Kelebihan Dan Kekurangan ASUS Zenfone Selfie

Kelebihan Dan Kekurangan ASUS Zenfone Selfie

13654
38
SHARE
Kelebihan Dan Kekurangan ASUS Zenfone Selfie – Akhirnya kita sampai pada Part 5, bagian terakhir dari rangkaian artikel soal review ASUS Zenfone Selfie. Appaaa, kamu belum baca? Mampir dulu gih ke posting mimin sebelumnya, link nya ada di bagian bawah tulisan ini yaa! Tapi karena kamu udah terlanjur mendarat disini, mending sekarang kamu simak dulu deh ulasan mimin kali ini.
ASUS Zenfone Selfie

Mimin tidak menyangka bahwa smartphone spesialis selfie ini akan punya performa yang cukup baik. ASUS seperti merancang perangkat ini dengan “keseimbangan” yang baik, mengutamakan fitur fotografi namun tetap menjaga agar performanya tidak mengecewakan yang kemudian kesemuanya itu dirangkai dalam satu smartphone dengan banderol harga yang juga tidak terlalu menguras isi kantong. Oke, mari kita mulai dari poin kelebihannya, berdasarkan apa yang mimin temukan :


Kelebihan ASUS Zenfone Selfie (ZD551KL)
  • Fitur dan harga yang berimbang
  • Desain menarik dengan pilihan warna yang lucu
  • Layar yang sedap dipandang
  • Fitur-fitur yang bermanfaat
  • Mendukung kostumasi tampilan
  • Kamera belakang yang sangat kaya fitur
  • Kamera depan yang mempesona dan juga kaya fitur
  • Daya tahan baterai
  • Performa
  • Dukungan dari ASUS
Fitur berimbang & harga yang kompetitif

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, smartphone ini seperti dirancang untuk benar-benar memiliki keseimbangan, dalam arti dengan harga yang kompetitif, ia sudah mengusung berbagai fitur yang tidak bisa dibilang buruk. Mengusung kamera depan dan belakang yang sangat baik, namun performa dan daya tahan baterai tetap dijaga agar tidak mengecewakan.

Menurut mimin sih sepertinya lebih tepatnya begini : Mungkin sebuah hal yang biasa ketika kita mendapati smartphone 5.5 inch dengan layar Full HD, chipset Qualcomm Snapdragon 615, RAM 3 GB dan baterai 3000 mAh di kisaran harga 3 juta kebawah (untuk saat ini), namun akan menjadi istimewa ketika ia memiliki fitur tambahan seperti kamera depan yang menawan plus kamera belakang yang sangat kaya fitur, termasuk di dalamnya terdapat sensor laser autofocus yang biasanya hanya terdapat pada smartphone mahal.

Desain

Tak jauh beda dengan pendahulunya, Zenfone 2, Zenfone Selfie memiliki desain yang ciamik dan enak dipandang. Hanya saja kamera depan yang sangat besar itu membuatnya memiliki bezel yang cukup tebal di bagian atas. Tapi menurut mimin hal itu tidaklah membuatnya terlihat terlalu buruk.
Kamera depan

Pilihan back case yang beragam membuatnya semakin tampak menarik. Ada yang memiliki motif hairline yang menyerupai logam (yang mungkin ditujukan untuk cowok) dan ada juga yang memiliki motif polos namun penuh warna yang lucu-lucu (yang mungkin ditujukan untuk cewek). Tombol-tombol yang dipusatkan di bagian tengah pun memiliki kesan tersendiri. Tombol volume yang berada di bagian belakang mugkin akan terasa aneh bagi yang belum terbiasa.

Case belakang

Tapi jika sudah menggunakan beberapa lama, mimin yakin kamu akan menyukainya. Selain cukup nyaman untuk dioperasikan, letak dari tombol volume yang berada di belakang ini memberikan keuntungan tersendiri ketika kita sedang mendengarkan musik dan meletakkan perangkat dalam posisi layar yang menghadap kebawah. Dengan demikian, kita bisa dengan mudah mengatur besar kecilnya volume suara hanya dengan menekan tombolnya saja tanpa perlu repot memeganginya.


