Home Pengetahuan Dasar 13 Hal Yang Harus Kamu Tau Mengenai Zenfone Selfie

13 Hal Yang Harus Kamu Tau Mengenai Zenfone Selfie

50343
117
SHARE
13 Hal Yang Harus Kamu Tau Mengenai Zenfone Selfie – Sejak pertama kali diperkenalkan, ASUS Zenfone Selfie sudah menjadi salah satu smartphone yang dinantikan oleh para pecinta gadget, khususnya bagi mereka yang memang senang berfoto selfie. Dan sejak dirilis di Indonesia pada event ZenFestival bual November 2015 lalu, perangkat ini sudah banyak di incar oleh para konsumen.

BACA JUGA : MERIAHNYA EVENT ZENFESTIVAL DI JAKARTA

Pengetahuan dasar Zenfone Selfie
Bahkan, salah satu dari 3 teman mimin yang mengaku berminat dengan Zenfone Selfie langsung mengambil langkah untuk membelinya setelah membaca review yang mimin buat. Namun sayang, sepertinya ia belum bisa menggunakan semua fitur yang ada pada smartphone dengan bentang layar 5.5 inch tersebut karena memang ia baru pertama kali menggunakan smartphone dari ASUS

BACA JUGA : REVIEW LENGKAP ASUS ZENFONE SELFIE

Nah bagi kamu yang juga merasa masih awam soal perangkat ASUS atau punya rencana untuk membeli perangkat ini, di posting kali ini mimin sengaja membuatkan sebuah artikel khusus yang membahas soal hal-hal yang harus kamu ketahui pada perangkat Zenfone Selfie untuk menambah pengetahuanmu sekaligus juga agar kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Yuk langsung cek di TKP!

1. Zenfone Selfie tidak menggunakan prosesor Intel

Satu hal yang perlu kamu tau bahwa ASUS Zenfone Selfie menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 615 dan bukan Intel Atom seperti yang biasa digunakan pada smartphone ASUS sebelumnya. Jadi jangan kaget jika kamu melakukan uji benchmark dan hasilnya menunjukkan bahwa perangkat ini menggunakan prosesor Qualcomm

BACA JUGA : HASIL BENCHMARK DARI ASUS ZENFONE SELFIE

Hal ini juga merupakan sebuah kabar baik bagi kamu yang “phobia” dengan prosesor Intel Atom, dan tidak ada lagi alasan seperti “cepat panas” atau “boros baterai” ketika ingin memiliki perangkat ini. Padahal yaa itu semua tergantung penggunaan kita juga sih.

2. Distributor resmi untuk perangkat ini adalah Synnex Metrodata, Datascrip dan Erajaya (TAM)

Sama seperti ASUS Zenfone 2, perangkat Zenfone Selfie yang secara resmi dijual di Indonesia dimasukkan oleh 3 perusahaan diatas. Dan mimin sarankan untuk hanya membeli perangkat dari distributor resmi tadi karena ini akan sangat berpengaruh untuk urusan garansi dan service.

BACA JUGA : PERBEDAAN GARANSI RESMI DENGAN GARANSI DISTRIBUTOR

Biasanya, kalau perangkatmu mengalami kerusakan dan kamu ingin memperbaikinya di service center ASUS, perangkatmu akan ditolak jika ternyata kamu kurang ganteng perangkatmu bukan merupakan barang yang didatangkan dari ketiga distributor resmi tadi.

3. Kedua slot SIM card nya mendukung konektivitas 4G LTE

Tidak seperti Zenfone 2 yang hanya mendukung koneksi internet (4G) di slot SIM 1, pada perangkat ini kamu bisa mengakses internet di jaringan 4G pada kedua slot SIM yang dimilikinya

BACA JUGA : BAGUSAN MANA SIH ANTARA ZENFONE 2 DENGAN ZENFONE SELFIE?

