Home Pengetahuan Dasar Menggunakan MyLink M3Y Untuk Melihat Sisa Kuota Pada Smartfren Andromax M3Y

Menggunakan MyLink M3Y Untuk Melihat Sisa Kuota Pada Smartfren Andromax M3Y

443310
506

Menggunakan MyLink M3Y Untuk Melihat Sisa Paket Data Pada Smartfren Andromax M3Y – Beberapa hari lalu, mimin sempat iseng untuk mampir ke Gallery Smartfren untuk meminang seri mini WiFi router terbaru mereka dengan seri M3Y untuk diuji pakai dan pastinya bakal diulas di blog Techijau.com ini.

Review Smartfren Andromax M3YNah, sembari menunggu proses pembuatan ulasan alias review dari MiFi Smartfren Andromax M3Y ini (sudah selesai & bisa kamu lihat pada link ini), mimin akan membuatkan sebuah tulisan yang mungkin bakal berguna bagi orang awam yang baru saja memiliki perangkat yang sama, yakni tentang bagaimana untuk mengetahui sisa paket data yang terdapat pada Smartfren Andromax M3Y.

Cara mengecek sisa kuota dari MiFi ini sebenarnya sangat mudah bagi mereka yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android karena Smartfren sudah menyediakan sebuah aplikasi bernama MyLink M3Y, atau MyLink M3Z untuk kamu pengguna Andromax M3Z. Namun bukan berarti perangkat dengan OS lain jadi tidak bisa mengecek sisa kuotanya loh ya, nanti akan mimin bahas juga kok disini. Makanya diperhatikan dulu yaa. Oke, kita langsung aja deh mulai pembahasannya!

Cara Menggunakan MyLink M3Y & M3Z Untuk Cek Kuota

1. Eits, untuk kamu pengguna Android, sebelumnya kamu mesti install dulu donk aplikasi MyLink M3Y di hape atau tablet Android kamu. Kamu bisa menemukannya di Google PlayStore. Atau bagi kamu pengguna Andromax M3Z, kamu bisa download aplikasinya di Google PlayStore juga.

BACA JUGA : Cara Install Aplikasi Di Hape Android Melalui Laptop

Sudah install? Sekarang kamu harus login dulu. Oiya kalau kamu ingin mengeceknya menggunakan laptop, kamu bisa langsung buka browser dan masuk ke andromax.m3y (untuk pengguna M3Y) dan atau andromax.m3z (untuk pengguna M3Z). Tampilannya bakal mirip kok seperti di pada tampilan aplikasi di hape.

Ketika MiFi masih dalam keadaan baru, biasanya username dan password untuk aplikasi ini secara default akan di set “admin”. Artinya, kamu hanya perlu memasukkan kata “admin” sebagai username dan password nya.

Cara cek kuota smartfren andromax m3y2. Nah setelah login, tampilan dari aplikasi akan muncul seperti pada gambar dibawah ini. Untuk melihat sisa kuota yang dimilikinya, kamu perlu untuk memilih menu My Smartfren.

Melihat sisa kuota Andromax M3Y3. Lalu, aplikasi akan membukakan menu tampilan sederhana mengenai sisa kuota yang kamu miliki, di bagian atas layar. Nah untuk melihat info lebih detail, kamu perlu mengklik menu tersebut agar aplikasi menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai bonus kuota, masa aktif, dan lainnya.

Mengecek Kuota Andromax M3YTuh, gampang kan? Eittts tapi tunggu dulu! Kamu perlu membaca lebih lanjut untuk mengamankan MiFi mu!

NOTE : Kalau ternyata aplikasi MyLink tak bisa digunakan / hanya memunculkan icon FB dan Twitter, maka kamu bisa menggunakan cara alternatif dengan mengecek kuota via browser seperti yang sudah mimin sebutkan diatas. Penjelasan soal masalah tersebut sudah mimin bahas pada posting ini.

Mengganti Password WiFi & Login

Setelah berhasil melihat sisa kuota, sekarang saatnya kamu mengganti password login dari MiFi yang kamu gunakan agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Caranya?