Layar
Layar ASUS Zenfone Selfie

Layar IPS dengan resolusi 1920 x 1080 pixel berlapis Corning Gorilla Glass 4 milik perangkat ini mampu memberikan tampilan warna yang baik serta masih dapat dilihat dengan jelas dari berbagai sudut. Ketajaman yang baik tersebut tentu akan memanjakan mata penggunanya.


Fitur dan aplikasi bawaan

Sejak pertama kali dikeluarkan dari box nya, smartphone ini sudah membawa banyak sekali aplikasi-aplikasi serta fitur yang bermanfaat. Sebut saja apps SuperNote, QuickMemo, dan Do it later yang berfungsi untuk mendukung produktivitas, lalu apps seperti PC Link, Share Link, dan Remote Link untuk mendukung konektivitas, serta apps lain yang berfungsi untuk mempermudah perawatan dari perangkat itu sendiri sehingga kita tidak perlu lagi mendownload apps macam-macam untuk urusan ini.
Fitur produktivitas Zenfone Selfie

Lalu ia juga mempunyai fitur yang sangat membantu, sebut saja ZenMotion. Fitur ini berfungsi untuk shortcut, dimana kita bisa mengakses beberapa apps pilihan hanya dengan membentuk pola tertentu pada layar yang sedang mati. Bukan hanya itu, ZenMotion juga memungkinkan kita untuk mematikan dan menyalakan layar hanya dengan mengetuk (menyentuh) layar sebanyak 2x, sehingga kita tidak perlu repot lagi menjangkau tombol power yang letaknya agak sulit dijangkau itu. Untuk keterangan lebih lanjut soal fitur yang dimilikinya, kamu bisa mampir ke halaman sebelumnya yang sudah mimin publikasikan (link nya ada di bawah).


Tampilan
Tampilan ASUS Zenfone Selfie

Tampilan yang cukup elegan dan menurut mimin enak dipandang ini membuat pengguna jadi merasa betah untuk berlama-lama di depan layar smartphone. Apalagi dengan pilihan kostumasi yang tersedia, yang mana kita bisa mengatur beberapa hal mendasar seperti ukuran icon, scroll effect, font launcher, icon pack, theme, dan masih banyak lagi.


Kamera Belakang

Bukan besaran megapixel yang membuatnya istimewa, tetapi banyaknya fitur yang dibawa. Fokus yang cepat berkat Laser autofocus, HDR yang ciamik, Low Light mode yang memungkinkan kita untuk “melihat apa yang mereka tak bisa lihat”, serta manual mode yang mendukung kreatifitas.
Hasil kamera Zenfone Selfie

Kualitas gambar yang dihasilkan pun tidak bisa dipandang sebelah mata untuk perangkat di kelas yang sama. Penasaran dengan fitur-fitur serta hasil gambar dari kamera yang dimilikinya? Link nya sudah mimin cantumkan dibawah tuh πŸ˜€


Kamera Depan

Nama dari smartphone ini sebenarnya sudah sangat jelas bahwa ia memiliki kemampuan khusus sebagai smartphone spesialis selfie. Dan ya, kualitas gambar yang dihasilkan memang sangat baik untuk ukuran kamera depan smartphone. Mampu menangkap gambar dengan sudut yang luas, serta dapat menghasilkan foto yang bening, tentu kamu yang gemar berfoto selfie akan ketagihan.
Hasil kamera depan Zenfone Selfie

Mimin sudah meminta beberapa orang untuk mencoba sendiri kamera depannya, dan rata-rata dari mereka cukup terkesan dengan hasilnya. Eit, dilarang naksir yaa, mereka udah ada yang punya! Iya, punya bapaknya :3


Baterai

Mimin tidak mengira bahwa baterai dari perangkat ini bisa bertahan cukup lama. Dengan pemakaian normal ala mimin (grup Line aktif, sesekali membuka facebook lite, membalas mention Twitter dan Instagram, membalas email dari pembaca dan yang terakhir browsing nonstop dengan data seluler selama kira-kira 1 jam atau lebih untuk menghabiskan baterai di malam hari), ia bisa tetap bertahan mulai jam 6 pagi hingga jam setengah 12 malam (Wi-Fi dan data seluler digunakan secara bergantian).
Daya tahan baterai

