Home Tutorial Zenfone 2 Mendadak Mati Sebelum Baterai Habis? Ini Solusinya

Zenfone 2 Mendadak Mati Sebelum Baterai Habis? Ini Solusinya

41647
178
SHARE
Zenfone 2 Mendadak Mati Sebelum Baterai Habis? Ini Solusinya – Dari sekian banyak pengguna perangkat smartphone ASUS Zenfone 2 yang ada di Indonesia, beberapa sempat bertanya kepada mimin melalui email soal masalah baterai pada perangkat yang mereka miliki tersebut.
Jadi mereka mengaku bahwa terkadang presentase dari baterai perangkatnya sering “loncat” ketika sedang di charge. Hah, loncat? Jadi gini misalnya, saat baterai baru menunjukkan angka 80%, tak lama kemudian perangkat menunjukkan bahwa baterai sudah penuh. Yakan aneh donk? Ini jelas ada yang error. Namun ternyata bukan hanya itu saja masalah yang ditemui.

BACA JUGA : Index tanya jawab ASUS Zenfone 2

Beberapa yang lain juga mengaku bahwa perangkatnya mendadak mati ketika baterai belum benar-benar habis (baru 15% – 30%, smartphone sudah mati sendiri). Hal ini tentu saja membuat pengguna menjadi panik dan khawatir akan terjadi sesuatu yang lebih parah. Yup, menemukan masalah pada sebuah smartphone baru memang bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi jika menyangkut soal masalah yang mendasar seperti ini.
Untungnya, masalah tersebut hanyalah sebuah bug pada software dan sama sekali bukan kerusakan pada hardware, sehingga bagi kamu yang juga sedang mengalaminya tak perlu terlalu khawatir. Lalu bagaimana solusinya?

BACA JUGA : Apa itu bug pada Android?

Mudah saja, yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan update software dari Zenfone 2 milikmu. Namun sebelumnya, sebaiknya kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Buka menu SettingAbout, lalu cek pada bagian Software Information seperti pada gambar dibawah ini.
Mengecek versi firmware
Angka yang digarisbawahi tersebut adalah versi software (firmware) dari perangkat milikmu. Dan coba perhatikan versi software dari perangkat milikmu, apakah sudah di angka 2.20 atau belum? Jika ternyata versi firmware dari perangkatmu masih dibawah itu (2.19, 2.18 atau dibawahnya) maka kamu harus melakukan update software untuk mengatasi masalah baterai tersebut.

BACA JUGA : 10 Hal yang perlu kamu tau tentang Zenfone 2!

Yup, masalah yang terjadi tersebut memang beberapa kali terjadi pada perangkat yang masih mengusung versi firmware dibawah 2.20. Dan cara untuk mengupdate nya pun sangat sederhana. Silahkan klik tulisan System Update yang terdapat di bagian paling atas (setelah masuk ke menu About).
Update software
Lalu silahkan klik tombol Check update yang terdapat di bagian paling bawah. Jika sudah, biasanya akan tampil pemberitahuan system update. Sebelum mengeksekusi, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting dibawah ini untuk menghindari masalah pada perangkatmu :
1. Pastikan kamu memiliki kuota yang sangat melimpah sebelum melakukan update.
2. Entah kamu memakai data seluler (koneksi internet di hape) ataupun Wi-Fi, yang jelas pastikan koneksi sedang berjalan baik
3. Jika sebelumnya kamu belum pernah melakukan update, maka mungkin setelah update nanti akan muncul pemberitahuan update lagi (jika kamu melakukan pengecekan kembali). Maka saran mimin adalah jangan lakukan beberapa update sekaligus dalam sehari!
Misalnya begini : jika ternyata perangkatmu masih menggunakan versi 2.15, maka kamu harus melakukan update sebanyak beberapa kali ke versi 2.17, 2.18, 2.19 sebelum nantinya kamu mengupdate ke versi 2.20. Dan jika kamu melakukan update tersebut sekaligus, maka perangkatmu akan kepanasan dan berpotensi mengalami hang dan justru akan membuat perangkatmu mengalami bootloop.