Masih menggunakan aplikasi MyLink M3Y / M3Z, di bagian tampilan awal, cari dan pilih menu Quick Settings. Setelah itu akan muncul tampilan menu mulai dari nama WiFi, hingga password login dan password WiFi.

Mengganti password wifi Andromax M3YMenu Wi-Fi SSID yang tertera disana adalah tampilan nama dari WiFi mu. Kamu boleh membiarkannya, atau menggantinya sesuai dengan nama yang kamu inginkan. Nantinya, nama yang kamu set inilah yang akan muncul dan terdeteksi pada perangkat yang sedang mencari WiFi.

Lalu menu Wi-Fi Key adalah password yang wajib dimasukkan bagi siapa saja yang ingin menggunakan jaringan WiFi pada perangkat Andromax M3Y. Yang ini juga kamu boleh membiarkannya, atau menggantinya dengan password lain agar lebih mudah diingat.

WARNING! Jika kamu mengganti Wi-Fi SSID dan Wi-Fi Key, maka kamu secara otomatis akan langsung log-out, dan harus terhubung kembali dengan WiFi yang menggunakan nama baru dan password baru tersebut.

Nah kalau menu Login password ini penting banget dan wajib kamu ganti, supaya MiFi mu nggak diambil alih oleh orang lain! Gantilah password login yang sebelumnya hanya menggunakan kata “admin” menjadi apapun password yang kamu inginkan untuk mengamankan MiFi mu.

Dan iya, setelah itu kamu wajib untuk mengklik tombol Apply yang terdapat dibawahnya agar perubahan bisa disimpan.

Tambahan

Terus, gimana caranya untuk isi ulang kuota di perangkat ini? Gampang kok. Kamu tinggal melakukan isi ulang pulsa, maka otomatis pulsa yang masuk akan berubah menjadi kuota data, seperti yang sudah mimin tuliskan pada posting dibawah ini. Disana, mimin juga memberi penjelasan tentang cara mengisi ulang MiFi Smartfren mu dengan menggunakan voucher, serta daftar harga dari paket yang tersedia. Jadi kamu langsung mampir kesono aja yaa! 😀

BACA JUGA : Cara Mengisi Kuota MiFi Smartfren Andromax

Oke deh, mungkin segitu aja yaa dari mimin. Gimana, gampang kan? Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

506 COMMENTS

  1. Kak mau tanya?
    Saya baru beli mifi andromax m3y tapi kuotanya kok cepet habis padahal sedang tidak digunakan??
    Caranya gimana ya kak agar kuota tidak berkurang waktu sedang tidak digunakan???

    • Hemm, terjadi lagi ya..

      Dulu juga pernah ada beberapa laporan seperti itu yang masuk ke blog ini. Akupun dulu juga kena, dan belum nemu solusi. Entah ya, sepertinya sih emang ada masalah di smartfrennya. Coba sampaikan langsung ke smartfren di socmed nya kak, mana tau bisa ditindaklanjuti

    • Hemm, seharusnya sih beli pulsa langsung jadi kuota. Abis ganti kartu SIM, atau gimana tuh?

      Soalnya gapernah seperti itu. Coba minta bantuan langsung ke smartfren via twitter @SmartfrenCare, biar langsung diaktifkan sama mereka

  2. Mau tanya donk kalau lupa pasword dan hp tidak terkonek dengan link mylink m3y sehingga tidak bisa liat pasword apa kah adacara lain? Tq

  3. W punya masalah niih sm mifi w.. W ga bs isi pulsa karenaa w g tau no mifi w.. Dan kl mau ngecek harus beli kuota dulu.. Sedangkan w mau isi kuota gimana kl w sendiri g tau no wifi w berapa.. Tlg bantu dong..ada solusi g

  4. W punya masalah niih sm mifi w.. W ga bs isi pulsa karenaa w g tau no mifi w.. Dan kl mau ngecek harus beli kuota dulu.. Sedangkan w mau isi kuota gimana kl w sendiri g tau no wifi w berapa.. Tlg bantu dong..ada solusi g

    • Hemm, kok gitu ya :/
      Punyaku walau kuota abis, tetep bisa cek nomernya :/
      Kecuali kalo ternyata masa tenggang nya sudah habis (hangus) yaa itu beda lagi ceritanya, harus ganti kartu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here