Screen on time dari perangkat ini mencapai 5 jam 29 menit, dan mimin rasa ini sudah sangat cukup untuk kamu yang menginginkan perangkat yang irit baterai. Menurut mimin, kekuatan baterai yang demikian baik itu kemungkinan tidak lepas dari peranan CPU Octa-core dari Snapdragon 615 (Quad-core 1.0 GHz + Quad-core 1.5 GHz)Β yang digunakannya, yang mana perangkat akan menggunakan CPU Quad-core dengan clockspeed rendah (1.0 GHz) ketika dalam keadaan standby / melakukan proses ringan untuk menghemat daya.

Screen on time Zenfone Selfie

Performa


Penggunaan prosesor kelas menengah dari Qualcomm Snapdragon dapat dimanfaatkan dengan cukup baik pada perangkat ini. Dan untuk ukuran perangkat di kisaran harga yang sama, mimin beri angka 8 dari 10. RAM 3 GB yang diusungnya menjanjikan dukungan multitasking yang baik dan memang mimin tidak menemukan kendala yang berarti ketika menggunakan beberapa apps sekaligus. Nilai plus nya adalah, meski mampu memberikan performa yang baik, namun ia tetap dapat memberikan daya tahan baterai yang optimal berkat CPU Quad-coreΒ + Quad-core yang diusungnya, seperti yang sudah mimin sebutkan diatas.

Support

Seperti perangkat ASUS lainnya, ZenUI yang digunakannya mendapatkan support yang luar biasa menurut mimin. Ya, ASUS terbilang sangat rajin untuk memberikan update pada apps-apps bawaan ZenUI. Bukan untuk sekedar menghilangkan bug saja, tetapi juga untuk memberikan fitur-fitur baru pada apps yang bersangkutan. Dukungan update firmware pun tidak lepas dari perhatian mereka.

Kekurangan ASUS Zenfone Selfie
  • Bloatware yang lumayan banyak
  • Minim paket penjualan
  • Tidak ada fast charging
Bloatware

Meskipun sebagian orang tidak begitu memperhatikannya, namun bagi mimin, akan sangat risih jika menemukan bloatware ketika pertama kali menyalakan smartphone baru. Tidak berbahaya memang, tapi apps macam ini pastinya akan terbengkalai tak tersentuh dan juga akan mengurangi jatah storage pada perangkat (meskipun jumlahnya tidak besar).

BACA JUGA : APA ITU BLOATWARE?

Yang lebih menyebalkan adalah, sebagian besar dari bloatware tersebut ternyata tidak bisa di uninstall, meski kita masih bisa menonaktifkannya agar tidak ditampilkan pada menu. Namun demikian, bloatware ini sendiri tidaklah terlalu mempengaruhi performa, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Paket Penjualan

Dalam paket penjualan, kita hanya akan menemukan charger, kabel USB, kartu garansi dan petunjuk singkat plus perangkat itu sendiri. Tidak ada apapun lagi seperti earphone atau aksesori lainnya. Well, mungkin tidak semua orang akan membutuhkan earphone karena dengan semua paket yang mimin sebutkan itu saja perangkat sudah bisa berjalan dengan normal. Tapi tentu ini akan menjadi sebuah nilai tambah, khususnya bagi mereka yang gemar mendengarkan musik.
Paket penjualan Zenfone Selfie

Tapi perlu dicatat, sebagian besar perangkat yang beredar saat ini (khususnya yang memiliki banderol 5 juta kebawah) memang tidak menyertakan aksesori selain yang mimin sebutkan tadi. Hal ini mungkin untuk menekan harga agar tetap terjangkau.


Tidak Ada Fast Charging

Saat ini fitur fast charging sepertinya sudah menjadi trend untuk perangkat smartphone kelas menengah dan atas. Sayangnya, ASUS tak menyertakan fitur ini pada Zenfone Selfie meski charger adaptor memiliki output 2.0A. Namun jika melihat daya tahan baterainya yang baik, mimin rasa fitur ini tidak terlalu diperlukan, meskipun sebenarnya bisa menjadi nilai tambah.