BACA JUGA : Apa itu bootloop?

Maka mimin sarankan sebaiknya kamu mencicil update tersebut, maksimal 2x saja dalam sehari dan beri jarak sekitar 1 jam sebelum melakukan update selanjutnya.
Setelah melakukan update, seharusnya masalah ini bisa teratasi. Nah, cukup mudah bukan? Jika ternyata masalah tersebut belum teratasi, sebaiknya kamu periksakan perangkatmu karena kemungkinan ada masalah lain yang menimpa perangkatmu. Oke, mimin rasa cukup untuk posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Sekedar ngasih tau aja sih :P

178 COMMENTS

  1. Kak tanya donk, asus zenfone laser 2 ku semula aku charge sambil ngetik sms. Tiba-tiba ngehang ga bisa dipencet apa2 lalu aku inisiatif untuk copot baterai dan pasang lagi dg harapan bisa kembali normal. Namun setelah tak copot dan tak hidupin sama sekali ga mau nyala. Di charge masih jalan indikatornya. Udah tak teken dan tahan powernya lama tetep ga mau hidup. Solusinya gimana ya?

    • Mestinya jangan langsung copot baterai Kak. Belum pernah ngalamin yang seperti ini ya Kak, dan takutnya itu kena hardware, meskipun kemungkinannya kecil. Mesti diperiksa lebih lanjut di Service center kayaknya sih. Kalo masih garansi, di klaim aja Kak.

      • Belum pernah Kak, biasanya hape saya aman aman aja ga ada masalah. Wah garansinya sudah lewat e. Mau ke service centre lokasinya jauh banget. Maklum di daerah terpencil ga ada kantor service centrenya. Apa ada kemungkinan tombol on off nya rusak? Soalnya saya charge masih respon

  2. Kak hpku tiba2 mati kalo habis buat main gane atau streaming padahal batery masih 25%, pernah juga msih 75%, padahal hpnya juga ga panas, dan hp masih baru (baru pemakaian beberapa minggu). Hpku samsung galaxy v2, mohon pecerahannya kak, terima kasih..

    • Tapi setelah mati, bisa dinyalain lagi gak hapenya (tanpa perlu di cas lagi)? Kalo bisa, berarti mungkin itu cuma error software, atau bisa jadi juga hapenya nggak kuat buat aktifitas seperti itu. Mungkin bisa coba cek system update, siapa tau ada update perbaikan. Atau bisa coba di factory reset (semua data bakal hilang)

      • Nah kalo HP ane masih 53% tiba2 hp mati langsung ane cas ternyata baterai 0%. pernah juga keadaan baterai 75%. solusinya dong gan

  3. Kalau gak bsa download aplikasi, kira2 dimana masalahnya kak?
    Padahal hp nya baru beli.
    Jaringan juga bagus.
    Mohon bantuannya kak.

  4. Kak mau tanya dong, hpku jatuh ga tinggi2 banget tau2 retak, saya kira itu tempered glass nya, ternyata ketika saya copot tempered glassnya utuh. Trus dalemnya yg retak. Apakah yg retak itu gorilla glassnya aja kak ? Atau layarnya ? Saya bingung ga bisa bedain tempered glass, gorilla glass sama layar utama. Tolong jelasin kak.. makaksih

    • Lah, kok malah kebolak? 😮

      Kalo misal permukaannya masih mulus tapi dalemnya keliatan retak, berarti kemungkinan LCD nya Kak. Mesti diliat langsung sih, buat memastikan. BTW, kalaupun misal “cuma” gorilla glass nya doang yang retak, untuk gantinya pun harus ganti sepaket sama LCD nya Kak

  5. Kak,izin nanya hp saya asus zenfone 2,baru mati krn jatuh di air,kemudian saya lepas case dn memori sm kartu nya.saya taro di tumpukan beras.tapi ketika mati hp nya bergetar terus smpe skrg.saya takut kak.gimana solusi nya?

