, kamu masih bisa menggunakan fitur Selfie Panorama agar kamu bisa berfoto selfie beramai-ramai. Oia, ada satu hal unik yang mimin temukan pada kamera depan dari perangkat ini, yakni disematkannya fitur Manual Mode, fitur yang tidak biasa mimin temukan pada kamera depan perangkat smartphone.

Oke, mimin rasa sudah cukup untuk review hasil jepretan dari ASUS Zenfone Selfie. Menurut kamu gimana nih? Kalo masih kurang puas, bisa cek Instagram mimin yaa, di atas juga udah disebutin tuh tadi. Selanjutnya kita lanjut ke bahasan Part 5 yaa, yaitu soal Kesimpulan (kelebihan dan kekurangan) dari review perangkat smartphone besutan ASUS ini.

Cek Harga Zenfone Selfie (16 GB / 32 GB)

HALAMAN TERKAIT :

34 COMMENTS

  1. Nice Review dari segi kamera.. jelas dan padat.. kebetulan saya memang lagi incar ini HP.. tp saya punya pertanyaan.. saya pake Zenfone 2 Ze551ML Ram 4 giga memory 32 giga. dan ketika menggunakan Kamera untuk selfie atau belakang.. saat mau cekrek. kadang kamera berubah menjadi sedikit lag. patah2 dan malah menghasilkan foto yg kurang bagus.. jadi kaya lemot aplikasi kameranya… apa ini terjadi juga di Zenfone Selfie? thanks

    • Sejauh yang aku rasain sih nggak mas.. Zen Selfie ini bisa dibilang jauh lebih stabil (dari sisi apapun) dibandingkan dengan Zenfone 2, meskipun performa masih enakan di Zenfone 2 🙂

  2. Min sku kesulitan me bantu y
    Gni aku kalo pasang dp bbm kok smua foto pecah y?
    Trus kalo da di upload ke fb buka lg pecah?
    Apa yang saya hrus lakukn?

    Gmbr mau di ambil dr kamera asli 360 or b612 sklipun ttp aja kalo ud di upload ke fb or dpsng ke dp bbm mlh jd pecah dan jelek.. plis bantuanny

  3. Askum om.pnya asus selfie baru 1bln pertama emang mantaf hasil jepreten kualitas poto bagus . Setelah 3minggu hasil poto2 saya mau pasang di homscren / di jadidin walpeper ,saya pilih galery pas saya buka tu poto2 gambarnya ga kebuka saya coba klik salasatu untuk di jadiin walper jadinya malah tema original pas saya coba lagi ganti tema yg lain hasil nya sama ga robah …
    Karna panik saya langsung aja ni hp di hardreset .. semua kembali Normal … saya coba lagi masuk ke kamera jepret sana jepret sini hasil jepretan sesudah di hardreset poto2 jadi kurang bagus … apa ngaruh ?…

    • Hemm, belum pernah kasus seperti itu. Coba masuk ke menu setting – apps – all apps, terus cari app kamera, dan klik tombol “force stop” (berhenti paksa) dan juga “clear data” (hapus data), abis itu restart hapenya..

      Kalo masih belum ngatasin, coba aplikasi kameranya di update dulu

  4. Ass..
    Aku pengguna asus zenFone selfie..
    Camera depan dan blkng memang bgus tpknp ya kalo di zoom gambar pecah bgt??biarpun di foto jarak dekat pun sama pecah..cerah sih cmn ya gitu..
    Udh di setting ttep aja..
    Malah lebih jernih asus zanFone 2..
    bantu dong untuk perbaiki kamera nya
    Mksih..

  5. Di area gelap,ruangan,di luar sama aja ka pecah gambar nya..
    ISO nya otomatis kak..
    msih jernih zenfone2 di bnding zenfone selfie…
    Kenapa atuh ?? :'(

    • Biarpun baru, kalo lensanya lecet-lecet, kita bisa apa, Kak? :’)

      Kalo emang ga ada lecet, coba masuk ke menu setting – apps – cari aplikasi kamera – terus klik force stop (paksa berhenti) dan clear data (hapus data), terus restart hapenya. Gak yakin sih, apa ini bisa ngebantu atau nggak, tapi yaa coba dulu aja..

      Kalo masih begitu juga, coba sini deh, jadi penasaran pengen bandingin sama punyaku 😛

  6. saya kan pake hp asus zenfone selfie ya kak baru beli 5 hari yang lalu, tapi kenapa sekrang kamera depannya ada garis2 gelombang gtu ya?. kaya kalo kamera dilitin ke tv. gmna ya cara memperbaikinya?. terimakasih

  7. Saya mau tanya, untuk kamera belakang, apakah punya kalian (zenfone selfie) ketika dipakai diruangan dengan lampu yang terang, ada bayang2 hitam2 nggak? saya baru beli 3 hari ternyata ada, kalau pakai video pun hasilnya ada bayang2, seperti kita sedang merekam dari TV gitu lho. hiks sedih…

    • Bayang bayang hitam? Penampakan kali 😮 Hahahahah 😛

      Mungkin maksudnya seperti gelombang berjalan (flicker) gitu ya, Kak? Kalo iya, sepertinya emang wajar sih, Kak. Itu karena settingan kamera untuk video nya gak pas, jadi ada flicker. Mungkin nanti aku bakal bikinin deh tips nya supaya gak seperti itu 😀

  8. Mas mau Tanya, kalo produk Asus kira2 awet ga sih biasanya? Kan zenfone ini make snapdragon yaaaa, nah katanya batrenya gaterlalu panas. Berarti anget kalo dipake gitu? Soalnya mau nyoba Asus ini tp kaya belum sreg gitu wkwkkwkw thank you.

    • Oiya mas mau nanya sekalian, kalo Asus kan misalnya yang 16gb tuh atau yg 32gb deh. Terus pas udh beli hapenya, itu memorinya yang sisanya berapa mas? Kan pasti ga murni 16gb kan? Aplg katanya banyak app bawaan. Hehe makasi lagi

      • Untuk Zen Selfie ada yang 16 dan 32 GB, tapi aku cuma pernah coba yang 32 GB

        Tapi kok yaa aku lupa dulu sisanya berapa :3 Yang jelas, untuk file system sih pakenya sekitar 6 koma sekian GB (mendekati 7), plus aplikasi itu kalo gasalah sekitar 1.7 GB apa ya? Tapi yang jelas kalo yang 32 GB mah aman dah.. :3

    • Nggak terlalu panas kalo dipake yang berat, Kak..

      Kalo pemakaian standar mah adem ayem aja. Untuk awet atau nggak nya, itu tergantung pada :
      1. Pemakaian & perawatan
      2. Tipe hapenya (aku punya beberapa hape ASUS, dan untuk tipe Zenfone Selfie ini recomended banget karena paling stabil menurutku)
      3. Apes atau nggak nya (kalo pas dapet yang cacat produksi yaa apes, tapi sejauh ini jarang ada keluhan cacat produksi dari Zenfone Selfie)
      4. Faktor amal dan ibadah :v

  9. Saya mau nanya mas
    Hp zefon 5 saya kalau buat selfi hasil fto nya og kebalik yya mas.?misal kn saya naruh barang di smping kanan saya trus saya selfi..hasil fto nya jdi di sebelah kiri mas barang nya
    Mohon info nya mas

LEAVE A REPLY