ASUS Zenfone 3 ZE520KL dengan ZE552KL, Bedanya Apa Sih?

ASUS Zenfone 3 ZE520KL dengan ZE552KL, Bedanya Apa Sih?

5345
14
SHARE

ASUS Zenfone 3 ZE520KL dengan ZE552KL, Bedanya Apa Sih? – Kalau kamu menaruh perhatian pada Zenfone 3 versi “normal”, mungkin kamu akan dibuat sedikit bingung dengan arti dari “nomor seri” atau model dari perangkat tersebut yang ternyata mempunyai dua seri yang berbeda yakni ZE520KL dan juga ZE552KL.

Gambar ASUS Zenfone 3 ZE520KLYa, kedua seri tersebut sepintas nampak sangatlah identik karena memang keduanya mengusung desain serta fitur yang sama. Lalu apa yang membedakan diantara keduanya itu?

Ukuran Layar & Fisik

Satu dari sedikit hal yang menjadi pembeda antara Zenfone 3 ZE552KL dengan ZE520KL adalah dari segi ukuran layar. Jika kita melihat dari kode yang diberikan, dua angka pertama pada kode nama yang diberikan tersebut bisa dibilang merujuk pada ukuran layar, dimana ZE552KL memiliki ukuran 5.5 inch, sedangkan ZE520KL memiliki ukuran yang lebih kecil yakni 5.2 inch.

Dengan adanya perbedaan ukuran layar tersebut, tentu dari fisik atau dimensi keseluruhan juga nampak perbedaan ukurannya. Jika kita mengingat kembali, sebenarnya Zenfone 2 yang merupakan generasi sebelumnya juga punya varian ukuran layar yang lebih kecil yakni ZE500CL (5.0 inch).

Varian dengan ukuran layar yang lebih kecil itu kemudian seakan “dianak-tirikan” karena dibekali spesifikasi yang tidak se-gahar versi utama yang memiliki ukuran layar 5.5 inch (ZE550ML & ZE551ML). Namun pada seri Zenfone 3, ASUS tak ingin lagi melakukan hal yang sama karena pada kedua perangkat yang berbeda ukuran ini, karena mereka dibekali dengan fitur, serta spesifikasi hardware yang bisa dibilang nyaris sama persis.

BACA JUGA : Perbedaan Antara Zenfone 2 ZE550ML dengan ZE551ML

Mereka sama-sama mengusung fitur andalan berupa sensor sidik jari, sistem fokus kamera ganda berupa perpaduan antara sensor Laser-autofocus, Phase Detection Autofocus, plus Contunious Autofocus yang diberi nama TriTech AF, OIS (Optical Image Stabilization), serta USB Type-C. Namun karena perbedaan ukurannya ini, tentu akan menyebabkan adanya komponen yang turut diciutkan, salah satunya adalah baterai.

BACA JUGA : Apa Fungsi OIS Pada Kamera Hape?

Kapasitas Baterai

Ya, mungkin kapasitas baterai adalah satu-satunya komponen hardware pendukung performa yang dikorbankan oleh ASUS pada seri ZE520KL, atau setidaknya komponen inilah yang paling terlihat jelas perbedaannya. Seri ZE552KL dibekali dengan baterai berkapasitas 3000 mAh, sedangkan seri ZE520KL “hanya” dibekali dengan baterai berkapasitas 2600 mAh.

BACA JUGA : Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE552KL dan ZE520KL

Nah sejauh ini, kedua hal diatas itulah yang menjadi poin pembeda utama dari ASUS Zenfone 3 ZE552KL dengan ZE520KL, setidaknya dari apa yang mimin ketahui. Oiya, hampir lupa. Di Indonesia sendiri, seri ZE552KL hanya tersedia dalam varian penyimpanan berkapasitas 64 GB dengan RAM 4 GB, sedangkan seri ZE520KL hadir dengan dua varian dengan kapasitas penyimpanan 32 GB serta RAM 3 dan 4 GB.

Oke, mungkin sekian dulu deh untuk posting kali ini. Kamu bisa mengunjungi tulisan mimin sebelumnya yang membahas soal event peluncuran Zenfone 3 di Nusa Dua, Bali untuk mengetahui seri Zenfone 3 apa saja yang masuk ke Indonesia secara resmi. Atau, kamu juga bisa menjelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan info menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

UPDATE!