Di sisi lain, dengan tidak adanya fitur fast charger ini, berarti suhu pada saat pengisian daya tidak akan terlalu tinggi, sehingga dapat menjaga keawetan baterai dan juga hardware lain dari perangkat.

Akhir kata. . .

Pro selfie, performa mumpuni

Meski mengedepankan fitur kamera depan, namun ternyata ASUS tetap menjaga agar performanya tetap oke. Untuk urusan performa, bisa dibilang mungkin ia akan setara dengan perangkat di kisaran harga yang sama, namun untuk urusan berfoto baik ketika menggunakan kamera depan ataupun belakang, Zenfone Selfie tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kamera depan yang juara, serta kamera belakang yang kaya fitur tentu sangat memungkinkan untuk menghasilkan karya foto yang kreatif dan menarik. Meski nampak lebih ditujukan untuk urusan entertainment, namun ASUS tidak serta merta membuang dukungan fitur produktivitas khas ZenUI. Hanya sayangnya, akan lebih baik jika ASUS meminimalisir bloatware yang ada.

Hiburan, pekerjaan dan daya tahan

Keseimbangan antara ketiga unsur ini tentu merupakan sebuah kabar baik bagi kamu yang menginginkan semuanya dalam satu perangkat. Performa yang bisa diandalkan untuk hiburan dan pekerjaan, namun tetap memiliki daya tahan baterai yang baik. Dan berikut adalah angka-angka hasil penilaian mimin untuk perangkat ini (jika dibandingkan dengan perangkat lain di kelasnya/di kisaran harga yang sama):
  • Desain : 8.4
  • Build quality : 8.4
  • Layar : 9
  • Kamera belakang : 8.3
  • Kamera depan : 9.2
  • Multitasking : 8.6
  • Performa keseluruhan : 8.9
  • Daya tahan baterai : 9
  • Fitur bawaan : 8.4
Nah mungkin itu saja yang bisa mimin tuliskan tentang kelebihan dan kekurangan dari ASUS Zenfone Selfie. Bagi kamu yang belum sempat membaca artikel sebelumnya, silahkan mampir ke halaman-halaman dibawah ini :

38 COMMENTS

  1. Kalo buat gaming2 hd gmana ya, bagus zenfone selfi atau zenfone 2 ze541ml 4gb min, gara2 baca tulisan ini jadi bimbang min, tq

    • Aku lebih nyaranin untuk pilih Zenfone Selfie sih, karena meskipun secara performa Zenfone 2 ZE551ML lebih kenceng, tapi beberapa game gak di optimasi untuk prosesor Intel nya (inget, cuma beberapa aja). Sedangkan Zenfone Selfie pake prosesor Qualcomm yang mainstream dan hampir semua game support untuk chipset ini.

      Selain itu, Zenfone Selfie lebih stabil alias jarang rewel dan lebih adem. Alasan lainnya, bisa di cek disini http://techijau.com/pilih-zenfone-selfie-atau-zenfone2/

  2. gan proccesornya asus zenfone selfie pada saat main game 2.5ghz(1+1.5)/1.5 aja ya?dan kalo sekarang dah bisa upgrade ke marshmallow gak

  3. Ikutan komen min. Zenfone 2 sy mengalami masalah sbb;
    1. Touch screen pencet2 sendiri. Bikin kesal. Jengkel. Keceewa. Susah ngetik.
    2. Fastcharge mati jd wkt ngecharge menjadi 16jam dr 12% ke 100%. Tanpa di mainkan.
    3. Batrey cepat habis. 5jam d pk non stop.
    4. Speker mati.
    5. Buat call suara berdengung..
    Padahal pemakaian blm 1 thn. Mohon solusi. Firmware 2.20.40.184

    • Bwahahahah, harusnya komen di bahasan Zenfone 2 Kak. Tapi gapapa deh πŸ˜€

      Itu jelas ya sepertinya, masalahnya di hardware. Gabisa bantu apa apa lagi, mesti dibawa ke service center Kak

  4. Mau tanya :
    1. Zenfone Selfie dibilang cepat panas. Apa betul?
    2. Garansinya resmi atau distributor? Kalau ada masalah, servicenya cepat atau nunggu dikirim ke jakarta?
    Terimakasih.

