Home Review Review Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Review Lengkap ASUS Zenfone 3 ZE520KL

92333
234
SHARE

Performa & Baterai

ASUS membekali Zenfone 3 ZE520KL dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 64-bit, plus dukungan RAM 3 GB. Eits, jangan salah! Meskipun tergolong chipset kelas menengah, namun dalam penggunaan sehari-hari, performa responnya mampu mengimbangi gadget kelas premium loh! Seperti yang bisa kamu lihat pada video pengujiannya di halaman ini.

Yap, sepertinya pengoptimalan software (ZenUI 3.0) juga berpengaruh untuk urusan ini. Oia, sebelumnya mungkin kamu ingin tau soal berapa sih sisa memory internal yang bisa digunakan pada varian 32 GB ini? Langsung cek di skrinsot dibawah deh!

Sisa memory internal Zenfone 3Udah puas? FYI dulu nih, skrinsot diatas itu diambil setelah mimin melakukan factory reset, yang artinya, keadaan hapenya masih bersih dari aplikasi pihak ketiga.

Multitasking

Berbekal RAM yang “hanya” berkapasitas 3 GB (yang sebenernya udah cukup besar), Zenfone 3 mampu melakukan aktivitas multitasking dengan sangat lancar ketika mimin coba untuk membuka kembali beberapa apps yang sengaja di minimize.

Multitasking di Zenfone 3Iya, beneran sangat lancar loh, dan RAM nya pun masih tersisa diatas 1GB-an ketika mimin coba untuk membuka browser Chrome, Instagram, memainkan musik, membuka grup WhatsApp, Line, Tweetcaster, Gallery, dan juga Facebook, dan kesemuanya bisa dijalankan kembali tanpa melakukan reloading (terkecuali aplikasi Gallery).

Game

Mimin juga sempat menguji Zenfone 3 untuk memainkan beberapa game kelas berat seperti Real Racing 3 dan juga N.O.V.A 3, dan perangkat ini dapat menjalankannya dengan mulus tanpa hambatan.

Fitur game genie Zenfone 3Yang menarik, ternyata ASUS telah menyematkan aplikasi khusus untuk para gamer yang diberi nama Game Genie. Pop-up dari Game Genie akan muncul di sebelah kiri layar, dan ketika kita mengklik icon dari fitur tersebut, terdapat beberapa menu seperti yang bisa kamu lihat diatas.

Ya, kita bisa memilih menu Speed Booster untuk lebih mengoptimalkan penggunaan RAM, serta ada pula fitur untuk merekam aktivitas gaming yang kita lakukan. Bahkan, kita bisa langsung mempublikasikannya ke Youtube secara live melalui aplikasi ini. Mimin juga sudah mencoba untuk menggunakan fitur ini untuk merekam ketika sedang bermain Real Racing 3, dan ternyata game yang dijalankan pun masih tetap berjalan dengan mulus.

Yang bikin makin asik, mimin sama sekali tak menemukan gejala panas berlebih ketika bermain selama kurang lebih satu jam, dan bahkan cenderung adem dan masih sangat nyaman untuk digenggam. Serius deh, kamu mesti coba sendiri biar kamu percaya!

Audio

Keluaran suara dari speaker bawaannya tuh tergolong ciamik untuk ukuran speaker mono. Ia bisa mengeluarkan suara yang cukup keras, tapi tetap jelas dan terkesan “bersih”, dalam arti tak banyak noise yang dihasilkan.

Review audio Zenfone 3Dengan settingan equalizer yang mimin gunakan, speaker bawaan Zenfone 3 ini mampu memberikan keluaran treble yang baik dan juga bass yang cukup terdengar jelas. Tapi pastinya bakal lebih asik kalo pake earphone dong yaa.

Iya, mimin juga sudah coba memadukannya dengan ZenEar, dan keluaran suaranya pun terasa makin mantab. Kita juga bisa memanfaatkan fitur Audio Wizard yang ada di perangkat ini untuk menentukan pilihan karakter keluaran suara.

BACA JUGA : Review ASUS ZenEar, Earphone Original Dari ASUS

Kualitas audio Zenfone 3

Baterai

Sekarang kita sampai pada pengujian baterai! Mimin yakin kamu sudah sangat penasaran nih untuk hal yang satu ini. Kemarin sih banyak yang nyinyirin begini :

Baterai 2600 mAh tuh bisa buat apa? Palingan juga setengah hari abis tuh baterai.

Hemm, apakah baterai Zenfone 3 se-boros itu? Ehehehe, mimin yakin mereka belum pernah nyobain langsung tuh. Berdasarkan percobaan mimin selama kurang lebih 10 harian ini, ternyata baterai dari hape ini tuh….. GILA! IRIT BANGET! Gak percaya? Coba liat data dibawah ini :

Daya tahan baterai Zenfone 3Yap, mimin mulai menyalakan hape ini mulai jam 6 lebih, dan sudah menunjukkan indikator low battery (13%) pada sekitar jam 9 malam. Di awal itu sebenarnya mimin lupa skrinsot, jadi nggak tau 100% nya itu di kisaran jam berapa. Ehehe..