    • Wah, kalo Zenfone 4s tuh tipe lama ya Kak, nggak tau dia dapet update atau nggak. Dan sepertinya itu bukan masalah software Kak, karena sebelumnya memang nggak ada keluhan soal baterai di hape itu. Jadi kemungkinan memang baterainya sudah rusak dan harus ganti.

    • sama sy jg begitu zenfone 4s baterai masih 80an persen tiba2 mati tapi agak lama dihidupkan bisa lagi kondisibbaterai masih 80 persen itu kenapa yaa

      • Kalo persentase masih sama, berarti kemungkinan bukan baterainya tuh Kak..

        Sudah pernah coba factory reset? Kalo udah pernah dan masih begitu juga, terpaksa bawa ke service..

  6. mas waktu saya masih make yg versi 2.20 lama kelamaan jadi sering mati sendiri dari yg awalnya 10%, 15% sampe 30%.
    akhirnya setelah bosan seperti itu dan menemukan update resmi dari zenfone untuk upgrade dari 2.20 ke 2.21 akhirnya kendala itu pun tak dirasakan lagi.
    tapi belum lama ini kendala lama terasa kembali dan akhirnya saya coba cari cara dan menemukan cara untuk memperbaikinya dengan cara kalibrasi baterai android.
    setelah kurang lebih 2x kalibrasi. kendala pun teratasi.
    tapi sekarang kendalanya balik lagi dan juga saya juga sudah lupa cara memperbaikinya.

    cara untuk kalibrasi dan wipe cache partition zenfone 2 ?

    saya baca-baca wipe cache partition untuk ngapus bug pas update software bener ga?
    kalo saya lakukan wipe cache partition ini apakah semua data saya akan hilang atau hanya bugnya saja yg hilang?

    maaf kalo kepanjangan dan seperti curhatan.

    • Wipe cache partition harusnya nggak ngehapus data ya Kak. Kalo Wipe data, baru deh data ilang semua..

      Cara kalibrasi, aku belum pernah nemu yang 100% efektif, jadi gabisa kasih saran. Untuk wipe cache partition, seprttinya bisa coba masuk ke mode recovery. Aku nggak tau pastinya gimana, soalnya udah nggak pake hape ini lagi

  7. Mas mau tanya ,
    Hp saya asus zenfone 2
    Hp nya itu tiba” mati sendiri ,dan kalo dicash baaru bisa nyala .sedangkan batre nya tanem jadi gak bisa lepas batre .
    Ini kenapa ya ?

  8. Mas mau tanya, ini hp saya zenfone 2, masalahnya sama seperti yang mas jelaskan diatas. Saya sudah update software nya 2x, semula 2.15 tapi setelah diupdate juga tetep 2.15 dan tidak ada pemberitahuan, itu kenapa mas? Atau memang begitu?

  9. Ka mau nanya nih battre masih 100% tibtiba mati terus dinyalain lagi baru nyalaiin teru mati lagi, coba pake charger ternyata nyala baru bisa dipake, klw dicabut chargerran mati lagi, kirkira hadware apa software ka ?

  10. Mas, saya baru aja reset ze500cl saya. Tertulis di software informationnya ww_12.16.5xxxx
    Saya tidak update systemnya karena semua berjalan baik dan lancar. Bagaimana pendapatnya? Kalau semua aplikasi sih udah saya update.
    Terus kalau saya pakaikan charger ze551ml, bisa fast charging gak ya?

  11. Maaf admin,zenfone 2 saya juga mengalami masalah batrai.kemrin malam saya coba pembaharuan,setelah berhasil saya instal gak sengaja ketiduran.trus pas pagi saya bangun,saya sempat gak percaya berhasil atau tidak nya.trus saya pembaharuan lagi,sejak itu hp saya tiba” mati,padahal batrai masih sekitar 50%.solusi nya gimana??mohon bantuan nya admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here