4. Layar Zenfone Selfie bisa diaktifkan & dikunci tanpa menekan tombol power

Fitur ZenMotion yang dimiliki oleh smartphone ini memungkinkan kita untuk mengaktifkan dan me-nonaktifkan layarnya hanya dengan mengetuk (menyentuh) layar sebanyak dua kali, sehingga kamu tak perlu repot untuk menjangkau tombol power yang letaknya berada di atas.

BACA JUGA : CARA MENGAKTIFKAN FITUR DOUBLE TAP TO WAKE PADA ZENFONE

Ketika sedang menggunakan aplikasi, kamu juga masih bisa menggunakan fitur ini dengan menyentuh 2x pada status bar (bagian paling atas layar).

5. Kamu bisa mengaktifkan apps tertentu langsung dari layar yang sedang mati

Masih berkaitan dengan ZenMotion, kamu bisa mengaktifkan apps tertentu langsung dari layar yang sedang mati. Misalnya, ketika kamu ingin mengaktifkan kamera belakang, kamu hanya perlu menggambar pola huruf “C” pada layar yang mati tersebut, dan kamera akan segera diaktifkan. Ada beberapa pilihan pola lain yang bisa kamu kostumasi sendiri sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Kamu bisa melakukan screenshot dengan satu sentuhan
Screenshot tanpa menekan tombol
Seperti yang kita tau, untuk mengambil screenshot pada Android, biasanya kamu perlu menekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan. Nah pada perangkat Zenfone, kamu bisa mengambil screenshot dengan cara yang lebih mudah lagi, yaitu dengan menyentuh dan tahan tombol recent apps. Namun sebelumnya, kamu harus melakukan setting sederhana yang bisa kamu cek di halaman ini

7. Kamu bisa mengganti tampilan dengan mudah

Tampilan khas ASUS yang diberi nama ZenUI memiliki berbagai fitur, baik untuk membantu produktivitas ataupun hanya sekedar untuk mengganti tampilan. Disini kamu bisa memilih berbagai tema yang tersedia dan akan terus bertambah seiring waktu.

BACA JUGA : APA ITU ZENUI?

Theme pada Zenfone Selfie
Bukan itu saja, kita juga bisa mengatur berbagai hal termasuk mengganti font launcher, mengganti animasi scroll ataupun mengganti tampilan dengan 2 layer (harus membuka menu app drawer untuk menampilkan semua aplikasi) menjadi 1 layer (menempatkan semua aplikasi pada home screen, tanpa app drawer).

BACA JUGA : APA ITU APP DRAWER?

One layer mode
8. Kamu bisa mengecilkan tampilan layarnya

Seperti yang kamu lihat pada gambar dibawah, kamu bisa mengecilkan tampilan yang ada pada layar dengan One Hand mode. Mode ini akan membantu ketika kita menggunakan Zenfone Selfie dengan satu tangan, mengingat layarnya yang cukup besar sehingga agak sulit untuk meraih seluruh bagian layar dengan satu tangan.
One hand mode
9. Kamera depannya punya banyak fitur!

Bukan cuma beresolusi besar dan dilengkapi dengan dual LED flash saja, tetapi kamera depannya juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang hampir setara dengan kamera belakangnya seperti misalnya HDR mode, Low Light mode dan bahkan Manual mode.

BACA JUGA : FITUR KAMERA YANG ADA PADA ZENFONE SELFIE

Ditambah lagi, kamera depan ini juga dilengkapi dengan fitur Selfie Panorama dan juga beautification untuk membuah foto wajah kita menjadi nampak lebih cemerlang.

10. Kamu bisa menangkap gambar hingga resolusi 52 megapixel!

Meski kedua kameranya “hanya” memiliki resolusi 13 megapixel saja, namun kamera ini ternyata mampu menangkap gambar hingga 52 megapixel loh! Kok bisa? Itu berkat fitur Super Resolution yang dimilikinya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel yang di-link pada poin no 9 yaa…
Super resolution
11. Kamu bisa setting kamera secara manual!

Fitur ini pasti bakal disukai oleh kamu yang doyan fotografi. Iya, kamu bisa setting berbagai hal pada kamera perangkat ini, yakni setting ISO, shutter speed, fokus manual, hingga white balance. Kamu bisa setting shutter speed pada kamera belakangnya hingga 32 detik loh!