Daya tahan baterai Zenfone 3 ZE520KLJadi, selama waktu itu, mimin ngapain aja? Mimin sengaja meluangkan waktu seharian untuk menguji baterai dari Zenfone 3. Pada saat awal dinyalakan, mimin menggunakan koneksi WiFi hingga jam 8 pagi, dan beralih ke koneksi data 4G hingga malam. Dan pada saat pengujian ini, mimin coba menggunakannya untuk membuka socmed secara berturut-turut mulai dari Facebook, Twitter, dan juga Instagram untuk menjawab pertanyaan yang masuk disana, sekaligus juga stalking akun punya gebetan yang mimin follow.

Dan bahkan, mimin juga sempat menggunakannya untuk nulis di blog menggunakan aplikasi Chrome loh, selama kurang lebih 2 jam, yang hasil tulisannya bisa kamu intip di personal blog punya mimin.

Menggunakan Zenfone 3 untuk ngeblogMemasuki sore hari, baterai perangkat ini ternyata masih tegar menghadapi cobaan tersisa diatas 30%, dan intensitas penggunaan mulai berkurang hingga makan malam, dan lanjut lagi chatting di grup-grup WhatsApp yang mimin ikuti, plus nggak lupa juga untuk membalas chat BBM dari gebetan #uhuk.

Dan ternyata menjelang jam 9 malam, perangkat sudah memberi peringatan baterai lemah (15%). Tapi mimin ingin iseng untuk menggunakannya lebih lama lagi hingga 3% di jam 10 lebih. Dan coba tebak, berapa lama Screen on time nya? Liat sendiri aja deh…

Screen on time Zenfone 3 ZE520KLIya, kamu nggak salah liat! Itu beneran enam setengah jam! Emejing tenan! Di hari sebelumnya, perangkat ini juga mencatatkan waktu sekitar 4 setengah jam dengan penggunaan hampir sama, hanya saja di pagi harinya, mimin sempat menginstall update software dan malamnya mimin gunakan untuk bermain N.O.V.A 3 selama kurang lebih satu jam.

Jadi bisa disimpulkan bahwa rata-rata SoT untuk perangkat ini adalah sekitar 4 setengah jam di penggunaan berat, 6 setengah jam di penggunaan wajar, dengan catatan, mimin hanya menggunakan 1 SIM dan kecerahan layar di set agar tidak terlalu terang (menyesuaikan untuk di dalam ruangan). Jadi kalau misal kamu pakai 2 SIM dan kecerahan layar tinggi, mungkin bakal berbeda yaa hasilnya. But overall, hape ini beneran irit pake banget! Apalagi kalo mengingat kembali bahwa baterainya “cuma” berkapasitas 2600 mAh.

Untuk lama waktu pengisian baterainya sendiri membutuhkan sekitar dua jam lebih sedikit untuk mengisi dari 5% ke 100% karena ternyata, ASUS masih menggunakan adaptor charging standar pada perangkat ini. Meski demikian, nampaknya waktu charging yang dibutuhkan itu rasanya juga nggak terlalu lama, jadi hal itu bukanlah sebuah masalah yang besar bagi hape ini.

Apakah itu pengaruh dari USB Type-C yang digunakannya? Sehingga waktu charging berasa lebih cepat? Entahlah, mungkin iya.

Next, kita lanjut bahas soal plus minus nya yaa..

1
2
3
4
REVIEW OVERVIEW
Desain
9
Build Quality
8.9
Layar
8
Fitur
8.7
Kamera Belakang
9.5
Kamera Depan
8
Performa
8.2
Multitasking
9
Baterai
10

Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P

234 COMMENTS

    • Tergantung kebutuhan, Kak..

      Kalo demen layar gede & doyan multitasking, ambil yang 5.5 inch itu. Tapi kalo mau yang tetep agak compact, yaa ambil ini. Walopun sebenernya, ukuran layarnya itu nggak jauh beda sih.

  1. gan kan sekarang zenfone ze520kl yang 4 gb dah keluar tuh bedanya sama yg 3 gb apa ya sama aja kah spesifikasinya atau ada yg beda

  2. Notifikasi charger timenya gak mau muncul, dan ketika seharian penuh di charge dari 11% hanya terisi 83% di coba beberapa hp charger terisi seperti biasa. Kendalanya kenapa ya gan ?

  3. Pengen beli yg 5.5 ini . . Tp kegdean gk ya. . . Sblmnya saya pake samsung j7 prime. . . Edisi bosen pgn gnti yg lebar namun tipis. . . Gmn mnrut anda pak?

  4. 15 agustus17 pembelian,wow keren habis batrenya
    Buat nonton vidio dll.
    Pas 2 november17 ze552kl udah kayak setrika 43,0°C brooo
    Busetttttt
    Sudah setel pengaturan pabrik,,eh ternyata sama aja…kasihan banget asusss ze552kl anee….ada solusi mimin…yang pasti solusinya janngan DIJUAL ya ehhehehe….

  5. bro asus zenfone 3 520kl ku respon tombol home kalo di pencet kok rada lambat ya? beda sama tmbol back yg langsung cepat. Kira” knp ya? (padahal masih dipake 2 minggu setelah update ke nougat 7.0)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here