    • 1. Justru hape ini adem ayem, Kak. Soalnya kan dia pake Snapdragon 615 (bukan Intel). Dipake yang berat-berat pun nggak panas banget kok.
      2. Garansi resmi, Kak. Kalo soal service, belum pernah coba.

    • Coba masuk ke setting – apps – semua apps, cari aplikasi perekam suara, klik tombol clear data / manage space (hapus data / kelola ruang), abis itu restart hapenya. Kalo gabisa, coba cek update, kalo ada update buat apps perekam suara, coba update dulu. Kalo tetep gabisa, terpaksa coba factory reset

    • Format video nya apa, Kak? Mungkin gak support untuk format videonya..

      Terus itu ada keterangan errornya gak? Kalo ngga bisa nyimpen, harusnya ada keterangan error karena penyimpanan menolak atau semacemnya. Kalo sekedar gabisa ngebaca, itu beda kasus lagi

  5. Mas mau tanya asus zenfone selfie. aplikasi yg disimpan di memory internal dan eksternal apa bisa aktif bersamaan setelah diinstal?

  6. Mas Pandu ini mas pertanyaan saya
    apakah memory internal dan memory eksternal bisa aktif dipakai bersamaan pada asus zenfone selfie?

    karena dulu saya punya lenovo 890 tetapi memory internal dan eksternal tidak bisa dipakai bersamaan harus memilih salah satu yang aktif

    Terima kasih

    • Sementara belum tau ya, Kak. Mungkin itu bug di Marshmallow. Mungkin bisa dilaporkan via aplikasi my ASUS, supaya cepet dapet update dan diatasi di update selanjutnya πŸ™‚

    • Oppo F1s menang di resolusi kamera depan (megapixel lebih besar, tapi nggak menjamin bakal lebih bagus yaa. Baca soal megapixel disini http://techijau.com/apa-itu-megapixel-pada-kamera/ ), desain lebih premium & sensor sidik jari.

      Zenfone selfie menang di resolusi layar yang lebih tajam, dan sensor laser-autofocus untuk fokus kamera yang lebih cepat. Untuk performa, seharusnya kurang lebih sama, tapi untuk soal kualitas seperti kestabilan software misalnya, aku belum tau untuk Oppo F1s karena belum pernah coba. Kalo Zenfone Selfie, selama setaun pake sih terkesan stabil banget, asal jangan di upgrade ke OS Android marshmallow dulu karena masih ada sedikit bug.

      Masih soal performa, menurut pendapat pribadi aku lebih prefer ke chipset Qualcomm punya Zenfone Selfie daripada chipset MediaTek punya Oppo F1s, meskipun mungkin perbedaannya nggak bakal terlalu dirasakan oleh pengguna untuk keseharian. Dan overall, berdasarkan “apa yang mereka punya” tanpa mempertimbangkan harga sih lebih milih Oppo F1s.

      Tapi kalo harga juga jadi pertimbangan, Zenfone Selfie udah menang banyak..

  7. Dampak + dan – setelah upgrade android versi 6.0…hp sy asus zendfone selfie, baterai kurang tahan di pakai main game atau ini pengaruh setelah upgrade versi android ke versi 6.0?trimakasih atas penjelasannya.

    • Yap, efeknya memang seperti itu. Punyaku juga, terasa nggak se-smooth waktu masih lollipop. Entah memang nggak cocok sama Marshmallow, atau gimana. Kita cuma bisa berharap masalah itu bisa diperbaiki pada update sistem berikutnya

    • Kalau pakainya OS Marshmallow, nggak bisa Kak. Lagian, sepertinya udah nggak perlu lagi tuh Kak untuk mindah-mindahin penyimpanan seperti itu. Soalnya kan penyimpanannya udah cukup besar πŸ™‚

      Plus, mengubah penyimpanan ke eksternal memory itu justru bisa menurunkan performa loh Kak πŸ™‚

    • Kemarin ada temen yang punya masalah sama, katanya bisa beres setelah di factory reset (semua data dihapus). Atau mungkin bisa coba update system nya dulu, Kak. Siapa tau beres tanpa harus factory data reset πŸ™‚

LEAVE A REPLY