BACA JUGA : APA ITU SHUTTER SPEED PADA KAMERA?

Manual mode pada Zenfone Selfie
Bahkan di kamera depan pun kita bisa menggunakan mode manual, meskipun settingannya lebih terbatas seperti misalnya shutter speed yang hanya bisa di set hingga 1/2 detik saja.

BACA JUGA : REVIEW HASIL FOTO KAMERA ZENFONE SELFIE

12. Time lapse

Belum tau time lapse? Pernah liat video yang nampak seperti dipercepat gak? Misalnya video proses pertumbuhan kecambah? Nah seperti itulah time lapse! Iya, kamera dari Zenfone Selfie juga bisa mengambil video seperti itu. Tapi ingat, untuk melakukannya, kamu mesti membawa tripod dan powerbank jika diperlukan. Karena prosesnya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

13. Kamu bisa menggunakan Zenfone Selfie sebagai penggaris

Kalau kamu tengok ke bagian belakang, di samping kamera akan terdapat sebuah titik hitam yang merupakan sensor Laser autofocus yang fungsinya adalah sebagai pengukur jarak untuk mempercepat proses fokus pada kamera. Tapi bukan cuma untuk itu aja loh, karena fitur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pengukur jarak layaknya penggaris.

Kamu tinggal mengaktifkan aplikasi Laser ruler yang terdapat pada menu, lalu arahkan kamera kearah manapun. Sensor Laser autofocus akan mengukur jarak antara benda yang kamu bidik dengan kamera.

Nah itulah 13 hal dasar dari ASUS Zenfone Selfie yang harus kamu ketahui. Hemm, lumayan banyak juga yaa. Sebenernya beberapa poin dari tulisan diatas sudah mimin bahas pada postingan fitur yang dimiliki oleh ASUS Zenfone Selfie, tapi disini mimin membuatnya dengan kemasan yang berbeda serta dengan beberapa poin yang ditambahkan dan dikurangi. Oke, mimin rasa cukup untuk posting ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

117 COMMENTS

  1. Kak mau tanya, tiap kali aku buka browser, sering banget keluar pemberitahuan kalau hp engine selfie.ku kena virus, dan diminta instal apk, udah instal, eh keluar lagi minta instal apk lainnya, gimana kak solusinya?

  2. Kak mau tanya, tiap kali aku buka browser, sering banget keluar pemberitahuan kalau hp zenfone selfie.ku kena virus, dan diminta instal apk, udah instal, eh keluar lagi minta instal apk lainnya, gimana kak solusinya?

    • Jangan, itu bohong. Abaikan aja, itu cuma iklan tipuan supaya kita install aplikasinya mereka. Dan apk yang sebelumnya udah di install, lebih baik hapus aja. Itu nggak berguna

    • Mending ambil yg zenfone keluaran lebih baru aja. Soalnya zenfone selfie ini masih pake processor snapdragon 615 yg terkenal cepat panas atau overheating.

  3. Tempat tombol/volume membesar kecilkan suara dimana yaa ?
    Bingung cari2 dan lihat2 di hp nya.. Tolong dibantu yah Makasih

  4. kak minta solusi info nya..
    hp asus zenfone selfi ku suka restart sendiri dan sudah 2x hang .. sblm hang ada notif muncul (tp sy agak lupa notifnya apa yg jelas , ada tulis terhenti) contoh applikasi facebook terhenti. tp biasanya kalo facebook dia cuma close sendiri k layar utama. kalo ini hang gatau notifnya sy lupa tp yg jelas ada kata terhenti..

    • Itu ada kesalahan system deh. Masih bisa nyala Kan? Coba masuk ke setting – backup & reset, terus di factory reset aja Kak. Nggak ada lagi solusi selain itu. Tapi perlu dicatet, bahwa semua data bakal hilang setelah factory reset. Jadi sebaiknya file2 foto atau apapun yang kesimpen di hape, dipindahin dulu aja ke laptop / PC. Terus, sebelum di factory reset, pastikan baterai diatas 50% karena prosesnya bakal lama dan menguras baterai.

