Home Tutorial Zenfone 2 Mendadak Mati Sebelum Baterai Habis? Ini Solusinya

Zenfone 2 Mendadak Mati Sebelum Baterai Habis? Ini Solusinya

208
Zenfone 2 Mendadak Mati Sebelum Baterai Habis? Ini Solusinya – Dari sekian banyak pengguna perangkat smartphone ASUS Zenfone 2 yang ada di Indonesia, beberapa sempat bertanya kepada mimin melalui email soal masalah baterai pada perangkat yang mereka miliki tersebut.
Jadi mereka mengaku bahwa terkadang presentase dari baterai perangkatnya sering “loncat” ketika sedang di charge. Hah, loncat? Jadi gini misalnya, saat baterai baru menunjukkan angka 80%, tak lama kemudian perangkat menunjukkan bahwa baterai sudah penuh. Yakan aneh donk? Ini jelas ada yang error. Namun ternyata bukan hanya itu saja masalah yang ditemui.

BACA JUGA : Index tanya jawab ASUS Zenfone 2

Beberapa yang lain juga mengaku bahwa perangkatnya mendadak mati ketika baterai belum benar-benar habis (baru 15% – 30%, smartphone sudah mati sendiri). Hal ini tentu saja membuat pengguna menjadi panik dan khawatir akan terjadi sesuatu yang lebih parah. Yup, menemukan masalah pada sebuah smartphone baru memang bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi jika menyangkut soal masalah yang mendasar seperti ini.
Untungnya, masalah tersebut hanyalah sebuah bug pada software dan sama sekali bukan kerusakan pada hardware, sehingga bagi kamu yang juga sedang mengalaminya tak perlu terlalu khawatir. Lalu bagaimana solusinya?

BACA JUGA : Apa itu bug pada Android?

Mudah saja, yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan update software dari Zenfone 2 milikmu. Namun sebelumnya, sebaiknya kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Buka menu SettingAbout, lalu cek pada bagian Software Information seperti pada gambar dibawah ini.
Mengecek versi firmware
Angka yang digarisbawahi tersebut adalah versi software (firmware) dari perangkat milikmu. Dan coba perhatikan versi software dari perangkat milikmu, apakah sudah di angka 2.20 atau belum? Jika ternyata versi firmware dari perangkatmu masih dibawah itu (2.19, 2.18 atau dibawahnya) maka kamu harus melakukan update software untuk mengatasi masalah baterai tersebut.

BACA JUGA : 10 Hal yang perlu kamu tau tentang Zenfone 2!

Yup, masalah yang terjadi tersebut memang beberapa kali terjadi pada perangkat yang masih mengusung versi firmware dibawah 2.20. Dan cara untuk mengupdate nya pun sangat sederhana. Silahkan klik tulisan System Update yang terdapat di bagian paling atas (setelah masuk ke menu About).
Update software
Lalu silahkan klik tombol Check update yang terdapat di bagian paling bawah. Jika sudah, biasanya akan tampil pemberitahuan system update. Sebelum mengeksekusi, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting dibawah ini untuk menghindari masalah pada perangkatmu :
1. Pastikan kamu memiliki kuota yang sangat melimpah sebelum melakukan update.
2. Entah kamu memakai data seluler (koneksi internet di hape) ataupun Wi-Fi, yang jelas pastikan koneksi sedang berjalan baik
3. Jika sebelumnya kamu belum pernah melakukan update, maka mungkin setelah update nanti akan muncul pemberitahuan update lagi (jika kamu melakukan pengecekan kembali). Maka saran mimin adalah jangan lakukan beberapa update sekaligus dalam sehari!
Misalnya begini : jika ternyata perangkatmu masih menggunakan versi 2.15, maka kamu harus melakukan update sebanyak beberapa kali ke versi 2.17, 2.18, 2.19 sebelum nantinya kamu mengupdate ke versi 2.20. Dan jika kamu melakukan update tersebut sekaligus, maka perangkatmu akan kepanasan dan berpotensi mengalami hang dan justru akan membuat perangkatmu mengalami bootloop.

BACA JUGA : Apa itu bootloop?

Maka mimin sarankan sebaiknya kamu mencicil update tersebut, maksimal 2x saja dalam sehari dan beri jarak sekitar 1 jam sebelum melakukan update selanjutnya.
Setelah melakukan update, seharusnya masalah ini bisa teratasi. Nah, cukup mudah bukan? Jika ternyata masalah tersebut belum teratasi, sebaiknya kamu periksakan perangkatmu karena kemungkinan ada masalah lain yang menimpa perangkatmu. Oke, mimin rasa cukup untuk posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

208 COMMENTS

  1. Ka mau nanya ni, aku pake asus zenfone 2 z00ad
    Kenapa ya tiap aku cas kan penuh tuh, di pake cuman 5 menit langsung mati
    Pas di nyalain cuman sampe lambang asus aja
    Pas giliran di cas nyala ga masalah apa apa
    Makasih

  2. Bang kalo zenfonge go x014d klo hp mati pas di nyalain kaya butlop gt tp lama” juga bisa hidup tapi lama banget itu masalah nya apa ya bang saama minta solusinya dong bang,,,, terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here