Mimin sudah mencicipi sendiri Zenfone 3 seri ZE520KL. Nah, kalo kamu penasaran soal gimana pengalaman mimin selama pake hape ini, kamu bisa cek di halaman yang ada dibawah ini yaa 😀

14 COMMENTS

  1. min kira2 gimana nih dengan perbedaan 2 HP itu? bingung banget mau beli yg mana, mau beli yg ze522kl tapi berasa gede banget dikantong ampe mentok gitu, ditangan juga kurang nyaman, tapi kalo yg ze520kl takut tanggung, karena ram 3gb, memory 32 gb, dan yg paling menghawatirkan adalah batrenya yg cuman 2600mAh, seberapa jauh sih beda waktu tahan lama dengan 400mAh tersebut?. karena ane kalo udah make HP bisa 3-4 tahun, apalagi non removable batere yg berarti kalo udah bocor gabisa diganti lagi. gamau ampe salah milih nih hehe. mohon pencerahannya dong dari prespektif mimin

    • Kalo mengkhawatirkan soal penyimpanan, iya, yang 5.2 inch itu emang nggak ada pilihan selain 32GB. Kalo RAM, ada kok varian dari ZE520KL yang pake RAM 4GB. Jadi ada dua alasan untuk pilih yang layar 5.5 yaitu karena penyimpanan lebih besar, dan juga layar lebih lega. Untuk baterai? Jangan salah! Kapasitas yang kakak bilang “cuma” 2600 mAh itu awetnya gila loh, coba aja baca review yang udah aku buat disini http://techijau.com/review-asus-zenfone3-ze520kl-indonesia/

      Soal berapa jauh beda ketahanan dari kapasitas baterai itu, aku nggak bisa pastiin ya Kak. Soalnya ukuran layarnya pun udah beda Kan, sedangkan ukuran layar juga mempengaruhi penggunaan daya baterai.

      Soal baterai, bisa kok baterainya diganti, cuman yaa mesti dibawa ke service center untuk penggantiannya 🙂 Untuk 3 sampai 4 taun kedepan aku nggak tau gimana yaa, karena aku bukan peramal 😛 Dalam arti, aku nggak tau hapenya bakal tetep awet apa nggak, karena itu juga tergantung penggunaan sih. Tapi sejauh yang aku pake sih yaa rasanya bakal bisa diandalkan, asal nggak dijatuhin aja hapenya. Yang cuma perlu dikhawatirkan yaa paling soal baterai aja yang mungkin bakal harus ganti sekali di tahun ketiga (ini juga tergantung pemakaian, bisa lebih cepet bisa lebih lama), masalah umum untuk sebuah hape.

      • wah makasih banyak gan sarannya, tapi apakah yg 4gb itu sudah masuk pasaran dan harganya sekitara nberapa ya? soalnya kemaren udah keliling2 counter hp kayanya nyediainnya cuma 2 itu deh gaada zenfone 3 yg 32/4 gitu?

        incase ganemu nih gan, kira2 perbedaan ram 3gb dan 4 gb itu seberpengaruh apa ya di zenfone 3 ini? terimakasih

        • Saat ini sepertinya belum ada tuh yang 4GB (ZE520KL).

          Kalo soal perbedaan di RAM, pengaruhnya cuma terasa kalo kita main multitasking kelas berat, atau bakal terasa saat main game berat. Yang RAM 3GB aja multitaskingnya udah oke banget, apalagi yang 4GB 😀

      • soal penyimpanan saya mikirna bisa tinggal pakai external gitu. perihal baterai mungkin bedanya gaterlalu jauh kali ya min, karena layarnya juga lebih besar otomatis daya yg dipakai lebih besar hehe, ditambah karena kapasitas kecil berarti ngechargenya juga lebih cepet. yg 5’5 gede banget jadi poin negatif buat ane. ohiya mau nanya lagi min di asus ini bisa ga sih foto hasil kamera otomatis disavenya ke memory external gitu? terus kalo game disimpen di external gitu gamasalah kan ya, ga mengurangi performa atau apa? sama perihal merk external memory ada saran atau bedanya gimana ga gan, soalnya trauma juga nih mmc rusak, data foto2 jadi pada ilang.