      Dan yang paling penting, pastikan Kakak inget password akun Gmail yang kesimpen di hape itu, karena nanti, passwordnya bakal diminta lagi (khusus buat yang udah upgrade ke marshmallow aja sih sebenernya, tapi ga ada salahnya diinget inget).

  5. Comment:kak? Tombol back home, sma recent app ku kok ngga bisa digunain kenapa ya? Zenfone selfie ku abis kecembur air?

  6. Kak untuk tombol back,home,app (tombol” di bagian bawah) itu memang tidak menyala ya jika dlm kondisi gelap.

  7. Comment:kenapa kalo di matikan daya trus di aktifin lagi suka gak kuat angkat ke menu , cuma tulisan asus doang , udh 2x ke service centre. . .
    masa gak ada perubahan ,,,
    zenfone selfie kurang oke

  8. Bagaimana cara mengatur layar ketika sedang melakukan panggilan. Soalnya kalo lagi nelpon layar nya mati. Dan ga bisa buat missed call

  9. Kak, kalau dual flash itu gunanya apa? Buktinya tiap jepret foto, flash yg digunakan hanya satu. Tapi ntah kenapa kalau aku mau bikin story instagram, waktu nyalain flash di tempat gelap dan aku “tap” layarnya buat bikin fokus, dua flashnya bisa hidup. Aku masih kurang ngerti tentang flash ini kak.

  10. Mohon bantuannya sobat.asus selfie saya tidak bisa download app atau memperbarui app .yg tertulis di layar cuman download tertunda .kira kira masalah nya apa ya gan

  11. Mas mah nanya nih,kan saya baru ganti layar nya karna pecah,tp layar barunya gak ada sensor nya,jd tiap mau nelpon layar nya mati/gambar gelap,.
    Gimana cara nonaktifkan sensornya ya mas..

  12. Kak mau tanya,tiba2 aja hp zenfone selfieku ga ada suaranya,buat kirim voice note di wa ngga bisa,setel music ngga bisa,buat rekaman suara juga ngga bisa.gmn ya kak cara ngembalikannya?

  13. Ka mau tanya… Layar lcd luar sma dlem nya nyatu ga ka ? Soalnya hap ku pecah kebanting
    Tlong bantu jawab ya kak.. Terimakasihhh

  14. Mas mau nanya zenfone selfie sy kok suka download sendiri ya. Jd klo lg wa’an dsb tau” lgsng k play store dan itu sgt mengganggu pdhl d pengaturan playstore ud sy atur spy jgn download sendiri.

  15. Mau tanya Kalok buat nelpon layarnya mati itu gimana?
    Q liat digoogle katanya ada sensor yng kehalang temper glass bener ggk itu ?

  16. kak ko asus zenfone selfie saya mentok di logo ya ka kenpa ya padahal gak di apa apain… dan itu kena apanya ya kak

  17. min mau nanya, kok tangkapan wifi asus zenfone selfie saya gak kuat nya. pdhl dekat sma router wifinya tpi cumn berpa batang aja yg ditangkap, mohon eta terangkan lah min

    • Di hape lain begitu juga gak (di posisi yang sama)? Terus, ada penghalang gak diantara kalian? Misalnya, orang ketiga gitu? Eh, maksudnya, penghalang seperti ketutupan kayu meja / permukaan kaca?

      • di hp lain gk bermasalah min pdhl posisinya disamping sya, dan orng ketiga tidak ada min soalnya router nya pas samping sya. bagaimana solusinya min?

  18. Ka mau tanya, kalo masalah battrey cepat habis itu gimana ya, padahal sdh beli baru batteynya cuman standby 1hari saja gak kuat? Trimakasih

    • Setelannya. Aku lupa tepatnya gimana. Sepertinya emang ada mode nya deh, coba klik klik icon flash nya, nanti berubah-ubah kan itu (ada yang “A”, ada yang icon petir, ada yang icon senter). Dicoba aja satu persatu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here