        • Soal foto yang disimpen otomatis ke microSD, bisa banget. Tinggal di set di menu kameranya aja.

          Kalo soal game disimpen di memory eksternal, jelas bakal mengurangi performa, Kak. Mendingan simpennya di penyimpanan internal aja, toh kapasitasnya juga gede. Kecuali, Kakak ini suka nyimpen banyak game, beda ceritanya 😀

          Kalo soal merk microSD, aku biasa pake SanDisk (yang asli yaa, bisa dibeli di erafone atau gramedia. Kalo ditempat lain, nggak jamin). Supaya nggak cepet rusak, jangan diutak-atik partisinya alias biarkan apa adanya. Tapi tetep, resiko microSD rusak pasti ada.

          Aku sendiri kalo simpen file hasil foto kamera tuh di memory internal dulu, baru nanti yang sekiranya nggak penting / nggak bagus banget aku pindahin ke eksternal. Terus nggak lupa aku backup (copy) juga ke laptop dan tempat lain untuk foto-foto terpilih. Kenapa? Soalnya aku juga pernah tuh, microSD nya rusak dan semua foto ilang 😐

          Agak merepotkan tapi yang penting aman 🙂 Memory eksternal lebih untuk nyimpen gambar atau file-file lain aja kalo aku. Tapi kalo Kaka suka nyimpen game, bisa juga kok nyimpen foto jepretan kamera langsung di microSD biar internal memory tetep lega. Cuman yaa aku saranin banget buat rajin backup fotonya.

  2. min yang tipe 520 ram 4gb bakal rilis di indonesia atau enggak si.. udah berbulan bulan setelah rilis tp gak keluar keluar yg layar 5.2 inci tp ram 4gb ??

    • Layarnya beda ukuran yaa. Kalo bandingin sama Zenfone 3 seri ZE552KL, baru ukuran layarnya sama (5.5 inch).

      Diatas kertas, (diluar perbedaan layar) Zenfone 3 lebih unggul baik dari sisi performa, layar, maupun kamera. Untuk baterai, kurang tau karena belum pernah review J7 Prime, jadi nggak tau pengoptimalannya sebaik apa 🙂

      FYI : Kapasitas baterai lebih besar, belum tentu lebih awet. Tergantung penggunaan chipset, pengoptimalan software, dll.

  3. Min numpang tanya untuk Zenfone 3 seri ZE552KL kapasitas 64 GB & RAM 4 GB apakah kamera masih suka Flicker sehingga harus disetting dr 60 hz ke 50hz baru hilang?

    Pengalaman tadinya senang dan bangga punya Zenfone 2 yg kapasitas 32GB dgn Ram 4GB dgn harga yg ok, tetapi akhirnya dipake cuma 3 bln langsung ganti merk lain Samsul N5,penyebabnya karena kameranya fliker/berkedip krn pas foto dlm ruangan acara kondangan malu2in dgn merk lain krn pada saat pengambilan kelihatan banget kalah tampilan layarnya dgn org lain yg sama2 motret.

    Waktu pameran di JHCC saya tidak lihat sampel/display Zenfone 3 seri ZE552KL, jadi tidak sempat lihat bagaimana kameranya dalam ruangan.
    Mohon infonya krn cukup tertarik dgn ZE552KL 64GBnya,

    satu lagi nanya kapan kira2 Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL 5.7″ LTE Dual Sim 64GB RAM 6GB dijual di Indonesia ya? Thanks ya

    • Soal flicker, semalem nyoba ternyata emang ada flicker (meskipun nggak separah Zenfone 2) dan baru ilang setelah di setting ke 50Hz. Soal Flicker ini sebenernya tergantung frekuensi lampunya sendiri sih, Kak. Mungkin di Indonesia lebih banyak yang pakai 50Hz.

      Mungkin nanti sebelum hadir ke kondangan, bisa di set dulu kameranya untuk ganti ke 50Hz, Kak 😀

      Untuk Zenfone 3 Deluxe yang itu sih menurut jadwal bulan Desember sudah dipasarkan. Tapi mungkin sekarang-sekarang ini udah ada beberapa yang beredar, soalnya proses sertifikasinya aku liat udah beres. Oiya, pastikan beli yang garansi resmi ya, Kak 😀

LEAVE A REPLY